PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS V SDN SEKARMOJO III KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Nindra Paratika Shofia Rosyadi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Model Pembelajaran Open-Ended, Matematika Pecahan di SD, Perbaikan Pembelajaran di SD

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan oleh pengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan penelitian dan pengaplikasian suatu ide atau gagasan penelitian yang dilator-belakangi factor-faktor penyebab kegagalan atau kekurangan/kelemahan dalam proses pembelajaran.  Pada penelirian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis dilatar belakangi adanya kekurangan atau rendahnya hasil belajar sebelumnya dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan oleh siswa kelas V SDN Sekarmojo III  Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Sebelum penerapan Penelitian perbaikan pembelajaran, hanya ada sekitar 9 dari 31 siswa ketika prasiklus dengan hasil rata rata nilai kelas 51,61, setelah diterapkannya Penelittian Perbaikan Pembelajaran, terfdapat peningkatan pemahaman yang ditandai dengan peningkatan hasil dan proses belajar siswa, yakni 29 dari 31 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 70. Peneliti menggunakan metode pembelajaran Open-Ended karena dengan metode ini siswa dapat mengembangkan berbagai cara penyelesaian yang bervariasi tergantung dari pola pikir yang paling mudah dipahami dan perkembangan kreatifitas siswanya karena materi penjumlahan dan atau pengurangan bilangan pecahan cukup bervariatif tergantung jenis pecahan yang ada pada soal. Dengan membaca penelitian ini diharapkan dapat menjadi refrensi atau dapat mengisnpirasi kedepannya bagi pembaca yang mengalami kendala yang mirip atau sama.

References

Adi Suryanto, dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran di SD, Buku Materi Pokok PDGK 4301 Edisi 1. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Andi Ghothenk, 2010. Pembelajaran Karakteristik Pembelajaran Matematika. Dalam http://andinurdiansah.blogspot.com/2010/10/karakteristik-pembelajaran-matematika.html

Budayasa, I Ketut; Haryono. (2006). Matematika 4 Untuk Sekolah Dasar Kelas 4. Pasuruan: Balai Pustaka

Departemen pendidikan dan kebudayaan. 1996. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SD. TK dan SLB

Depdiknas Dirjen Manajemen Dikdasmen. 2008. BSNP. KTSP SD Model Silabus Kelas VI. Diterapkan oleh UPT Satuan Pendidikan SDN Sekarmojo III

Esti Farida Melani, Endah Purwanti Prabarini. 2008. Kamus Matematika. Yogyakarta: Empat Pilar Pendidikan.

https://www.rijal09.com/2016/12/model-pembelajaran-matematika-di-sd.html

https://rumusbilangan.com/bilangan-pecahan

I G A K Wardani, Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Perbaikan Pembelajaran. Edisi I. Jakarta: Universitas Terbuka

I G A K Wardani, Kuswaya Wihardit. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi I, Buku Materi Pokok IDIK4008/Modul 1-6. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

I G A K Wardani, Kuswaya Wihardit. 2020. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Edisi 2, Buku Panduan PDGK 4501/4sks.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

I Ketut Budayasa dan Haryono. 2006. Matematika 6 Untuk Sekolah Dasar Kelas 6. Pasuruan: Balai Pustaka

Karso, Dkk. 2008. Pendidikan Matematika I. Jakarata: Universitas Terbuka.

Nur Akhsin, Heny K, dan Thoyibah H. (2004). Matematika Kelas 6 Sekolah Dasar. Klaten: Cempaka Putih.

Rudi Yulio Arindiono, Nugrahadi Ramadhani. 2013. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD. JURNAL SAINS DAN SENI POMITS Vol. 2, No.1, (2013) 2337-3520 (2301-928X Print).

Shadi1, Fadjar, Sutanti T., dan Hidayah N. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika, Modul Matematika SMP Program Bermutu. Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Jendral Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Suparmin; kurniawati; Nuraini, S, (2017). Matematika untuk SD/MI kelas V. Surakarta: CV Mediatama.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2006. Pasuruan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

05-06-2024

How to Cite

Rosyadi, N. P. S. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS V SDN SEKARMOJO III KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 8. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5409

Issue

Section

Articles