Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yasim Sari Kabupaten Bima
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v1i12023p41-53Keywords:
bahasa Arab, pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan, penilaianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta penilaian pembelajaran bahasa Arab di kelas III MI Yasim Sari Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, penelitian di MI Yasim Sari ini memiliki subyek yaitu kepala sekolah, Guru bahasa Arab kelas III dan beberapa siswa yang ada di kelas III MI yasim Sari. Dengan tekhnik pengumpulan data yaitu, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang memuat nama sekolah, kelas, matapelajaran, sub pelajaran, alokasi waktu, hari/tanggal, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, aspek penilaian, bahan ajar, metode pembelajaran bahasa Arab serta materi, (2) Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan pembelajarana, pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, (3) Penilaian yang di ambil dari Kognitif: berupa penilaian tes tulis, dan penugasan. Psikomotorik: berupa keterampilan, praktik, Efektif: sikap, portofolio dan 4 kemahiran dalam bahasa Arab yaitu Qiroah, Kitabah, Istima’ dan Kalam.
Kata kunci: bahasa Arab; pembelajaran; perencanaan; pelaksanaan, penilaian.
The Language Arabic Learning in the 3rd Class of Yesim Sari Islamic Elementary School at Bima Regency
The purpose of this study is to describe the planning, Implementation and Assessment of Arabic learning in class III MI Yasim Sari. This type of research is qualitative research, research in MI Yasim Sari has subjects, namely the principal, third grade Arabic teacher and several students in grade III MI Yasim Sari. With data collection techniques, namely, interviews, observation and documentation. The results of the research in this study are: (1) Learning Planning is carried out by making RPP (Learning Implementation plan) which contains the name of the school, class, subject, sub lesson, time allocation, day/date, basic Competence, Learning Objectives, Indicators of Competency Achievement, aspects of assessment, teaching materials, Arabic learning methods and materials, (2) implementation of learning in the form of learning activities, introduction, core and closing activities, (3) assessments taken from Cognitive: in the form of assessment of written tests, and assignments. Psychomotor: in the form of skills, practice, Effective: Attitude, Portfolio and 4 skills in Arabic namely Qiroah, Kitabah, Istima' and Kalam.
Keywords: Arabic; learning; planning; implementation, assessment.
References
Akla, A. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Antara Harapan dan Kenyataan (Survey Di Madrasah Kota Metro Tahun 2017). An Nabighoh, 19(02), 175–193. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/998
Anggraini, R., & Sunhaji. (2020). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas V Mi Brawijaya I Trowulan ( Studi Kasus Kelas V Di Mi Brawijaya I Trowulan ). Proceeding the 5th Annual International Conference on Islamic Education Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto, 2, 245–255.
Azhar, A. (2003). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah ibtidaiyah: Sebuah ide trobosan. 2(2), 156.
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181
Fariha, D. A., & Indahwati, N. (2017). Analisis Kompetensi Mahasiswa Dalam Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Pada Setiap Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Jenjang SMP Dan SMA/SMK. Jurnal Analisa, 2(1), 1–6.
Febrina, D. (2018). Studi tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi berdasarkan standar proses Di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338–349.
Haniefa, R. (2022). Implementasi model penilaian hots(higher order thingking skills) pada penilaian empaf keterampilan berbahasa Brab. 1(1), 49–71.
Herlina, Marmawi, & Yuline. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Doa Dalam Kegiatan Sehari-hari Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia 5-6. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(12), 1–13.
Jundi, M., & Solong, N. P. (2021). Analisis Kesesuaian Indikator dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab KMA 183. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 61. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.3642
Munif, M. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Bahan Ajar Bahasa Arab Kelas 3 Madrasah Ibtida’Iyah Kurikukulum 2013. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 7(2), 137–157. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.142
Munip, A. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. In Universitas, F B S Yogyakarta, Negeri (Issue May).
Nadzir, M. (2013). Perencanaan Pembalajaran berbasis karakter. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter, nomor 02, 340–352.
Rachman, T. (2018). metode penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rahman, B. (2014). Refleksi diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. 17(1), 1–12.
Solkan, A. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 183–196. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-06
Tumaji, sampiril taurus. (2016). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab. 4(1), 1–23.
Walid, M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 13 kabupaten Banjar kalimantan Selatan. 11(1).
Widyajayanti, & Istiqomah. (2018). Analisis Intensitas Pemberian Pekerjaan Rumah (Pr) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 769–774.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Isnaynih Safira Putri, Ali Ma’sum
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.