EPIC Visual Iklan Samsung berupa Webtoon Sera, I'm Sorry: Welcome to Our Galaxy terhadap Audiens

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1369-1385

Keywords:

webtoon, epic, samsung

Abstract

Abstract: This article aims to find the effectiveness of the Webtoon "Sera, IS: WTOG" as a Samsung ad when presented to the audience. The research method used is quantitative descriptive. The approach and data analysis that is used for this branded Webtoon is based on Nielsen’s EPIC model theory. Data collection is carried out through surveys as primary data and literature studies as secondary data. Data analysis is initiated from data collection through a number of survey questions that are answered by the audience related to empathy, persuasion, impact, and communication which are calculated on average based on the formula and associated with certain value range categories to determine the level of effectiveness. To determine the accuracy and suitability to the objectives of the study, the questionnaire was tested through the validity of Bivariate Pearson and the reliability of Cronbach's Alpha. The results show that "Sera, IS: WTOG" is effective in the dimensions of empathy, impact, communication and is quite effective in persuasion to advertise Samsung. The effectiveness of EPIC average dimensions of this Webtoon may come from the attractive and clear advertising concept consisting of illustrations, the use of text, layout arrangements, and color selection in character stories and products.

Keywords: Webtoon; epic; Samsung

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Webtoon “Sera, IS: WTOG” sebagai iklan Samsung berdasarkan EPIC model saat disajikan kepada audiens. Metode penelitian yang diperguna­kan adalah kuantitatif secara deskriptif. Pendekatan dan analisis data yang digunakan dalam pe­nelitian branded Webtoon ini didasarkan pada teori EPIC model A. C. Nielsen. Pengumpulan data dilakukan melalui survey atau kuesioner sebagai data primer, dan studi pustaka sebagai data sekunder. Analisis data dimuali dari pengumpulan data melalui sejumlah pertanyaan kuesioner yang dijawab audiens berkaitan dengan empathy, persuasion, impact, dan communication yang kemudian dihitung rata-ratanya sesuai rumus serta dikaitkan dengan kategori rentang nilai tertentu untuk mengetahui tingkat keefektifannya. Untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian terhadap tujuan penelitian, kuesioner diuji melalui validitas Bivariate Pearson dan reliabilitas Cronbach’s Alpha. Hasil analisis menunjukkan bahwa Webtoon “Sera, IS: WTOG” efektif dalam dimensi empathy, impact, dan communication serta cukup efektif dalam persuasion untuk mengiklankan produk Samsung. Efektif­nya rata-rata dimensi EPIC Webtoon ini dapat dikarenakan konsep iklan dibuat dengan ilustrasi, penggunaan teks, penataan layout, dan pemilihan warna pada cerita tokoh maupun produk yang didesain menarik dan jelas, sehingga dapat diinterpretasikan dengan baik dan mempengaruhi peningkatan pengetahuan Samsung pada audiens.

Keywords: Webtoon; epic; Samsung

References

Abdullah, F. (2019). Fenomena digital era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 4(1), 47–58. doi: https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4560

Adib, H. S. (2015). Teknik pengembangan instrumen penelitian ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Proceedings of Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi 2017, 139–157. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3054

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (content analysis). Research Gate, 5(9), 1–20. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/325965331

Anggraeni, L., Darmawan, C., Tanshzil, S. W., & Jubaedah, E. (2021). Promoting Ksatria Bela Negara comic through the Webtoon for the prevention and control Covid-19. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 138–147. doi: https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.39377

Durianto, D., Sugiarto, Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, C. M. (2017). Studi komparatif pengaruh perubahan tampilan visual desain interior gerai Coach terhadap minat beli konsumen di Surabaya. Jurnal INTRA, 5(1), 41–48. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/102517/studi-komparatif-pengaruh-perubahan-tampilan-visual-desain-interior-gerai-coach

Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2020). Strategi meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui citra merek, kualitas produk dan promosi pada pelanggan smarthphone Samsung. ProBank, 5(2), 214–226. doi: https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.727

Hidayat, S., & Rosidin, M. (2018). Visualisasi desain karakter mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual pada papan permainan kuliah Seni & Desain. Demandia: Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, 3(02), 278–289. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1552

Huda, A. M., Wirasari, I., & Nurbani, S. (2019). Perancangan promosi Samsung Galaxy A6. Proceedings of Art & Design, 6(2), 1553–1568. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/download/9478/9348

Hurlock, E. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Khairun, D. Y., & Hakim, I. Al. (2018). Analisis asesmen kebutuhan mahasiswa terhadap layanan dosen pembimbing akademik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(2), 179–186. doi: https://doi.org/10.30653/001.201822.36

Lestari, A. F., & Irwansyah. (2020). Line Webtoon sebagai industri komik digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134–148. Retrieved from http://jurnal.utu.ac.id/jsource/article/download/1609/1726

Margareta, Y., Pujiyanto, & Cendekia, D. A. (2022). The effectiveness of Sasa’s “ Welcome Back Micin Swag Generation ” advertisement on millenials. Journal of Language, Literature, and Arts, 2(2), 268–286. doi: https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p268-286

MiTi (Author), & GuGu (Illus.). (2018). Sera, I'm Sorry: Welcome to Our Galaxy [Webtoon comic]. Retrieved from https://www.Webtoons.com/id/romance/our-galaxy/list?title_no=3668&page=1

Mulyadi, M. (2013). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 71. doi: https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106

Murwonugroho, W., Piliang, Y. A., Agung, E. B. W., & Soenarto, P. (2011). Kajian visual pun dalam retorika visual digital ambient media di tengah ruang publik. Studi kasus: Iklan digital interaktif handphone Samsung. Proceedings of Konferensi Nasional “Inovasi Dalam Desain Dan Teknologi” ‐ IDeaTech 2011, 462–470. Retrieved from https://ideatech.istts.ac.id/proceeding2011/54-000028-01p_DKV WEGIG 462-470.pdf

Prihatmoko, S. (2022, May 13). Karakteristik desain iklan. Retrieved from http://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/KARAKTERISTIK-DESAIN-IKLAN/ceba136c90a5f5ebf9820f2677803af100469b5e

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. doi: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, I. B., & Nugraha, K. S. W. (2018). EPIC model: Efektivitas iklan destinasi wisata Kabupaten Banyuwangi terhadap minat berkunjung. Management Insight, 13(2), 8–26. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/Insight/article/view/7729

Suyanto, M. (2004). Aplikasi desain grafis untuk periklanan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Syafuddin, K. (2020). Komik digital sebagai media advertising di dunia virtual. Jurnal Purnama Berazam, 2(1), 54–68. Retrieved from http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/183

Tamara, F. A. (2019). Pengaruh daya tarik di Line Webtoon terhadap sikap konsumen (Unpublished undergraaduate thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/20287/

Yonkie, A., & Ujianto, A. N. (2017). Unsur-unsur grafis dalam komik web. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 2(2), 123–134. doi: https://doi.org/10.25105/jdd.v2i2.2184

Yunanto, H. Y., & Heryanto, N. Y. (2020). Analisis pendekatan timeframing pada komik sejarah. Proceedings of KOMA DKV 2020, 1, 309–314. Retrieved from http://ojs.uph.edu/index.php/KOMA-DKV/article/view/3039

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Stiawan, I. N. A., Irawanto, R., & Cendekia, D. A. (2022). EPIC Visual Iklan Samsung berupa Webtoon Sera, I’m Sorry: Welcome to Our Galaxy terhadap Audiens. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1369–1385. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1369-1385

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)