Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Musik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Lilik Widhya Ningrum Universitas Negeri Malang
  • E.W. Suprihatin Dyah Pratamawati Universitas Negeri Malang
  • Hartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p72-79

Keywords:

model pembelajaran, kontekstual, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran seni dan budaya musik di SMPN 3 Singosari juga mengacu pada teori bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal tidak dapat dipenuhi dengan nilai optimal 78. Saat ini baru sekitar 85 persen pembelajaran yang seharusnya berada pada kisaran 90-100 persen. Peran guru dalam menentukan model pembelajaran yang tepat, salah satunya ialah model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian disini bermaksud agar mengetahui dan melaporkan pengaruh model pembelajaran kontekstual pada hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran seni budaya (musik) di SMP Negeri 3 Singosari. Metodenyang dipakai dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif memakai desain eksperimen. Sampel ditentukan dengan memanfaatkan teknik nonprofit sampling dan objektif sampling sehingga peneliti mengambil siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari nilai post-test terbaik dan terbanyak. Berdasarkan rerata terbaik dan postes kelas eksperimen dan kontrol serta hasil uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji sampel independen, model pembelajaran kontekstual diketahui berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi seni budaya (musik) untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari.

Kata kunci: model pembelajaran kontekstual; hasil belajar

The Effect of Contextual Learning Model on Student Learning Outcomes in Music Class for Eighth Grade Junior High School Students

Learning arts and culture and music at State Junior High School 3 Singosari also refers to the theory that the Minimum Completeness Criteria cannot be met with an optimal score of 78. Currently, only about 85 percent of learning should be in the 90-100 percent range. The teacher's role in determining the right learning model, one of which is the contextual learning model in learning. Therefore, this research aims to find out and report on the effect of the contextual learning model on the learning outcomes of class VIII students on Monday's cultural (music) lessons at State Junior High School 3 Singosari. The method used in this research is quantitative research using experimental design. The sample was determined by using non-profit sampling and objective sampling techniques so that the researchers took students from the two classes, namely class VIII G as the experimental class and class VIII H as the control class. Data were collected from the best and most post-test scores. Based on the best average and posttest experimental and control classes as well as the results of the normality test, homogeneity test, linearity test and independent sample test, the contextual learning model is known to have an effect on student learning outcomes in cultural arts (music) materials for students in class VIII at State Junior High School 3 Singosari.

Keywords: contextual learning model; learning outcomes

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Rev. VI). Rineka Cipta.

Budiarti, E., Zidni, & Saputra, B. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sejarah X MA NW Lenek Lauq. Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2(2), 35–45.

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. YASAMAS.

I Gd, P. E. S., Marhaeni, A. A. I. N., & Widiartini, N. K. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Konkrit dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya Di Kelas X SMA Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–12.

Julia. (2011). Sistem Pembelajaran Kontekstual : Membuat Pembelajaran Seni Musik Lebih Bermakna. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 38–42.

Ningrum, N. S., Julia, & Irawati, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Mengenal Alat Musik Melodis. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 541–550.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 (pp. 1–33). Pemerintah Negara Republik Indonesia.

Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=oKdgEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Jika+hubungan+antara+dua+variabel+tidak+linier,+maka+mungkin+perlu+menggunakan+teknik+analisis+yang+berbeda+atau+melakukan+transformasi+data+untuk+memenuhi+asumsi+linieritas&ots=4qB0f16GAp&sig=6mPoEzVYjhKGZ5dkamVw5VmOhyk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. INVOCTEC, XI(1), 23–40.

Tambunan, N. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Formatif, 6(3), 207–219.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.

Utami, J. P., Utaya, S., & Wagistina, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran Geographical Inquiry pada mata pelajaran Geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah siswa kelas X. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(8), 943–958. https://doi.org/10.17977/um063v1i8p943-958

Wasiman. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Batam. Jurnal Cafetaria, 2(2), 28–36. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v2i2.355

Wisjayanti. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Apresiasi Siswa dalam Mata Pelajaran Musik Nusantara Kelas XII SMA Negeri 2 Baubau. In Diploma Thesis, Universitas Negeri Makassar.

Yuni, Q. F. (2016). Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar. ELEMENTARI, 4(1), 55–77.

Downloads

Published

08/31/2023

How to Cite

Ningrum, L. W. ., Pratamawati, E. S. D. ., & Hartono, H. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Musik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(2), 72–79. https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p72-79

Issue

Section

Articles