Nilai-Nilai Kearifan Lokal Reog Bulkiyo dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Enni Dwi Rahayu PPG Universitas Negeri Malang
  • Anak Agung Gde Rai Arimbawa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p478-485

Keywords:

Reog Bulkiyo, kearifan lokal, pendidikan karakter, profil pelajar Pancasila

Abstract

Pendidikan karakter menjadi fokus utama pemerintah untuk menangkal dampak negatif globalisasi, khususnya arus budaya asing di kalangan generasi muda. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui implementasi Profil Siswa Pancasila dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal, seperti yang ditemukan dalam seni Reog Bulkiyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal Reog Bulkiyo dan implementasinya dalam pendidikan karakter sesuai dengan Profil Siswa Pancasila. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis nilai-nilai ini melalui studi literatur dan wawancara dengan Asosiasi Reog Bulkiyo. Hasilnya menunjukkan bahwa Reog Bulkiyo mencerminkan nilai-nilai kearifan lokal seperti keberagaman budaya, nasionalisme, kerja sama saling menguntungkan, kemandirian, keagamaan, dan kreativitas, yang sejalan dengan dimensi karakter dalam Profil Siswa Pancasila. Dengan mengintegrasikan kearifan lokal Reog Bulkiyo dengan Profil Siswa Pancasila, pendidikan karakter dapat menjadi lebih relevan dan berbasis lokal, sehingga memperkuat identitas nasional. Integrasi ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga keberlangsungan nilai-nilai kearifan lokal di tengah arus globalisasi.

References

Alwasilah, dkk. (2009). Etnopedagogi, Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. PT Kiblat Buku Utama.

Andayani, A. M. dan D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Rosadakarya.

Dr. Aminuddin, S.Sos, M. (2020). Pancasila Dalam Bingkai Pemikiran Soekarno (Fondasi Moral Dan Karakter Bangsa). Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 34(8), 709.e1-709.e9.

Fadilla, R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Thomas Lickona pada Anak Usia Dini. Skripsi. IAIN Bengkulu, 1–87.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Kemdikbud. (2019). Reog Bulkiyo. Warisan Budaya Tak Benda Indonesia: Direktorat Warisan Dan Diplomasi Budaya.

Kemdikbud. (2020). Profil Pelajar Pancasila.

Mustofa, T., & Amar Muzaki, I. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(1), 134–139. https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.6800

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Rahayu, E. D. (2023). Pengembangan MISBULO (E-Modul Interaktif Sejarah dan Budaya Lokal): Reog Bulkiyo Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X MAN 1 Blitar. Universitas Negeri Malang.

Raihan, M. D., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 770–781. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2762

Rofiqoh, Z. K., & Rohmah, N. B. (2022). Dinamika dan Nilai Islam-Jawa dalam Kesenian Reog Bulkiyo di Desa Kemloko Tahun 1970-1999. JH (Jurnal Humaniora), 9(2), 136–148.

Saiful, Hamdi Yusliani, R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 721–740. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900

Saihu, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364

Sari, I. P., & Mufarohah. (2020). Analisis Nilai–Nilai Kearifan Lokal Kesenian Reog Bulkiyo Sebagai Pembelajaran Sosial Budaya Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX. Seminar Nasional Pendidikan IPS, 1(1).

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Alfabeta.

Triyanto, Mujiyono, & Pratiwinindya, R. A. (2022). Embracing Diversity Through the Values of Multicultural Education in “Masjid Menara Kudus” (Menara Kudus Mosque). Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020), 574(Iset 2020), 170–176. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211125.032

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Rahayu, E. D. ., & Arimbawa, A. A. G. R. . (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Reog Bulkiyo dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 478–485. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p478-485

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.