Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Platform Schoology untuk Melatih Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang

Authors

  • Krismon Lestari Santoso Universitas Negeri Malang
  • Sawitri Retnantiti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v1i12023p14-25

Keywords:

media pembelajaran, bahasa Jerman, keterampilan menulis, schoology

Abstract

Mewabahnya COVID-19 di dunia mengakibatkan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring dan luring dengan alokasi waktu yang lebih sedikit. Untuk membuat pembelajaran tetap efektif dan efisien dibutuhkan media pembelajaran online, salah satunya platform schoology. Platform schoology ini akan digunakan untuk melatih keterampilan menulis bahasa Jerman. Hal ini karena, schoology memiliki fitur yang dapat memfasilitasi siswa berlatih keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis platform schoology untuk melatih keterampilan menulis bahasa Jerman dan untuk mendeskripsikan respons siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Tumpang. Tema yang dibahas pada penelitian ini adalah Alltagsleben dengan subtema die Kleidung. Pendekatan pada penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Tumpang. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan kuisioner, dianalisis, dan selanjutnya hasil penelitian serta temuannya dideskripsikan dalam bentuk uraian kata-kata. Hasil analisis data yang diperoleh dari lembar angket menunjukan respon positif. Artinya, schoology dapat membantu siswa melatih keterampilan menulis bahasa Jerman, mengetahui kosakata terkait die Kleidung, dan memahami materi grammatik terkait Adjektivdeklination. Selain itu, materi pdf pada schoology memiliki desain milenial dengan gambar dan warna yang menarik, serta dapat diakses di manapun dan kapanpun tanpa harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Kata kunci: media pembelajaran, bahasa Jerman, keterampilan menulis, schoology

Application of Learning Media Based on the Schoology Platform to Practice German Writing Skills for 11th Grade Students at SMA Negeri 1 Tumpang

As a result of the worldwide epidemic of COVID-19, learning is held both online and offline now with less time allocation. An online learning media such as the Schoology is required to make an effective and efficient learning platform for education. It will be used to do writing practice in German. According to the fact that Schoology offers features that can help students practicing German writing skills. This study aimed to describe the application of learning media based on the Schoology platform to train German writing skills and describe the response of 11th grade students at SMAN 1 Tumpang. The theme discussed was Alltagsleben with the sub-theme die Kleidung. This research used a descriptive qualitative approach. The respondents were 31 language students of 11th grade at SMAN 1 Tumpang. Qualitative data was obtained from the observations and questionnaires then analyzed it to obtain results and findings that is described in the word descriptions. The results of data analysis that were obtained from the questionnaire sheet showed a positive response. It showed that schoology can help students to practice their German writing skills, to know vocabulary related to die Kleidung, understand the Adjektivdeklination, and the pdf material on schoology has a millennial design with attractive images and color so it can be accessed anywhere and anytime.

Keywords: learning media, German language, writing skills, schoology

References

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), (12), 8–12. Palembang. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3064

Apriliani, A., Asib, A., & Ngadiso. (2020). The Effect of Schoology on the Students’ Writing Interest. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(2), 111–129. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ijee/article/view/17577

Bali, M. M. E. I. (2019). Impelementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Jurnal Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198

Barustyawati, A. A. S., Suarcaya, P., Adijaya, M. A., & Myartawan, I. P. N. W. (2019). Pengembangan Kelas E-Learning dengan Aplikasi Schoology di SMA PGRI Seririt dan SMA Saraswati Seririt. In G. A. Pradyana, G. S. Santyadiputra, N. Sugihartini, & G. A. J. Saskara (Eds.), Prosiding SENADIMAS Ke-4 (pp. 794–801). UNDIKSHA PRESS. Retrieved from https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/download/1822/1227

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Harianto, Dalle, A., & Anwar, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Menulis Bahasa Jerman Mahasiswa. INTERFERENCE Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/interference.v2i1.19646

Kamlin, M. B., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi Video dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105–112. https://doi.org/https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508

Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. IJCETS (Indonesien Journal of Curriculum and Educational Technology Studies), 3(1), 31–40. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/209296/

Mannahali, M. (2018). Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) Dalam Pengajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 401–409. https://doi.org/http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11291

Mukarromah, I. Z., Sastromiharjo, A., & Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbantuan Aplikasi Schoology. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 364–372. Bandung. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1369

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Putri, N. W. M. A., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3796

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, & Yusri. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1), 67–72.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory pada Siswa Kelas VIII SMPN 37 Palembang. PSIKIS: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33–42.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). (2020). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/ 2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Surat Keputusan Bersama (SKB) Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19. (2020). Retrieved from http://ditsmp.kemdikbud.go.id/download/surat-keputusan-bersama-skb-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-semester-genap-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-2020-2021-di-masa-pandemi-covid-19/

Syaifudin. (2021). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Edukatif, 7(1), 42–52. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/jie.v7i1.419

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416

Trim, J., North, B., Coste, D., & Sheils, J. (2001). Gemainsamer europaeischer Referenrahmen fuer Sprachen: lernen, lehren, beurteilen. Berlin: Langenscheidt. Retrieved from https://www.europaeischer_referenzrahmen.de

Yuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. BASASTRA, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9320

Zulkarnain. (2020). Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi schoology terhadap Kemampuan Bahasa Arab. ZIRYAB: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 119–132. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/ziryab/article/view/645

Downloads

Published

04/30/2023

How to Cite

Santoso, K. L. ., & Retnantiti, S. . (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Platform Schoology untuk Melatih Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.17977/um084v1i12023p14-25

Issue

Section

Articles