ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA ACADEMIC BOWL DI SMP

Authors

  • Cyndy Kartika Dewi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.17

Keywords:

Matematika, Minat Belajar, Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMP IT Insan Permata Malang,  bahwa sebagian besar peserta didik yang terdapat pada sekolah tersebut masih banyak yang memiliki minat belajar rendah terhadap mata pelajaran matematika. Kajian menggunakan kuasi eksperimen dan deskriptif kuantitatif persentase, yakni penelitian yang digunakan untuk memperoleh data deskriptif berdasarkan hasil pengisian kuesioner. Kuesioner terdiri 4 indikator yang menunjukan seberapa tinggi minat belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Terdapat 10 pertanyaan dalam angket yang harus dijawab oleh peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) 74% peserta didik menyimak pembelajaran dengan seksama, (2) 83% peserta didik menunjukan ketertarikan dalam mengikuti pembelajaran, (3) 81% peserta didik merasa senang, dan (4) 72% peserta didik menunjukan keterlibatan aktif dalam mengikuti pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

References

Annuwanda Pradipta. (2018). The Effect of Teams Games Tournament on Mathematics Self-Efficacy in Junior High Schools. SHS Web of Conferences 42, 00079. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200079.

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Boaler, Jo, Lang Chen, Cathy Williams, and Montserrat Cordero. "Seeing as understanding: The importance of visual mathematics for our brain and learning." Journal of Applied & Computational Mathematics 5, no. 4 (2016): 1-13.

Delina, Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Confidence Siswa Smp Melalui Pendekatan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.22460/jpmi.

Erlando Doni Sirait. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93.

Grafura, Lubis;Wijayanti, Ari. (2012). Metode dan strategi pembelajaran yang unik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, Andi, & Amir Saiful. (2018). PENGARUH PERASAAN, KETERTARIKAN DAN KETERLIBATAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK PADA SMA PABA BINJAI. Jurnal Visipena Volume 9, Nomor 2.

Junike Wulandari Puteri. (2017). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika).

Karimah, A., Rusdi, R., & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13.

Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK Negeri 7 Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(2), 277–288.

Nopiani, Ni Md Erlin. Et el. 2013. Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar Pgsd Undiksha. 1(1).

Ratnasari Novi, dkk. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika Vol. 7 No. 3.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494.

Putri Saras, U., & Harini Esti. 2014. Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Team Games Tournament Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ngadipuro I Dukun Magelang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No 2.

Wulansuci, G., & Kurniati, E. 2019. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca, Menulis, Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Siliwangi, 5(1).

Downloads

Published

05-07-2024

How to Cite

Dewi, C. K. (2024). ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA ACADEMIC BOWL DI SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 17. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.17

Issue

Section

Articles