Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Muatan IPA Perkembangbiakan Tumbuhan pada Siswa Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p166-173Keywords:
hasil belajar, PBL, perkembangbiakan tumbuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pelajaran IPA. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan adalah dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VI A SDN Lowokwaru 3 berjumlah 28 siswa Indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar siswa pada penelitian dilihat dari siswa tuntas KKM dengan nilai 75. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari data tes yaitu nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 63,75, meningkat pada siklus I menjadi 80,30, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,60.
Kata kunci: hasil belajar; PBL; perkembangbiakan tumbuhan
Improving Learning Outcomes through the Problem Based Learning Model on Plant Breeding Science Content for the 6th Class Students
This research aims to describe the improvement in student learning outcomes with the Problem Based Learning (PBL) model for science lessons. The Classroom Action Research (CAR) was carried out in two cycles, each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research subjects for class VI A students at SDN Lowokwaru 3 were 28 students. The indicator of success in increasing student learning outcomes in the research was seen from students who completed the KKM with a score of 75. The results of the research showed that there was an increase in student learning outcomes as indicated by test data, namely the average score of students in the pre-cycle was equal to 63.75, increased in first cycle to 80.30, and in second cycle the average student score increased to 86.60.
Keywords: learning outcomes; PBL; plant reproduction
References
Aisyah, N. (2007) Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Akbar, S. (2010) Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, &Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara
Ardiana, S. (2008). Penerapan Teori Belajan Van Hielle untuk Meningkatkan pemahaman Konsep Balok dan Kubus Siswa Kelas IV SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota malang.Skripsi. Tidak Diterbitkan.Fakultas Ilmu Pendidikan .Malang: Universitas Negeri Malang
Bahar, H., & Afdholi, N. S. (2019). Ketuntasan belajar IPA melalui number head together (NHT) pada kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(1), 1–12.
Bogdan, R., & Biklen, S. (1992). Qualitative Research for Education. MA: Allyn and Bacon.
Dahar, R. W. (1998). Teori – Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud
Dimyati (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta http://www.scribd.com/doc/77893287/Metode-Pembelajaran-Problem, diakses 5 Juli 2021)
Langger, E. J. (2007) Mindful Learning.Jakarata: PT Gelora Aksara Pertama
Munadi, Y. (2008) Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi Gaung Persada Press Group
Sadiman, A.S., R. Rahardjo, Anung H., & Harjito (2014) Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Sukmadinata, N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Sukowati, I. (2009) Penerapan Teori Belajan Jerome Bruner untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perkalian Siswa Kelas II SDN Blimbing 4 Kecamatan Blimbing Kota malang.Skripsi. Tidak Diterbitkan.Fakultas Ilmu Pendidikan .Malang: Universitas Negeri Malang
Sumarjono. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Muatan Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Index Card Match Siswa Kelas V SD Potorono Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 446–461. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2982
Surakhmad, W. (2012) Pendidikan Karakter: Dalam Metode Aktif Kreatif Dan Inovatif. Jakarta: PT Erlangga
Suyanto, A. J. (2016) Betapa Mudah Menyususj Tulisan Ilmiah. Jakarta: PT Erlangga
Syaeful Millah, A., Arobiah, D., Selvia Febriani, E., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Thobroni (2016) Strategi Belajar Mengajar. Malang: Surya Pena Gemilang
Triono, A. (2010) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Sidorejo 02 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang
Widyastono, R. (2014) Penerapan Pendekatan Ketrampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Pandanwangi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang
Winkel, W.S. (2005) Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Wirata, I. N. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia. 9(3): 139-145.
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 3(1), (2020) 17-24. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Sukowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.