Pembelajaran Nahwu Sharaf Metode Amtsilati Di Asrama Yayasan Doktor Fauzan Tengguli Bangsri Jepara

Authors

  • Fitrotul Ulya Ahmad Hanafi Universitas Negeri Malang
  • Laily Maziyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1093-1106

Keywords:

metode Amtsilati, perencanaan, pelaksanaan; penilaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajar­an nahwu sharaf dengan metode Amtsilati di Asrama Yayasan Doktor Fauzan Tengguli Bangsri Jepara (AYDFTBJ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawan­cara, observasi, serta dokumentasi. Subjek penelitiannya ialah Guru dan Santri Amtsilati. Teknik analisa datanya dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian, serta pengambilan kesimpulan. Bahan ajar pembelajaran dengan buku Amtsilati jilid 1-5, metode pembelajaran dengan ceramah, serta media pembelajaran dengan papan tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan, guru hanya menentukan pembagian kelas dan pengajar serta tidak membuat RPP secara tertulis dan terperinci sebab tujuan, metode, bahan ajar, dan penilaian telah ditentukan oleh Amsilati. Dalam kegiatan pembelajaran, terdapat beberapa aktifitas yakni: (1) pembukaan sesuai petunjuk Amtsilati, (2) penyampaian materi Jilid 1 hingga jilid 5 yang berfokus pada penguatan contoh dan praktik, (3) penugasan untuk praktek memberi harakat dan makna pada kalimat bahasa Arab, dan (4) penutup dengan bacaan do’a dan hamdalah serta mengakhiri dengan salam. Selanjunya, penilaian dilaksanakan melalui dua cara yakni tes secara tulis dan lisan. Tes tulis seperti menger­jakan soal-soal esai seputar materi buku Amtsilati, memberi harakat dan makna kalimat bahasa Arab. Sedangkan tes lisan berupa setoran hafalan rangkuman Alfiyah Ibnu Malik (khulasah) dan rumus-rumus qa’idati.

Kata kunci: metode Amtsilati; perencanaan; pelaksanaan; penilaian

Learning Nahwu Sharaf with Amtsilati Method at Doktor Fauzan Foundation Dormitory Tengguli Bangsri Jepara

This study aims to explain the planning, implementation, and assessment of nahwu sharaf learning with the Amtsilati method at the Yayasan Doktor Fauzan Tengguli Bangsri Jepara  Dormitory (AYDFTBJ). This research uses a qualitative descriptive method. Data were obtained through interviews, observation, and documentation. The research subjects were Amtsilati teachers and students. The data analysis technique is by collecting data, reducing data, presenting, and drawing conclusions. Learning teaching materials with Amtsilati volume 1-5 books, learning methods with lectures, and learning media with blackboards. The results showed that in planning, teachers only determine the division of classes and teachers and do not make written and detailed lesson plans because the objectives, methods, teaching materials, and assessments have been determined by Amsilati. In learning activities, there are several activities, namely: (1) opening according to Amsilati instructions, (2) delivery of material volume 1 to volume 5 which focuses on strengthening examples and practice, (3) assignments to practice giving harakat and meaning to Arabic sentences, and (4) closing with reading prayers and hamdalah and ending with greetings. Furthermore, assessment is carried out in two ways, namely written and oral tests. Written tests such as working on essay questions about Amtsilati book material, giving harakat and meaning to Arabic sentences. While the oral test is in the form of a deposit of memorising the summary of Alfiyah Ibn Malik (khulasah) and qa'idati formulas.

Keywords: Amtsilati method; planning; implementation; evaluation

References

Al Aridl, A, H. (1994). Sejarah dan Metodologi Tafsir. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Al-Mas’udi. (2015). Bitrukulat Tanwi’ at-Tadriis fii Istiratijiyyat wa Tara’iqi at-Tadris: Daar Al-Manhajiyah.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (1998). Madkhal ila Thuruqi Ta’lim al-Lugah al-Ajnabiyah. Ujung Pandang: Al-Ahkam.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Badruzzaman, A. D. (2017). Implementasi Metode Amtsilati dalam Meninkatkan Kemampuan Mem-baca Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru Kalimantan Selatan).

Dodi, L. (2013). Metode Pengajaran Nahwu Shorof; ber-Kaca dari Pengalaman Pesantren. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 1(1), 100-122.

Fakhrurrozy, M. I. (2018). Nahwu dan Shorof Perspektif Pembelajar Bahasa Kedua. Jurnal Online Universitas Negeri Malang Issn 2598-0637, 105.

Ghafir, M. A. (2019). Analisis Metodologi Pengajaran yang diaplikasikan Kitab Amtsilati Karya Tau-fiqul Hakim dalam Mempelajari Tata Bahasa Arab. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 10(2), 211-224.

Hakim, A. R. (2014). Mempermudah pembelajaran ilmu nahwu pada abad 20. Jurnal Al Maqayis, 1(1).

Hakim, T. (2004).Tawaran Revulusi. PP Darul Falah. Jepara. hlm.14

Hakim, T. (2003). Amtsilati. Jepara: Alfalah Offset.

Hakim, T. (2004). Amtsilati: Metode Praktis Mendalami Al-Qur’an dan membaca Kitab Kuning. Jepa-ra: Al-Falah Offset

Hanafy, M, S. (2014) Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, 17(1): 66-79.

Hidayah, B. (2018). Penerapan Metode Amtsilati Dalam Penguasaan Kitab Kuning Di Pesantren Putri Al-Amanah Tambakberas Jombang. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 224-247.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida', 37(1), 82-88.

Kartini (1987). Kamus Psikologi. Bandung: CV Pioner Jawa.

Kawakib, N. (2018). Pembelajaran kitab kuning metode Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal.

Kemendikbud. (2005). Standar Nasional Pendidikan Perguruan Tinggi dalam PP No. 19 Tahun 2005 ayat (1) Bab standar proses.

Martinis, A. & Maisah. (2012). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pem-belajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Misbah, M. (2006). Taufiqul Hakim “Amtsilati” dan Pengajaran Nahwu-sharaf. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(3), 389-407.

Mulham, S, M. (2009). Al-Qiyas wa at-Taqwim fii at-Tarbiyah wa Ilmi an-Nafsi. Oman Al-Ardan: Daar al-Masiirah.

Muttaqin, Z, M. & Kusaeri. (2017). Pengembangan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian un-tuk pembelajaran PAI berbasis masalah materi fiqih. Jurnal Tatsqif. 15(1), 1-23.

Nurohmah, S. (2019). Penggunaan Metode Amtsilati Dalam Pembelajaran Qowa’id (Nahwu dan Sharaf) Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Kabupaten Banyumas (Disertasi, IAIN Purwokerto).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keis-laman, 3(2), 333-352.

Putra, A. Y. (2014). Penerapan metode amtsilati dalam pembentukan karakter Islami siswa di PP Da-rul Falah Bangsri Jepara.

Qodir, A. (2002). Ta’lim Al-Lughoh Al-Arabiyah wa Ta’lim Al-Muta’adid. Ribath: Ma’had Ad-Dirosah wal Abhas Li-Ta’rib.

Rahma, A. (2020). Implementasi metode Amtsilati dalam membaca kitab kuning di Pondok Pe-santren Nurul Karomah Galis Madura (Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ib-rahim).

Ramadan, A. A. P. (2016). Peran ilmu nahwu shorof dalam meningkatkan belajar Qur’an Hadits (studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional, hlm. 6.

Ruhimat, M. (2018). Kompetensi pembuatan instrumen pengukuran hasil belajar oleh guru IPS SMP di kota Bandung. Lentera Pendidikan. 21(2): 176-187.

Sholehuddin, A., & Wijaya, M. (2019). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemam-puan Maharah Qiro’ah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 47-64.

Sufa, A. F. (2017). Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pe-santren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), 169-186.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif, Jakarta: Kencana.

YDF. (2018). Boarding School SMA Islam Nusantara Berbasis Amtsilati, https://smaislamnusantara.com/2018/01/20/boarding-school-sma-islam-nusantara-berbasis-amtsilati/. Diakses tanggal 22 April 2021.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Ahmad Hanafi, F. U., & Maziyah, L. . (2023). Pembelajaran Nahwu Sharaf Metode Amtsilati Di Asrama Yayasan Doktor Fauzan Tengguli Bangsri Jepara. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(8), 1093–1106. https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1093-1106

Issue

Section

Articles