Tingkat Kepuasan Siswa SMAN 8 Malang terhadap Mahasiswa PPG Prajabatan Seni Budaya Universitas Negeri Malang

Authors

  • Handi Wiyono PPG Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Yusuf PPG Universitas Negeri Malang
  • Winda Istiandini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p471-477

Keywords:

kepuasan siswa, PPG Prajabatan, seni budaya, evaluasi kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan siswa kelas XII SMAN 8 Malang terhadap kompetensi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Seni Budaya dari Universitas Negeri Malang yang bertugas sebagai pengajar pada mata pelajaran Seni Budaya selama dua semester dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah Service Quality, yang berfokus pada pengukuran kualitas layanan yang diberikan oleh mahasiswa PPG kepada siswa. Hasil evaluasi kepuasan siswa mengungkapkan berbagai aspek yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam kompetensi mahasiswa PPG Prajabatan Seni Budaya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek yang dinilai positif oleh siswa mencakup kemampuan komunikasi, metode pengajaran yang interaktif, dan pemahaman mendalam terhadap materi Seni Budaya, sedangkan area yang memerlukan perbaikan meliputi kesiapan menghadapi berbagai situasi di kelas dan kemampuan memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pemeliharaan kualitas seleksi mahasiswa PPG Prajabatan, peningkatan kualitas mata kuliah dan dosen pengajar yang terintegrasi dengan kegiatan PPL, serta pemberian waktu persiapan yang memadai bagi mahasiswa sebelum terjun ke lapangan. Kesadaran dan motivasi tinggi dari mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensinya sebagai calon guru juga sangat penting. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan seni budaya melalui evaluasi kepuasan siswa sebagai indikator kompetensi guru, yang diharapkan dapat menghasilkan guru-guru seni budaya berkualitas tinggi dan mampu memberikan pengajaran yang efektif serta inspiratif kepada siswa.

References

Andriani, A., Hidayati, A. N., Abdullah, F., Rosmala, D., & Supriyono, Y. (2022). Menulis sebagai Refleksi Pengembangan Diri dan Profesionalisme Guru. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256717895.

Fauziyah, I. (2015). Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Tahun 2014. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:190725111

Hofkens, T., Pianta, R. C., & Hamre, B. (2023). Teacher-Student Interactions: Theory, Measurement, and Evidence for Universal Properties That Support Students’ Learning Across Countries and Cultures. In R. Maulana, M. Helms-Lorenz, & R. M. Klassen (Eds.), Effective Teaching Around the World: Theoretical, Empirical, Methodological and Practical Insights (pp. 399–422). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-31678-4_18

Ibrahim, E., Napu, K., & Darman, D. (2023). The Influence of Environment and Satisfaction on Student Learning Motivation. West Science Journal Economic and Entrepreneurship, 1(05), 228–234.

Junita, W., & Adela, D. (2023). Peran kompetensi pedagogik dalam mengelola kelas terhadap kondusifitas belajar siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256262558

Moracanin, V. (2012). Competence education and training for quality. Total Quality Management and Six Sigma. InTech, 197–216.

Nikmalini, N., Sumarno, S., & Erni, E. (2023). The Influence of Infrastructure Facilities and Teacher Pedagogic Competence on Student Satisfaction in Public High Schools in Pekanbaru City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3125

Putri, N. W., & Fatimah, S. (2021). The Impact of PPG Program on the Performance of Pre-Service and In-Service English Teachers based on Teacher’s Self-Assessment. . . September, 10(3).

Rachman, A. F., & Nuryuliani, N. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan terhadap Aplikasi Service Desk menggunakan Metode Fuzzy Service Quality. Jurnal Bina Komputer. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266317941

Rahmadya, D. (2023). Strategi L’oreal Indonesia dalam Mempertahankan Kualitas dan Keaslian Produk untuk Sertifikasi Halal. SIYAR Journal. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:265474291

Sudirman, S., Sahabuddin, S., & Palmizal, P. (2022). Pelatihan Penelitian Tindak Kelas Kelompok PPG Prajabatan Angkatan II Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga di Kota Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260615842

Tintingon, J. Y., Usoh, E. J., & Sumual, T. E. M. (2023). Pengembangan Sumber Daya Pendidik Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Profesi Guru Prajabatan di Indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:265383693

Yasin, R. (2023). Urgensi Kompetensi Guru dalam Mencetak Anak Didik yang Unggul dan Berkarakter. Tafhim Al-’Ilmi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:262063889

Yeskia, F. A., Usnen, F., Hafidz, M. N., Rinaldi, R., Efendi, R., & Putra, R. B. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Serverqual) dan Impertance Performance Analiysis (IPA) (Studi Kasus Pada Barbershop The Gold 74 Andaleh). Innovative: Journal Of Social Science Research. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260584052

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Wiyono, H. ., Yusuf, A. ., & Istiandini, W. . (2024). Tingkat Kepuasan Siswa SMAN 8 Malang terhadap Mahasiswa PPG Prajabatan Seni Budaya Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 471–477. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p471-477

Issue

Section

Articles