Cerita Anak Mamlakah Al-’Adl Karya Ismail Abdul Fatah: Analisis Struktural

Authors

  • Istatik Hidayatus Sholikhah Universitas Negeri Malang
  • Ibnu Samsul Huda Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p272-287

Keywords:

Analisis Struktural, Cerita Anak, Ismail Abdul Fatah, Mamlakah Al-’adl

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita anak Mamlakah Al-’adl karya Ismail Abdul Fatah beserta keterkaitan antar unsurnya.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kajian struktural. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) tema mayor dalam cerita ini adalah kebaikan yang membawa keberkahan, yang dapat melahirkan kebaikan-kebaikan yang lain, adapun tema minornya adalah tanggung jawab, kemiskinan, tolong menolong, keserakahan, dan keajaiban. (b) pada cerita ini menggunakan alur campuran. (c) tokoh utamanya adalah Mansur, sedangkan tokoh tambahannya adalah Syekh Mas’ud, Kahramanah, Murjanah, Bahiyyah, Bahlul, Induk Burung, dan Burung Yasmin. (d) latar tempatnya berada di gubuk, tepi sungai, pinggiran hutan, rumah Bahiyyah, hutan, tengah jalan, tempat kuno, dan Istana dengan berlatar waktu pada pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari, serta berlatar sosial tentang tentang di suatu kerajaan yang dahulunya dipimpin oleh seorang raja yang adil, hingga suatu hari kerajaan tersebut menghilang karena perbuatan orang-orang jahat yang telah merebut kekuasaan kerajaan secara paksa (e) sudut pandangnya adalah orang ketiga. Pada unsur-unsur intrinsik dalam cerpen ini memiliki keterkaitan yang padu antara satu dengan yang lainnya dalam membangun cerita.

References

Ainin. (2013). Metode penelitian Bahasa Arab. Malang: Bintang Sejahtera.

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: Djiwa Amarta Press.

Fatah, I. A. (2018). Mamlakah Al’adl. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Febriana, T. E. (2018). Analisis Unsur Intrinsik (Tokoh, Alur, dan Latar) Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Novel 9 Summers 10 Autumns Karya Iwan Setyawan untuk Siswa SMP Budi Mulia Minggir Kelas VIII Se-mester II (Skripsi). Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Mahliatussikah, H. (2018). Pembelajaran Prosa: Teori dan Penerapan dalam Kajian Prosa Arab. Malang: UM Press.

Muhammad Fadhil. (2017). Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen I’tirafat Rajulin Mu’aridin Dalam Antologi Cerpen Al-Ju Yaf’alu Aksar Karya Abd Ar-Rahim Nassar: Analisis Struktural Robert Stanton. Yogyakarta: FIB UGM.

Nurgiyantoro, B. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Prasetya, B., & Setiawan, R. (2024). Relevansi Tema dalam Cerita Rakyat Kalantika dengan Realitas Sosial Masyarakat Kalimantan. Jurnal Studi Kebudayaan, 8(2), 87-98.

Putri, S. A., & Wahyuningsih, E. (2022). Analisis Wacana Kritis Novel 9 Summers 10 Autumns Karya Iwan Setyawan. Jurnal Ilmu Budaya, 10(2), 123-135.

Ramadhan, H. H., Effendy, C., & Syam, C. (2016). Analisis Tema, Amanat, dan Fungsi Cerita dalam Kumpulan Cerita Rakyat Kalantika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5). Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15465

Sangidu. (1997). Analisis Struktural Cerita Pendek A’sh Shabiyyul-A’RAJ. Jurnal Humaniora. Diakses dari https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/1869/1676

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansya, D. (2018). Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana. Jurnal Parole: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2). Diakses dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/79/pdf

Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Ulhaq, D. (2018). Analisis Unsur Intrinsik Novel berjudul Lail wa qudhban Karya Najib Al-Kailani (Skripsi tidak diterbitkan). Jambi: FIB UNJA.

Wahdany, D. (2019). Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen As-Sultan dalam Antologi cerpen Asy-Syaitanu Ya’izu karya Najib Mahfuz (Skripsi tidak diterbitkan). Yogyakarta: FIB UGM.

Wardhani, N. A., & Sari, I. P. (2023). Pengaruh Nilai-nilai Budaya Jepang dalam Cerpen Koroshiya Desunoyo Karya Hoshi Shinichi. Jurnal Kajian Budaya, 5(1), 45-56.

Yusuf, N. H. (2016). Hubungan Antar Unsur Intrinsik Cerpen Koroshiya Desunoyo Karya Hoshi Shinichi (Skripsi diterbitkan). Universitas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/51175/1/Skripsi_Full.pdf

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sholikhah, I. H. ., & Huda, I. S. . (2024). Cerita Anak Mamlakah Al-’Adl Karya Ismail Abdul Fatah: Analisis Struktural. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 272–287. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p272-287

Issue

Section

Articles