IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI FITUR PADA TEKS BERITA KELAS 7 SMP

Authors

  • Alvi Tita Wijaya Universitas Negeri Malang
  • Arum Tri Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Pidekso Adi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembelajaran diferensiasi, Konten, Fitur berita

Abstract

Abstrak

Latar belakang adanya penelitian ini adalah adanya keberagaman yang dimiliki peserta didik berdasrakan latar belakang, kondisi sosial ekonomi dan budaya. Dengan adanya keberagaman tersebut dapat menyebabkan adanya perbedaan mengenai kesiapan belajar, minat dan gaya belajar peserta didik. Sehingga setiap peserta didik tidak memiliki cara yang sama dalam belajar. Untuk mengatasi tantangan tersebut dapat dilakukan pembelajaran yang dapat mengakomodasi dan memfasilitasi keberagaman karakteristik tersebut salah satunnya dengan pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D di SMPN 02 Pakis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi fitur pada teks berita. Penelitian ini menjelaskan mengenai proses pemetaan kebutuhan peserta didik meliputi minat belajar, gaya belajar, dan profil belajar peserta didik. Lalu dilanjutkan dengan perencanaan pembelajaran yang menyesuaikan dengan hasil pemetaan yang telah dilakukan, proses pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan perbaikan di pertemuan selanjutnya. Lalu aspek diferensiasi yang dipilih pada penelitian ini adalah diferensiasi konten guna memfasilitasi kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan. Didapati hasil yang cukup memuaskan yaitu rata-rata nilai hasil belajar kelas yang mencapai nilai 90,7. Nilai tersebut sudah sangat melampaui nilai Kriteria Kelulusan Minimum yaitu 75.

References

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. doi:https://doi.org/10.35335-/cendikia.v13i1.2960

Azhar, K., & Robandi, B. (2022). Objektifikasi dan subjektifikasi murid dalam tiga pranata pendidikan: keluarga, sekolah dan masyarakat. sukma: Jurnal Pendidikan, 6(2), 147-164. doi:https://doi.org/10.32533/06202.2022

Ayundasari, L. (2022). Implementasi pendekatan multidimensional dalam pembelajaran sejarah kurikulum merdeka. sejarah dan budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 225-234. doi:http://dx.doi.org/10.17977/-um020v16i12022p225-234

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif progresivisme pada mata pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. doi:https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain pembelajaran diferensiasi bermuatan problem based learning (PBL) mendukung critical thinking skill siswa pada era kenormalan baru pascapandemi covid-19. Jurnal Basastra, 11(1), 56-68. doi:https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas ix. a smp negeri 1 sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140. Retrieved from http://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/48

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022, Februari 10). Keputusan menteri pendidikan kebudayaan riset dan tekonologi republik indonesia nomor 56/m/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. jakarta, indonesia. retrieved from jaringan dokumentasi dan informasi hukum kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi.

Izza, A.Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.

Rohimat, S. (2023). Tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran daring dan luring selama masa pemulihan pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 62-66. doi:https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37542

Rohimat, S., Wulandari, D. R., & Wardani, I. T. (2023). Efektivitas pembelajaran kimia dengan pendekatan diferensiasi konten dan produk. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).

Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Sopianti, D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni budaya Kelas XI di SMAN 5 Garut. KanayaganJournal of Music Education, 1(1), 1-8.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran ips berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. HARMONY, 7(2), 66-75. doi:https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 203-207. doi:https://doi.org/10.31933/rrj.v4i3.498

Downloads

Published

31-03-2024

How to Cite

Alvi Tita Wijaya, Arum Tri Wulandari, & Pidekso Adi. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI FITUR PADA TEKS BERITA KELAS 7 SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(3), 11. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5565

Issue

Section

Articles