Tren Pembelajaran Diferensiasi dalam Kajian Guru di Indonesia: Analisis Jurnal Terindeks Sinta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p512-520

Keywords:

pembelajaran diferensiasi, kurikulum Merdeka, publikasi ilmiah guru, Sinta

Abstract

Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, yang semakin diperhatikan dalam pendi­dikan global, menawarkan potensi signifikan untuk meningkatkan efektivitas pembel­ajaran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tren pembelajaran berdiferensiasi di kalangan guru di Indonesia dengan mengidentifikasi data dan praktik yang muncul, serta mengevaluasi kontribusinya terhadap perkembangan sistem pen­didikan. Metode penelitian menggunakan prinsip analisis konten dengan menggali artikel ilmiah dari jurnal-jurnal terindeks SINTA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tren pembelajaran berdiferensiasi selama sembilan tahun terakhir, yang beriringan dengan penerapan Kurikulum Merdeka sebagai acuan dasar pendidikan. Meskipun demikian, jumlah publikasi karya ilmiah tentang pembelajaran berdiferen­siasi masih belum sebanding dengan pertumbuhan tren tersebut. Berbagai aspek dan kategori yang belum terjamah dalam kajian pembelajaran berdiferensiasi masih men­jadi peluang bagi para guru yang secara langsung terlibat dalam pendekatan ini di sekolah. Hal ini menunjukkan kebutuhan akan penelitian lebih lanjut dan pengembang­an literatur yang lebih komprehensif untuk mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi secara optimal di Indonesia.

References

Amalia, D., et al. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 89-101.

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351

Fauzi, A., & Pradipta, I. W. (2018). Research methods and data analysis techniques in education articles published by Indonesian biology educational journals. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 123–134. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5889

Heningjakti, E. P. M., & Surono, S. (2023). Differentiated Learning to Facilitate Students’ Interests in the Content of English Language Learning. JADEs Journal of Academia in English Education, 4(1), 34–54. https://doi.org/10.32505/jades.v4i1.5916

Heningjakti, L., & Surono, A. (2023). Penilaian Diagnostik untuk Pembelajaran Diferensiasi di Kelas. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(4), 201-215.

Hidayat, F., & Patras, R. (2024). Keterbatasan Sumber Daya dalam Implementasi Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 23-35.

Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2024). Education transformation in Indonesia requires the implementation of differentiated learning. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(3), 1526. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.27658

Ilma, A., Jumadi, J., & Narumsari, M. (2022). Teacher’s Perceptions of Essential Learning Models to Improve Students’ Science Learning Achievement in Secondary Schools. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10, 403–423. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23881

Ilma, N., et al. (2022). Aplikasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Peningkatan Kompetensi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 199-212.

Lahiri, S. (2023). A Qualitative Research Approach Is an Inevitable Part of Research Methodology: An Overview. 5(3).

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8

Hasanah, O. N. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1).

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif dan Berbudaya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260083252

Sari, A., et al. (2023). Tren Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 45-58.

Sari, D. M., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., Ummah, S. K., & Admoko, S. (2023). A Literature Review of the Implementation of Differentiated Learning in Indonesian Education Units. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 250. https://doi.org/10.20527/jipf.v7i2.8429

Susetyarini, E., & Fauzi, A. (2020). Trend of Critical Thinking Skill Researches in Biology Education Journals across Indonesia: From Research Design to Data Analysis. International Journal of Instruction, 13(1), 535–550. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13135a

Susilawati, A. (2023). Keragaman Latar Belakang Siswa dan Tantangan Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Pendidikan Multikultural, 9(2), 57-70.

Susilawati, S. (2023). Integrating Content And and Language To to Teach Esp Online Writing With The the Assistance Of of Google Docs. 11, 14–26. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.6617

Universidade de Aveiro, & Costa, A. P. (2023). Qualitative Research Methods: Do digital tools open promising trends? Revista Lusófona de Educação, 59, 67–76. https://doi.org/10.24140/issn.1645-7250.rle59.04

Zapata-Barrero, R., & Yalaz, E. (2022). Qualitative Methods in Migration Research. In P. Scholten (Ed.), Introduction to Migration Studies (pp. 411–423). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-92377-8_25

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Wiyono, H. ., Rahayuningtyas, W. ., & Anggoro, B. K. . (2024). Tren Pembelajaran Diferensiasi dalam Kajian Guru di Indonesia: Analisis Jurnal Terindeks Sinta. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 512–520. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p512-520

Issue

Section

Articles