Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Bergambar pada Siswa TK El Mu’jizah Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1682-1695

Keywords:

kartu bergambar, huruf hijaiyyah , TK El Mu’jizah , pembelajaran bahasa Arab

Abstract

Abstract: The Arabic teaching style for young children differs greatly from the teaching styled for pupils in elementary school and higher education level. Fundamentally, children only need to know a foreign language without learning it, earnestly. At Mu'jizah Kindergarten Malang, although Arabic program is one of its top program, some children in group B still did not know nor understand hijaiyah letters, hindering the practice of Arabic and limiting children's learning outcomes. The purpose of this study is to investigate the effects of flashcard media on kindergarten students’ hijaiyah writing skills improvement. This study used classroom action research method with two cycles. The obtained results suggested that the hijaiyah writing learning with flashcards media has been carried out, properly as shown from the increased teacher and student activity. Besides, we obtained significant results after the use of flashcard media in each learning cycle, with 0 learning result in pre-cycle, followed by 38.46 and 76.92 percent score in the first and second cycle, respectively.  

Keywords: flashcards; writing; hijaiyyah letters

Abstrak: Cara mengajar bahasa Arab untuk anak usia dini sangat berbeda caranya dengan mengajar bahasa Arab pada anak di tingkat SD, SMP, atau SMA. Pada dasarnya, anak-anak hanya perlu tahu bahasa asing tanpa harus mempelajari semuanya. Objek penelitian ini adalah hasil belajar menulis huruf hijaiyyah kelompok B di TK El Mu’jizah Malang. Program unggulan TK El Mu’jizah adalah bahasa Arab namun terdapat beberapa anak kelompok B yang sama sekali belum mengenal dan paham huruf hijaiyyah, sehingga menghambat praktik bahasa Arab dan menurunnya hasil belajar anak. Maksud dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses-proses menulis huruf hijaiyyah bersam­bung menggunakan media kartu bergambar dan menjelaskan peningkatan hasil praktik menulis huruf hijaiyyah kelompok B di TK El Mu’jizah Malang dengan menggunakan kartu ber­gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu bergambar dalam pembelajaran menulis huruf hijaiy­yah bersambung terlaksana dengan baik, buktinya adalah meningkatnya aktivitas guru dan siswa. Hasil setelah dilakukannya penggunaan media kartu bergambar dalam pembelajaran pada tiap siklusnya memiliki hasil yang sangat signifikan, yaitu pada prasiklus dengan hasil BSB 0 persen, Siklus I dengan hasil BSB 38,46 persen dan Siklus II dengan hasil BSB 76,92 persen.

Kata kunci: kartu bergambar; menulis; huruf hijaiyyah

References

Amini, N., & Suyadi. (2020). Media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak usia dini. PAUDIA, 9(2), 119–129. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6702

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Data Pokok Pendidikan. (2022, April 05). Data TK provinsi Jawa Timur. Retrieved from https://dapo.kemdikbud.go.id/

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) melalui penggunaan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107–126. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3496

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal kosakata bahasa Arab melalui permainan kartu. Journal for Education Research, 1(1), 46–54. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/6

Hamid, A. (2013). Mengukur kemampuan bahasa Arab untuk studi Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Hariyani, F. (2016). Meningkatkan keterampilan menulis huruf pada anak usia dini Kelompok B dengan menggunakan media gambar. Jurnal Usia Dini, 2(1). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/9292

Heryanti. (2020). Penggunaan media pembelajaran kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi mengidentifikasi benua-benua pada pembelajaran IPS di kelas VI SDN Sukadanau 05 kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 8(4), 82–93. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/325541/penggunaan-media-pembelajaran-kartu-bergambar-untuk-meningkatkan-kemampuan-siswa

Hukmi, & Wilson. (2012). Penggunaan media pembelajaran kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kesiapan membaca awal anak usia 3-4 tahun pada Kelompok Bermain di Taman Kanak-Kanak Labor PG PAUD FKIP Universitas Riau. EDUCHILD, 01(1), 41–49. Retrieved from https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1623

Kustiawan, U. (2013). Sumber dan media pembelajaran anak usia dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Mu'alimah, S. (2020). Pemanfaatan kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal dan menulis huruf hijaiyyah pada anak usia dini di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus (Unpublished undergraduate thesis, IAIN Kudus, Kudus). Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/4010

Muradi, A. (2015). Pembelajaran menulis bahasa Arab dalam perspektif komunikatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Mustari, R. E. N., Akib, T., & Amri, N. A. (2020). Media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata Inggris anak di TK Teratai UNM Makassar. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 8–14. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/13008/8498

Nasution, W. J. (2020). Studi kasus kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Kautsar Kab. Padang Lawas (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan, Medan). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44809

Nufus, H. (n.d.). Model pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini. Retrieved from https://studylibid.com/doc/814570

Nurdiani, Y. (2013). Penerapan prinsip bermain sambil belajar dalam mengembangkan multiple inteligencia pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Empowerment, 2(2), 85–93. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/601

Nurhayati, A. A. (2022). Pengenalan huruf hijaiyyah melalui media kartu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183–2191. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1850

Sahrah. (2019). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka dan kartu bergambar pada anak kelompok A TK Asmaul Husna NW Embung Raja. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 293–302. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/400

Sanjaya, H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Prenada Media.

Suhati, C., Marmawi R., & Lestari, S. (2014). Peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(9), 1–14. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6442

Sumiati, Fadillah, & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui aneka media pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10), 1–16. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6839

Syah, I. J. (2019). Pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing terhadap anak usia dini. JCE: Journal of Childhood Education, 2(1), 1–16. doi: https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14

Ummah, S. R., & Shodiqoh, M. (2021). Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan media kartu bergambar pada kelompok A RA Al-Hidayah Kesamben. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 29–34. Retrieved from https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/alzam/article/view/134

Wahyuni, A. S. (2016). Pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap perkembangan kemampuan membaca permulaan anak usia dini (Undergraduate thesis article, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri). Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.01.11.0064

Yuliani, N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Amelia, A., & Nasih, A. M. . (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Bergambar pada Siswa TK El Mu’jizah Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(12), 1682–1695. https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1682-1695

Issue

Section

Articles