Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Sofiatul Azkiyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Berliana Henu Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yuyun Yulia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p152-165

Keywords:

peran kepemimpinan, kepala sekolah, disiplin kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan, faktor penghambat dan pendukung serta solusi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Kalbir. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepala sekolah menjalankan perannya sebagai pendidik dengan memberikan keteladanan dan meningkatkan profesionalisme guru; sebagai manajer yang merencanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan sekolah; 2) Faktor penghambat; status sebagian guru masih honorer dan sarana prasarana yang belum lengkap, faktor pendukung adalah kepribadian guru yang baik; dan 3) Solusinya adalah dengan memperbaharui peraturan sekolah.

Kata kunci: peran kepemimpinan; kepala sekolah; disiplin kerja

Role of the School Principal in Enhancing Discipline among Teachers at Elementary School

This study aims to determine the role, inhibiting and supporting factors as well as solutions to the leadership role of the school principal in an effort to improve teacher work discipline in SD Negeri Kalbir. This type of research uses qualitative with descriptive form. Collecting data by observation, interviews, and documentation. The research subjects are school principals, class teachers. The results of the study show: 1) The school principal performs his role as an educator by setting an example and increasing teacher professionalism; as a manager who plans everything related to the school; 2) inhibiting factors; the status of some teachers is still honorary and the infrastructure is incomplete, the supporting factor is the personality of a good teacher; and 3) The solution is to renew the school regulations.

Keywords: leadership role; headmaster; work discipline

References

Achmad, A. K. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal J-MPI, 1(2): 115-126.

Arifin, M., & Utami, A. S. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 9(1), 50-59.

Arifudin, Z. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PD BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri. Jurnal Simki-Economic, 1 (4): 1-17.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, A. Q., & Suwatno (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (2): 246-253.

Badu, S., & Djafri, N. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publising.

Bahrum, S. P., & Sinaga, I. W. (2015). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Lembaga Dewan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam Bintan Karimun). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(2): 135-141.

Bawamenewi, A. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa di SMANegeri 1 Lolofitu Moi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1): 235-241.

Bejo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3): 440-445.

Djunaidi. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1): 89-118.

Ernawati, I. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1): 1-13.

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah, 23 (1): 23-44.

Hendilen, H., Zulbainarni, N., Hubeis, A., & Anggoro, B. K. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Tenaga Kependidikan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Belantika Pendidikan, 5(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.47213/bp.v5i1.121

Ishaq., Yusrizal., Bahrun. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh dan SMA Negeri 3 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1): 32-45.

Islami, N. F., Oktrifianty, E., Magdalena, I. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Di SDN Cipodoh 1 Kota Tangerang. Jurnal Edukasi dan Sains, 3 (3): 500-518.

Jahari, J., & Rusdiana A. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Yayasan Darul Hikam.

Kusumaningtyas, F. (2017). Kedisiplinan Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Manshur. A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1): 16-28.

Marhadi, H. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Palopo. Tesis. Palopo: IAIN Palopo.

Maruya, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru Mengajar Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Al-Bahtsui, 1 (2): 1-9.

Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jember: STAIN Jember Press

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Negara, 1(2): 395-409.

Sa'diyah, R. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4(2), 183-196.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Jurnal Evaluasi, 2(1): 257-273.

Salamah, U. F., & Laila, M. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 15, No. 2, 177-182.

Siagian, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sidiq, U., Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman (2019). Pentingnya Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah, 1(2): 260-274.

Syafrida (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (5): 679-685.

Yusup, M. Taufiqurrahman, T. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Ilmiah Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(2), 98-107.

Downloads

Published

12/29/2023

How to Cite

Azkiyah, S. ., Cahyani, B. H. ., & Yulia, Y. . (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(3), 152–165. https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p152-165

Issue

Section

Articles