PENGEMBANGAN VIDEO SCREENCAST PADA MATERI ANALISIS DATA INFORMATIKA KELAS VII SMP

Authors

  • Muhammad Rijal Syarifudin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065.v4.i11.2024.24

Keywords:

Screencast, Informatika, Pengolahan Data

Abstract

Kegiatan pembelajaran informatika yang kebanyakan memuat pembelajaran praktik seringkali mengalami kendala yang dapat menghambat proses pembelajaran, membuat siswa tertinggal Pengembangan Screencast ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk memudahkan guru menyampaikan materi pembelajaran, meningkatkan motivasi, serta dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dengan mendapatkan pengalaman belajar yang baru. Salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran dan dapat menarik minat, perhatian serta motivasi peserta didik dalam belajar adalah screencast. Screencast merupakan sebuah rekaman video yang dirancang untuk merekam layar komputer beserta narasinya Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Lee Owens. Produk pengembangan e-modul telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dan diperoleh hasil 92,5% dan 92,5%  subjek uji coba pengguna dari produk penelitian ini yaitu siswa kelas 7.5 SMPN 23 Malang dengan sejumlah 25 responden yang mendapatkan hasil 81%, berdasarkan hasil keseluruhan yang diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan produk media video Screencast  sangat layak diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

References

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). buku cepi-Copy. pdf. Evaluasi Program Pendidikan, 228.

Bahana, J., & Pendidikan, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11, 173–180. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2

Made, S. L., Pebriyanti, I., Gede, D., Divayana, H., Made, I., & Kesiman, W. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1).

Rahmi, H., Derta, S., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII SMPN 7 BUKITTINGGI. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 1).

Salsabila, U. H., Habiba, S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (n.d.). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19–26.

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester Iv Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2), 11–20.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The Effectiveness Of Video As A Tutorial Learning Media In Muhadhoroh Subject. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 73–80.

Powell, L. M. (2015). Evaluating the effectiveness of self-created student screencasts as a tool to increase student learning outcomes in a hands-on computer programming course. Information Systems Education Journal, 13(5), 106

Siang, J. L., Hasan, B., & Tamhir, L. (2019). Video Development as Supporting Learning Media for Teachers at SMP Negeri 5 Tidore Islands [Pengembangan Video Sebagai Penunjang Media Pembelajaran Bagi Guru di SMP Negeri 5 Tidore Kepulauan]. Proceeding of Community Development, 2, 111–118.

Sugar, W., Brown, A., & Luterbach, K. (2010). Examining the anatomy of a screencast: Uncovering common elements and instructional strategies. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 11(3), 1–20.

Downloads

Published

04-07-2024

How to Cite

Syarifudin, M. R. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO SCREENCAST PADA MATERI ANALISIS DATA INFORMATIKA KELAS VII SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(11), 24. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i11.2024.24

Issue

Section

Articles