LKPD Elektronik Berbasis HOTS untuk Siswa Kelas III dengan Tema Praja Muda Karana Subtema Aku Suka Berpetualang pada Pembelajaran 2 Di Sekolah Dasar

Authors

  • Mutik Selviana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ladamay Iskandar Universitas Negeri Malang
  • Yuniasih Nury Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p145-151

Keywords:

LKPD elektronik, tematik, HOTS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan, kepraktis­an dan kemenarikan dan kefektivan bahan ajar LKPD Elektronik. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian pengembangan dengan penggunaan model 4D dengan 4 tahapan yaitu: tahap pendefenisisan (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Dis­seminate). Namun peneliti hanya menggunakan 4D sampai dengan tahap pengembangan. Subjek uji coba adalah 10 siswa kelas III SDN Bandungrejosari 01 Kota Malang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, praktisi (guru) dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuan­titatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah LKPD Elektronik mem­peroleh skor 92 persen dengan kategori menarik. Berdasarkan paparan dari hasil penelitian diatas bahan ajar LKPD Elek­tronik dikategorikan “Layak” dan “Sangat Baik” untuk digunakan di lapangan. Hasil pengembangan bahan ajar LKPD Elektronik dapat dijadikan refrensi sebagai bahan ajar pendamping pada saat kegiatan belajar mengajar.

Kata kunci: LKPD elektronik; tematik; HOTS

HOTS-Based Electronic Student Worksheets for 3rd Grade Students with Praja Muda Karana Theme I Like Adventure Subtheme Lesson 2 in Elementary School

The purpose of this study was to describe the feasibility, practicality and attractiveness and effect­tiveness of Electronic LKPD teaching materials. The research method used by the researcher was development research using the 4D model with 4 stages, namely: the definition stage, the design stage, the development stage, and the dissemination stage. However, researchers only use 4D until the development stage. The test subjects were 10 third grade students of SDN Bandungrejosari 01 Malang City. The instruments used in this research are questionnaires and documentation. The questionnaire consisted of material experts, media experts, linguists, practitioners (teachers) and student response questionnaires. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. The results of this study are the Electronic LKPD obtained a score of 92 perent with an interesting category. Based on the exposure of the research results above, the Electronic LKPD teaching materials are categorized as "Eligible" and "Very Good" for use in the field. The results of the development of Electronic LKPD teaching materials can be used as references as companion teaching materials during teaching and learning activities.

Keywords: electronic LKPD; thematic; HOTS

References

Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko (2016) Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (1):82-97.

Majid (2014) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Okpatrioka (2023) Research and Development (R&D): Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya. 1(1): 86-100

Permatasari (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKOD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal.

Prastowo, A. (2011) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DivaPress.

Rahmawat. (2016). Status perkembangan perbaikan sifat genetik padi menggunakan transformasi argobacterium. Jurnal Agrobiogen. 2 (1):36-44.

Riyadi, B., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2018) The Analysis and Design of 115 Guided Inquiry R-Worksheet Based to Develop High Order Thinking Skills. Internasional Journal of Research Granthaalayah, 6.7.

Riyadi, Beli., Ertikanto, C. & Suyatna, A. (2018) The analysis and design of 115 guided inquiry r-worksheet based to develop high order thinking skills’, Internasional Journal of Research Granthaalayah, 6.7.

Rusman (2016) Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbaasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1.1.

Wahyudin, D. (2018) Model Pembelajaran di Sekolah.Bandung: Rosda.

Winarto (2014) Kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak hanya menghafal rumus, kemudian menerapkan rumus tersebut kedalam soal. HOTS.

Wulandari, H. & Suparman (2019) Magister Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia.

Zulkardi, L., & Aisyah, N. (2009) Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

12/29/2023

How to Cite

Selviana, M. ., Iskandar, L. ., & Nury, Y. . (2023). LKPD Elektronik Berbasis HOTS untuk Siswa Kelas III dengan Tema Praja Muda Karana Subtema Aku Suka Berpetualang pada Pembelajaran 2 Di Sekolah Dasar . Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(3), 145–151. https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p145-151

Issue

Section

Articles