Perancangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak tentang Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Sehari-hari

Authors

  • Igwanda Kurnia Febriyanti Universitas Negeri Malang
  • Mitra Istiar Wardhana Universitas Negeri Malang
  • Arif Sutrisno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1291-1309

Keywords:

media, buku cerita bergambar, pendidikan karakter

Abstract

Abstract: Picture storybooks are interesting visual media that can help provide and obtain information more easily because there are visual images and descriptions. This book is designed to invite children to recognize good and bad deeds and also to understand what its consequences are. This book presents a child who is given direction by his parents about the benefits and consequences of actions and deeds that they take. The purpose of making the book is expected for anyone who reads to understand the meaning of the message conveyed in the book and can be applied to become a good habit as the initial foundation for character development in children. In the design using the procedural method with reference to the Glass box model. The stages start from ideas and concepts, collecting the required data, then data analysis, followed by pre-production, production and post-production stages. The main media result is a color book with a size of 19x19 cm consisting of 26 pages and 2 pages as covers, using 150 gram art paper. The design also produces supporting media in the form of Instagram content feeds and GIF stickers that can be accessed on Instagram stories and direct messages.

Keywords: Media, Picture Storybook, character education

Abstrak: Buku Cerita Bergambar merupakan salah satu media visual yang menarik dan dapat membantu untuk memberikan dan memperoleh informasi lebih mudah karena terdapat visual gambar beserta deskripsinya. Buku ini dirancang untuk mengajak anak-anak mengenal perbuatan baik dan juga pemahaman apa akibat dan konsekuensi perbuatan tidak baik. Buku ini menyajikan seorang anak yang diberikan arahan oleh orang tuanya tentang apa manfaat dan akibat dari perbuatan, tindakan yang akan dia ambil. Tujuan pembuatan buku diharapkan bagi siapa saja yang membaca dapat mengerti maksud pesan yang disampaikan pada buku dan dapat diterapkan menjadi suatu kebiasaan baik sebagai pondasi awal pembekalan karakter pada anak. Dalam perancangan menggunakan metode prosedural dengan acuan model Glass box. Tahapan-tahapan dimulai dari ide dan konsep, pengumpulan data-data yang dibutuhkan, kemudian analisis data, dilanjutkan dengan tahap pra-produksi, produksi dan tahap pasca-produksi. Hasil media utama berupa buku berwarna dengan ukuran 19x19 cm terdiri dari 26 halaman dan 2 halaman sebagai sampul, menggunakan kertas art paper 150 gram. Pada perancangan juga menghasilkan media pendukung berupa feed konten Instagram dan stiker GIF yang dapat diakses pada instastory dan direct message Instagram.

Kata kunci: media, buku cerita bergambar, pendidikan karakter

References

remaja di Jakarta Barat terlibat kejahatan jalanan. (2019, March 14). Kompas. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/utama/2019/03/14/122-remaja-di-jakarta-barat-terlibat-kejahatan-jalanan

kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh anak. (2020, December 15). halodoc. Retrieved from https://www.halodoc.com/artikel/6-kebiasaan-buruk-yang-sering-dilakukan-oleh-anak

Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 989–992. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337

Ardjaka, S. (2017). Sumber belajar penunjang PLPG 2017 mata pelajaran/paket keahlian desain komunikasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Retrieved from https://www.scribd.com/document/366112901/Desain-Komunikasi-Visual

Arleen, A. (2018). Belajar Menulis Cerita Anak. Jakarta: Erlangga for kids.

Basyari, I. (2019, December 20). Sebagian kasus kenakalan remaja dipicu media sosial. Kompas. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/nusantara/2019/12/20/sebagian-kasus-kenakalan-remaja-dipicu-media-sosial

Bharadia, R. (2013). Roots & Wings 2 (D. Begum, Trans.). Jakarta: Gaia.

Buku cerita bergambar: Stimulasi awal untuk kecerdasan anak. (2020, December 13). School of Parenting. Retrieved from https://schoolofparenting.id/buku-cerita-bergambar-stimulasi-awal-untuk-kecerdasan-anak/

Cahya. (2019, November 14). 5 #carapintarmam untuk melatih si kecil merapikan mainannya sendiri. theAsianparent. Retrieved from https://id.theasianparent.com/merapikan-mainan

Cote, J.B. (2018, September 12). 5 personality traits that don't change after the age of 3. Romper. Retrieved from https://www.romper.com/p/5-personality-traits-that-your-3-year-old-will-probably-have-forever-11867700

Dewi, B.K. (2016). Kebiasaan buruk anak dan cara mengatasinya (1). Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=1709

Dewita, A. (2019, July 4). Pendidikan karakter bagi anak usia dini. BP PAUD Dikmas Sumatera Barat. Retrieved from http://pauddikmassumbar.kemdikbud.go.id/artikel/42/pendidikan-karakter-bagi-anak-usia-dini

Febrida, M. (2020, September 10). 5 kepribadian anak 3 tahun yang terbawa hingga dewasa. Haibunda.com. Retrieved from https://www.haibunda.com/parenting/20200910144333-62-161203/5-kepribadian-anak-3-tahun-yang-terbawa-hingga-dewasa

Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. AL-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 50–69. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/410

Hidayat, N. (2016). Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelan. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 128–145. doi: https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4948

Kebiasaan. (n.d.) In kbbi.kemdikbud.go.id. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kebiasaan

Kubra, M. (2019). Pengaruh penerapan metode bercerita terhadap penanaman nilai-nilai moral anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pertiwi Letta Kabupaten Bantaeng (Master’s thesis, Universitas Negeri Makassar). Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/13288/

Laksitama, D.D. (2017). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis pendidikan anti korupsi untuk pembelajaran membaca siswa kelas IV SD (Undergraduate thesis, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Retrieved from https://123dok.com/document/y6eldj5z-pengembangan-cerita-bergambar-berbasis-pendidikan-korupsi-pembelajaran-membaca.html

Laksono, R.A.B. (2020, March 10). Pentingnya pendidikan karakter bagi siswa zaman now. Radar Semarang Jawa Pos. Retrieved from https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/03/11/pentingnya-pendidikan-karakter-bagi-siswa-zaman-now/

Lestari, M.A., Eliyanti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas penggunaan media buku cerita bergambar dalam penanaman nilai-nilai moral siswa SD kelas rendah . Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2). Retrieved from https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1234

Manfaat memberikan cerita bergambar pada si kecil. (2021, April 4). Ibu dan Balita. Retrieved from https://www.ibudanbalita.com/artikel/7-manfaat-memberikan-cerita-bergambar-pada-si-kecil

Nugraheni, M. (2021, January 19). 4 masalah perilaku anak yang tak boleh disepelekan. Dream.co.id. Retrieved from https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/4-masalah-perilaku-anak-yang-tak-boleh-disepelekan-210119z.html

Omega, H.A. (2021). Perancangan buku ilustrasi “Crossover Folklore Nusantara” (Undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/7409/

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. (2017). Malang: UM Press. Retrieved from https://drive.google.com/file/u/0/d/1Ti1zVPDco_WyOlzfnwFDL7q6e_M5Ls/view?usp=drive_web&usp=embed_facebook

Pramono, A., Pujiyanto, Puspasari, B.D., & Dhanti, N.S. (2021). Character thematic education game “AK@R” of society themes for children with Malang-Indonesian visualize. International Journal of Instruction, 14(2), 179–196. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14211a

Pramono, A., Wibisono, M.N., Puspasari, B.D., & Salamah, E. (2021). QR code game development as an effort to improve the quality of rides in the Bedengan tourism industry in Malang City. KnE Social Sciences, 194–200. https://doi.org/10.18502/kss.v5i6.9195

PUSLITDATIN. (2019). Penggunaan narkotika di kalangan remaja meningkat. Retrieved from https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/

Putra, A. A. (2021, Mei 04). Webinar Ilustrasi yang bercerita. (I. K. Febriyanti, Interviewer)

Rahmad. (2017, June 18). Peran keluarga dalam pendidikan karakter. Industri. Retrieved from https://www.industry.co.id/read/10674/peran-keluarga-dalam-pendidikan-karakter

Ratnasari, E.M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rosari, Y.P.P., Agung, A.A.G., & Ambara, D.P. (2014). Penerapan metode bercerita berbantuan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan perilaku moral. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). doi: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3127

Rukmorini, R. (2019, February 1). Tawuran di Magelang dirancang rapi agar tak terendus polisi. Kompas. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/nusantara/2019/02/01/tawuran-di-magelang-dirancang-rapi-agar-tak-terendus-polisi

Samodra, J., Novica, D.R., Sutrisno, A., Wibisono, M.N., Hidayat, I.K., Pramono, A., & Wardhana, M.I. (2020). Pengembangan media flipchart sebagai alat bantu pembelajaran bagi santri TPQ di Dusun Bunder Desa Tunjungtirto Kabupaten Malang. Proceedings of CIASTECH 2020, 1257–1262. Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/2050

Shofihara, I.J. (2020, November 6). Perkuat pendidikan karakter anak usia dini dengan pembelajaran berbasis bimbingan. Kompas.com. Retrieved from https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/06/170502271/perkuat-pendidikan-karakter-anak-usia-dini-dengan-pembelajaran-berbasis?page=all

Sutrisno, A. (2021). Studi perbandingan animasi 360 derajat bertema sejarah. JADECS, 6(1), 22–34. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um037v6i12021p22-34

Suyanto, S. (2012). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Suyudi, D., Syakir, & Mujiyono. (2017). Ilustrasi buku dengan pendekatan personifikatif sebagai media pengenalan kerusakan lingkungan hidup bagi anak anak. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 6(2), 52–61. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart/article/view/35162

TM, D. (2016, August 19). Kurangnya pendidikan karakter di Indonesia. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/daradtm/57b705087797734e1b619b63/kurangnya-pendidikan-karakter-di-indonesia

Utami, R., & Afriwan, H. (2020). Perancangan buku cerita bergambar "The Adventure of ARA". Dekave: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 10(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/110322

Wignyodiputro, F.F., Tanudjaja, B.B., & Salamoon, D.K. (2018). Perancangan buku cerita ilustrasi tentang “Kebiasaan jorok anak” untuk usia 3-6 tahun dipadukan dengan teknik digital imaging. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12). Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7155

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Febriyanti, I. K., Wardhana, M. I. ., & Sutrisno, A. . (2021). Perancangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak tentang Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Sehari-hari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(9), 1291–1309. https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1291-1309

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>