Konjungsi pada Buku Tematik Bahasa Indonesia Kelas VI SD (Tema 1-9) Kurikulum 2013

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1358-1376

Keywords:

konjungsi; buku tematik; bahasa Indonesia

Abstract

Abstract: Conjunctions are words that connect elements. Conjunctions have various problems. The form of errors in placing and choosing conjunctions for a sentence or paragraph. This research is a qualitative descriptive, it relates to the word or sentence data of the thing being studied. The purpose of this study is to explain the use of conjunctions in the Indonesian language subject text in the Thematic Textbooks of Grade VI Elementary School. The results of this study indicate that conjunctions based on the extent of coverage in the Indonesian Thematic Textbooks of grade VI Elementary School from theme 1 to theme 9 have found 16 coordinating conjunctions (or, but, and, whereas, then, then) and 12 subordinate conjunctions (when, if, so, after, so, because), 12 inter-sentence conjunctions (however, therefore, however, thus, vice versa), and 1 inter-paragraph conjunction (as for). Based on the function of meaning linkage markers found 47 conjunctions consisting of 5 addition conjunctions (and, and), 5 selective conjunctions (or), 12 contradictory conjunctions (but, but, however, on the contrary, however), 8 temporal conjunctions (during, when, when, realized, while, finished), 9 consequential conjunctions (results) (therefore, so, until, therefore), 3 causal conjunctions (because), 3 affirmative conjunctions (moreover, even), and 2 conditional conjunction (if). In terms of accuracy, there are two conjunctions whose placement is not right and two conjunctions whose selection is not right.

Keywords: conjunctions; thematic books; class VI SD; Indonesian text

Abstrak: Konjungsi adalah kata penghubung antarunsur. Konjungsi mempunyai permasalahan yang beragam. Wujud kesalahan menempatkan dan memilih konjungsi untuk suatu kalimat maupun paragraf. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, hal ini berkaitan dengan data kata atau kalimat dari hal yang diteliti. Tujuan penelitian ini, yakni menjelaskan penggunaan konjungsi pada teks mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Buku Tematik Kelas VI SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konjungsi berdasarkan luas jangkauan dalam Buku Tematik kelas VI SD Bahasa Indonesia dari tema 1-tema 9 telah ditemukan 16 konjungsi koordinatif (atau, tetapi, dan, padahal,  lalu, kemudian) dan 12 konjungsi subordinatif (ketika, jika, supaya, setelah, sehingga,  karena), 12 konjungsi antarkalimat (akan tetapi, oleh karena itu, namun, dengan demikian, sebaliknya), dan 1 konjungsi antarparagraf (adapun). Berdasarkan fungsi penanda pertalian makna ditemukan 47 konjungsi yang terdiri dari 5 konjungsi penjumlahan (serta, dan), 5 konjungsi pemilihan (atau), 12 konjungsi pertentangan (akan tetapi, tapi, padahal, tetapi, sebaliknya, namun), 8 konjungsi kesewaktuan (selama, ketika, saat, sedari, seraya, selesai), 9 konjungsi pengakibatan (hasil) (oleh karena itu, sehingga, sampai, oleh sebab itu), 3 konjungsi penyebaban (karena), 3 konjungsi penegasan (apalagi, bahkan), dan 2 konjungsi persyaratan (jika). Dilihat dari segi ketepatannya, terdapat dua konjungsi yang penempatannya tidak tepat dan dua konjungsi yang pemilihannya tidak tepat.

Kata kunci: konjungsi; buku tematik; kelas VI SD; teks bahasa Indonesia

References

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A.M. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Budimansyah, D., & Syam, S. (Eds.). (2006). Pendidikan nilai moral dalam dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab. PKN FPIPSUPI.

Chaer, A. (2007). Linguistik umum (3rd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2011). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Morfologi bahasa Indonesia: Pendekatan proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Djuarid, H. (2006). Panduan menulis berita. Malang: UMM Press.

Evita, Tarmini, W., & Suliani, N. N. W. (2014). Konjungsi pada Teks Anekdot dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(3), 1-12. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO

Hartono, B. (2012). Dasar-dasar kajian wacana. Semarang: Pustaka Zaman.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis teks dalam mata pelajaran bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasari, A.N. (2014). Sarikata bahasa dan sastra Indonesia superkomplet. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi

Moeliono, A. M., & Dardjowidjojo, S. (1988). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Priyatni, E.T. (2014). Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahardi, K. (2009). Penyuntingan bahasa Indonesia untuk karang-mengarang. Jakarta: Erlangga.

Ratnasari, D. (2017). Penggunaan konjungsi pada wacana berita utama Solopos dan implikasinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia (Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/56557/

Rohmadi, M., Nasucha, Y., & Wahyudi, A.B. (2012). Morfologi telaah morfem dan kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rujiantika, E.U. (2014). Penggunaan konjungsi dalam kolom politik ekonomi Kompas edisi Januari-April 2013. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/17930/1/Eka%20Ulfa%20Rujiantika%2009210144009.pdf

Sangidu. (2007). Penelitian sastra: Pendekatan, teori, metode, teknik, dan kiat. Yogyakarta: Seksi Penerbit Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada.

Saputro, A.A., & Sevira, E. (2020). Analisis kohesi gramatikal konjungsi dalam wacana novel Ayah karya Andrea Hirata. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 75—85. doi: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.2536.

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Sukini. (2010). Sintaksis: Sebuah panduan praktis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Widuri, J. P., Suparno, S., & Susilowati, N. E. . (2021). Konjungsi pada Buku Tematik Bahasa Indonesia Kelas VI SD (Tema 1-9) Kurikulum 2013. Journal of Language Literature and Arts, 1(10), 1358–1376. https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1358-1376

Issue

Section

Articles