Problematika Penerapan Model Hybrid Learning pada Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa di Departemen Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1255-1271

Keywords:

hybrid learning, problematika, keterampilan berbahasa

Abstract

Abstract: Even if hybrid learning has been positioned as one of the learning model solutions in the new normal era, it is indisputable that it still faces several application-related challenges. This study describes the implementation of hybrid learning models in language skills courses at the Department of Arabic, Universitas Negeri Malang, along with its challenges. This study used a descriptive qualitative meth­od and involved students from the 2021 intake and lecturers of language skill courses. We garnered data through observation, interviews, open questionnaires, and documentation. Mean­while, for the instruments, we used observation sheets, along with the interview, questionnaire, and documenta­tion guidelines. The results show that the hybrid learning implemented in the Department of Arabic consists of learning planning (construction of lesson plan), learning implementation (containing preliminary, core, and closing activities), and learning assessment (subsisting of student participa­tion, individual or group tasks, mid-term, and final examination). Besides, we observed two central issues related to the implementation of the hybrid learning model, namely linguistic and non-linguis­tic constraints. The language constraints include language sounds, vocabulary, writing, and Arabic rules. At the same time, non-linguistic problems contain network issues, student psychology, student individual differences, facilities and infrastructure, less varied methods and media, and limited time.

Keywords: hybrid learning; problematic; language skills

Abstrak: Hybrid learning dianggap sebagai salah satu solusi model pembelajaran di era new normal, namun tidak dapat dipungkiri masih mengalami beberapa kendala dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan problematika penerapan model hybrid learning pada mata kuliah keterampilan berbahasa di Departemen Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Departemen Bahasa Arab angkatan 2021 dan dosen pengampu keterampilan berbahasa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket terbuka, dan doku­mentasi. Instrumen penelitian meliputi, lembar observasi, pedoman wawancara, pedoman angket, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan (a) pembelajaran hybrid yang terdiri dari perencanaan pembelajaran dengan pembuatan RPS, pelaksanaan pembelajaran memuat kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, serta penilaian yang berasal dari partisipasi mahasiswa, tugas indivi­du, tugas kelompok, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester; dan (b) Problema­tika yang ditemukan terkait pembelajaran keterampilan berbahasa model hybrid ini ada dua jenis, yaitu keba­hasaan dan non kebahasaan. Kendala kebahasaan mencakup bunyi bahasa, kosakata, penulisan, dan kaidah-kaidah bahasa Arab. Sedangkan problematika non kebahasaan yaitu kendala jaringan, psi­kologis mahasiswa, perbedaan individu mahasiswa, sarana dan prasarana, metode dan media yang kurang bervariasi, dan waktu yang terbatas.

Kata kunci: hybrid learning; problematika; keterampilan berbahasa

References

Abdurrahman‎. (2021). مشکلات تطبيق التعليم الالکتروني لدى متعلمي اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى–دراسة ميدانية. مجلة کلية التربية (أسيوط), 37(9), 51–80. Retrieved from https://mfes.journals.ekb.eg/article_198035.html

Ahmadi, & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi pembelajaran bahasa Arab konvensional hingga era digital. Yogyakarta: Ruas Media. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2599/

Akla. (2021). Arabic learning by using hybrid learning model in university. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(1), 32–52. doi: https://doi.org/10.24042/albayan.v13i1.7811

Ananda, R. (2019). Perencanaan pembelajaran (Amiruddin, Ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6719

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar model pembelajaran blended learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1201

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. doi: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Aziz, F., & Mahyudin, E. (2012). Pembelajaran bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan berbahasa Arab dengan pendekatan komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. doi: https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(2), 179–196. doi: https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181

Corinna, D. F., Rembulan, I., & Hendra, F. (2020). Problematika pembelajaran bahasa Arab secara daring: Studi kasus mahasiswa program studi bahasa dan kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(2020), 569–578. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/691

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. (2020). Surat edaran nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Retrieved from https://dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/surat-edaran-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-semester-genap-tahun-akademik-2020-2021/

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran bahasa Arab: Problematika dan solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 161–180. doi: https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137

Fitri, W. E., Rasidin, R., & Sanjaya, B. (2020). تعلم اللغة العربية أثنَاء جائحة مرض فيروس كورونا-2019 في المدرسة التانوية احمد دحلان جامبي. Jurnal Al-Tarqiyah Pendidikan Bahasa Arab, 30–44. Retrieved from http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8271

Hendra, F. (2018). Peran organisasi mahasiswa dalam meningkatkan mutu pembelajaran keterampilan berbahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 103–120. doi: https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7480

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi model hybrid learning pada proses pembelajaran mata kuliah Statistika II di prodi Manajemen FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). doi: https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430

Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. An-Nida’, 37(1), 82–88. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315

Hilmi, D., & Ifawati, N. I. (2020). Using blended learning as an alternative model of Arabic language learning in the pandemic era. Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(2), 117–129. doi: https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.294

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). Surat Keputusan Bersama (SKB) panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Khansa, H. Q. (2016). Strategi pembelajaran bahasa Arab. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab, 2(2016), 53–62. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/23/21

Lestina, U., & Lubis, A. A. (2019). تحليل المهارة اللغة العربية في التلاميذ. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan dan Bahasa Arab, 7(2), 1–15. doi: https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v7i2.2208

Marsiah, Wahdah, N., & Wulandary, A. (2019). مشكلات تعلّم مهارة الكلامعبر سمات الشخصية الانبساطية والانطوائية لطلاب قسم تعليم اللغة العربية بجامعة بالنكاريا الإسلامية الحكومية [The problem of students’ Arabic speaking skill across extoversts and introverts personality traits]. Proceedings of Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab XII, 383–396. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2797/

Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran kosa kata untuk mahasiswa kelas intensif bahasa Arab. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 13–24. doi: https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.7

Mustofa, N. A. (2022). تعليم النحو عبر الإنترنيت في قسم تعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/37143/

Nasution, A. (2022). ابتكار المعلم في تعليم اللغة العربية من خلال نموذج التعلم الهجين في المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية-باتو جاوى الشرقية (Master’s thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/34524/

Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Buku model blended learning. Palembang: Anugrah Jaya. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/26576/

Rathomi, A. (2020). Maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab. Tarbiya Islamica: Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam, 1(1), 1–8. Retrieved from http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/TarbiyaIslamica/article/view/89/78

Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19–26. doi: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Rohman, F. (2014). Strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 63–78. doi: https://doi.org/10.15408/a.v1i1.113

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Bandung: Alfabeta.

Universitas Negeri Malang. (2020). Pedoman pendidikan (2020 ed.). Retrieved from https://um.ac.id/wp-content/uploads/2021/03/Pedoman-Pendidikan-Edisi-2020_Final.pdf

Wulan, R., Saputra, S., & Bachtiar, Y. (2021). Formulasi hybrid model pembelajaran virtual dalam masa transisi menuju new normal. Jurnal PkM, 4(6), 594–601. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/10228

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Ummah, A. T., & Nasih, A. M. . (2022). Problematika Penerapan Model Hybrid Learning pada Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa di Departemen Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1255–1271. https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1255-1271

Issue

Section

Articles