Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Buku Pop Up untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ahmad Affan Haris Universitas Negeri Malang
  • Laily Maziyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i62022p822-837

Keywords:

buku Pop Up, pembelajaran kosakata, bahasa Arab, ADDIE

Abstract

Abstract: Vocabulary mastery (mufradat) is the main focus of learning Arabic at the Madrasah Ibtidaiyah level, this is according to KMA Number 183 of 2019. Therefore, researchers conducted research by developing a Pop Up book as a medium for learning vocabulary in class V. The purpose of this research is to produce a Pop Up book and describe its feasibility as a medium for learning vocabulary in class V of Madrasah Ibtidaiyah. The researchers use the ADDIE development model as a research method, by adding a validation test of media and material experts at the development stage. This research produces a Pop Up book whose material is arranged based on the curriculum in the Al-'Ashri Arabic book. This Pop Up book that was developed received a very decent title (94 percent) from material experts and a very decent title (90 percent), from media experts. After being tested on a small scale to class V MI students and Arabic teachers, this product received a very good response with an average score of 92.8 percent from students and 96 percent from teachers.

Keywords: Pop Up book, vocabulary learning, Arabic language, ADDIE

Abstrak: Penguasaan kosakata (mufradat) merupakan fokus utama pembelajaran bahasa Arab pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, hal ini sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019. Oleh karenanya, peneliti melakukan penelitian dengan mengembangkan buku Pop Up sebagai media pembelajaran kosakata di kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku Pop Up dan mendeskripsikan kelayakannya sebagai media pembelajaran kosakata di kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai metode penelitian, dengan menambahkan uji validasi ahli media dan materi pada tahap pengembanganannya. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku Pop Up yang materinya disusun berdasarkan kurikulum yang ada di buku bahasa Arab Al-‘Ashri. Buku Pop Up yang dikembangkan ini mendapat predikat sangat layak (94 persen dari ahli materi dan predikat sangat layak (90 persen), dari ahli media. Setelah dilakukan uji coba dengan skala kecil kepada siswa kelas V MI dan guru bahasa Arab, produk ini mendapat respon yang sangat baik dengan skor rata-rata 92,8 persen dari siswa dan 96 persen dari guru.

Kata kunci: buku Pop Up, pembelajaran kosakata, bahasa Arab, ADDIE

References

Adriani, E. Y., Subyantoro, S., & Mardikantoro, H. B. (2018). Pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I SD. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 27–33. doi: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.445

Al-Faruq, U. (2015). Pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab untuk penutur asing. Ta’limul Lughah Arabiyah, 5(2), 1–20.

Andika, M. A., & Mahmud. (2018). Permainan “JENGA” sebagai media pembelajaran Mufrodat siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Luqman Al-Hakim Batu. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab IV, 254–261. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/275

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (4th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, N. (2020). Web-based crossword development to improve vocabulary mastery of Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sidoarjo students/تطوير الكلمات المتقاطعة على أساس ويب …‎. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 4(2), 232–244. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/view/16791

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-up books a guide for teachers and librarians (1st ed.). Santa Barbara: ABC-CLIO, LLC.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar (4th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan komik Akidah Akhlak untuk meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17–26. doi: https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817

Fatah, A. (2016). Inovasi pembelajaran bahasa Arab (respon, tantangan dan solusi terhadap perubahan). Arabia, 8(1), 1–28. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/1942

Jamilah, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran power point ispring presenter pada materi kosakata bahasa Arab peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141–154. doi: https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi (sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan). Jakarta: Akademia Permata.

Madaniah, M., Murtadho, N., & Nurhidayati. (2020). Developing the digital and non-digital (Arabic-Indonesian) bilingual dictionary to improve the vocabulary proficiency of Islamic Elementary School students/تطوير …‎. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 4(2), 182–202. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/view/17285

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Mintorogo, J. M., Adib, A., & Suhartono, A. W. (2014). Perancangan media interaktif pengenalan alphabet berbasis alat permainan edukatif untuk anak usia 2-4 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 13. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1964

Muhammady, A. (2021). Pentingnya kosakata dalam pembelajaran empat kemampuan berbahasa. ’Arabiyya: Jurnal Studi Bahasa Arab, 10(1), 115–130. doi: https://doi.org/10.47498/arabiyya.v10i1.538

Munir. (2017). Perencanaan sistem pengajaran bahasa Arab (1st ed.). Jakarta: Kakilangi Kencana.

Murtadho, N. (2008). Penyelarasan materi dan model RPP bahasa Arab untuk pendidikan dasar dan menengah. Bahasa dan Seni, 36(2), 220–229. Retrieved from https://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Penyelarasan-Materi-dan-Model-RPP-Bahasa-Arab-untuk-Pendidikan-Dasar-dan-Menengah-Nurul-Murtadho.pdf

Mustofa, S. (2011). Strategi pembelajaran bahasa Arab inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.

Nurchasanah, E., & Zukhaira. (2020). ABATAMA (Al Abwab At Tahwiliyah Al Maudhi’iyah): Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab untuk anak TK/RA di kota Semarang. Taqdir, 6(2), 117–134. doi: https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6567

Sitepu, B. (2015). Penulisan buku teks pelajaran (3rd ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syukur, H., & Mulyawan, S. (2019). Penggunaan media pop up book dan pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam memahami teks-teks bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 53–77. doi: https://doi.org/10.24235/ibtikar.v8i1.4655

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di SD/MI. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120. doi: https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.405

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan media komik IPA untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter peserta didik SMP. Journal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24–35. doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Haris, A. A. ., & Maziyah, L. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Buku Pop Up untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(6), 822–837. https://doi.org/10.17977/um064v2i62022p822-837

Issue

Section

Articles