Efektivitas Implementasi Scaffolding terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Di SMA

Authors

  • Ahmad Yusuf PPG Universitas Negeri Malang
  • Handi Wiyono PPG Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p123-129

Keywords:

scaffolding, hasil belajar, seni budaya, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan scaffolding ter­hadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya pada siswa kelas 12 IPS 1, 12 Bahasa, 12 IPA 4, dan 12 IPA 6 di SMA Negeri 8 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peng­gunaan scaffolding terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar seni budaya. Strategi pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar secara lebih terstruktur dan mendalam, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mereka. Penerapan scaffolding yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik tidak hanya membantu mereka mencapai hasil belajar yang optimal, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan suportif. Dengan demikian, dapat disimpul­kan bahwa pembelajaran seni budaya dengan strategi scaffolding memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kualitas hasil belajar siswa. Pendekatan ini juga me­mungkinkan guru untuk memberikan bimbingan yang lebih terarah dan adaptif, yang sangat penting dalam mendukung proses belajar siswa. Implementasi scaffolding yang efektif dapat menjadi model pembelajaran yang dapat diterapkan secara lebih luas untuk meningkatkan hasil belajar di berbagai mata pelajaran lainnya.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260654922

Ariani, M. D., Baidowi, B., & Azmi, S. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan Bantuan Bertahap (Scaffolding) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X B Semester II SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2013/2014. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:110893991

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256854648

Dasar, J. P., Ayu, D., Putri, A., Aria, K., PrimaDewi, P. F., Gede, I. D. K., Pastika, T., Kunci, K., Penguatan, Karakter, P., SBdP, P., Sekolah, P. G., & Dasar. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Peserta Didik Kelas IV SD Jambe Agung Batubulan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:265580814

Dewi, A. I., Akina, A., Kaharu, S. N., & Rahman, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Jamborad Berbasis Seni Budaya sebagai Wujud Implementasi Cerdas Berkarakter dalam Persiapan Generasi Emas 2045 di Kabupaten Poso. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253280739

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:235585189

Hamid, A., Utami, R. T., & Vernanda, G. (2024). Upaya Guru Seni Budaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Tunanetra di SLB A Bina Insani Bandar Lampung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268915964

Hesti, Sutama, Harsono, Prayitno, H. J., Muhibbin, A., Markhamah, Sutopo, A., & Fauziati, E. (2024). Kemampuan Literasi Budaya dalam Pembelajaran Seni Pertunjukan Berbasis Kearifan Lokal di UM Lampung. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268813670

Kartina, K. (2019). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS melalui Metode Feedback Partner (Umpan Balik) pada Siswa Kelas IV SDN 18 Batang Gasan. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:212994606

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:241631660

Munggaran, R. M. (2016). Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Interaktif Game Berbasis Strategi Scaffolding untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Sistem Komputer. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:63419611

Muti’ah, U., Waluya, S. B., & Mulyono, M. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Scaffolding. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:213411932

Pembelajaran, E., Mengajar, S., Pendidikan, G., Kristen, A., Belajar, M. P., Didik, P., & Abstrak, A. I. (2023). Evaluasi Pembelajaran terhadap Strategi Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Produktivitas Belajar Peserta Didik. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:264574453

Putri, E. T. P., Syafdi, M., & Rusdi, R. R. (2016). Penerapan Strategi Bertanya Probing Prompting Untukmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII 1 Semester 2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2015/2016. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:186968939

Rachmah, H. Y. (2017). Pengaruh Models Eliciting Activities dalam Pembelajaranmatematika dengan Menggunakan Metode Scaffoldingterhadap Self Directed Learning Peserta Didikkelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:151237935

Wakhidah, N. (2016). Strategi Scaffolding Inspiring-Modeling-Writing-Reporting (IMWR) dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:152238996

Widanty, T. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Seni. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259923061

Witasari, R., & Fitriawan, F. (2021). Scaffolding: Strategi Pembelajaran dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Gaya, Gerak dan Energi Kelas V di MI Sabilil Muttaqin Kapuran. BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247001887

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2, 83–91. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:216730674

Zulfahmi, & Gani, S. A. (2023). Pengembangan Kurikulum PAI pada Institut Seni Budaya Indonesia dalam Pembentukan Akhlak. Jurnal Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267593419

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Yusuf, A. ., Wiyono, H. ., & Rahayuningtyas, W. (2024). Efektivitas Implementasi Scaffolding terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Di SMA. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(2), 123–129. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p123-129

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>