Media Kartu Berbasis Quick Response Code (QR Code) untuk Pengenalan Bunyi Dasar Huruf Hijaiyah

Authors

  • Sari Ailla Rosidah Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Munjin Nasih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1217-1229

Keywords:

Hijaiyah, media pembelajaran, QR Code, TPQ

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media kartu berbasis Quick Response Code (QR Code) sebagai pengenalan bunyi dasar huruf hijaiyah untuk siswa pemula di TPQ Al-Ishlah dan menjelaskan kelayakan produk hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan jenis model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk yang dikembangkan divali­dasi oleh ahli media, ahli materi, guru TPQ Al-Ishlah dan sebagian siswa TPQ Al-Ishlah. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan wawancara. Hasil pengembangan ini berupa 30 kartu huruf hijaiyah berharakat dan tidak berharakat yang dilengkapi dengan QR Code yang terhubung dengan video bunyi dasar huruf hijaiyah. Hasil validasi media mendapatan hasil 70,67 persen (valid) dan validasi materi sebesar 100 persen (sangat valid). Tingkat kelayakan media oleh guru TPQ Al-Ishlah dan mendapatkan hasil 95 persen (sangat layak) sehingga media kartu berbasis QR Code yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan.

Kata kunci: Hijaiyah; kartu; media pembelajaran; QR Code; TPQ

Quick Response Code (QR Code)-based Card Media for Basic Recognition of Hijaiyah Letter Sounds

This research aims to create a media card-based by using quick response code (QR Code) as the introduction of the hijaiyah root sound for new students on TPQ Al- Ishlah and to explain the producability of development. This study used an ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The products developed were tested by the media experts, materials experts, TPQ Al-Ishlah teachers, and some students of TPQ Al-Ishlah. This type of research data is quantitative and qualitative. The data collection technique was done by distributing questionnaires and conducting several interviews. As the result, this result produced a total of 30 off-count hijaiyah alphabets with QR Code that have been linked to the hijaiyah base sound video. Media validation resulted 70.67 percent which categorized as valid and 100 percent which categorized as highly valid. The level of appropriateness of this media by TPQ Al-Ishlah teachers resulting 95 percent (very appropriate). THis implied that this QR Code card-based media is valid and usable.

Keywords: Hijaiyah; cards; learning media; QR Code; TPQ

References

Amrullah, F. (2008). Ilmu Al-Qur’an untuk Pemula. Artha Rivera.

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (4 ed.). Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Ataji, H. M. K., & Sujarwanta, A. (2020). Analisis Pentingnya Pengembangan Modul Berbasis Video Assis-tant Menggunakan Link QR Code Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadis Materi SMA Sistem Reproduksi Manusia. Biolova, 1(1), 10.

Dini, L. A., Muryani, S., & Nisa, K. (2019). Aplikasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Sebagai Media Pembelajaran Anak. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(4), 334. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1381

Drljača, D., Latinović, B., Stanković, Ž., & Cvetković, D. (2017). ADDIE Model for Development of E-Courses. Proceedings of the International Scientific Conference - Sinteza 2017, 242–247. https://doi.org/10.15308/Sinteza-2017-242-247

Fatkiyah, Fatkiyah. (2019). Implementasi Metode Iqra’ dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dan Aktifitas Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal eL-Tarbawi, 12(1), 93–110.

Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317

Hernawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Is-lam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Mashuri, M., & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 346. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2368

Mustakim, Sartika, Walanda, D. K, & Gonggo, S. T. (2013). Penggunaan QR Code dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur pada Kelas X SMA Labschool UNTAD. Jurnal Akademika Kimia, 2(4), 215–221.

Nugraha, M. P. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Ber-bentuk Image. Konferensi Nasional Informatika, 148–155.

Rahmawati, A., & Rahman, A. (2011). Sistem Pengamanan Keaslian Ijasah Menggunakan QR-Code dan Algo-ritma Base64. 1(2), 9.

Solihati, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Permainan Huruf Kartu Hijai-yah. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 228–236.

sugiono, S. (2016). Metode Penelitiyan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, G., Lumbang, K., & Probolinggo, K. (2019). Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Dengan Teknologi Augmented Reality ( AR ) Pada Buku. 2, 148–154.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tanfidiyah, N. (2017). Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Baca Tulis Alquran pada Anak Usia Dini. An-nual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 12.

Thayalisi, A. Z. (2021). Pengembangan Media Kode QR (Quick Respon pada Pembelajaran Tajwid Materi Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin di Pondok Pesantren Riyadul Awamil Curug Kota Semarang. http://repository.uinbanten.ac.id/7248/

Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Mem-baca AL-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 44. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54

Ummah, S., & Wafi, A. (2017). Metode-Metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Quran Bagi Anak Usia Dini. ACIECE, 2, 121–134.

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12023

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Rosidah, S. A. ., & Nasih, A. M. . (2023). Media Kartu Berbasis Quick Response Code (QR Code) untuk Pengenalan Bunyi Dasar Huruf Hijaiyah . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(8), 1217–1229. https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1217-1229

Issue

Section

Articles