Integrasi Project Based Learning dalam Penguatan Literasi Digital dan Karakter Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p768-776Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, literasi digital, karakter pelajar Pancasila, PjBL, siswa SMKAbstract
Latar belakang penelitian ini diawali dengan kondisi siswa yang kurang memiliki kemauan membaca instruksi yang diberikan, kurang mencari info terkait beberapa istilah, kurangnya literasi digital, kurang tanggap terhadap keadaaan, kurang peduli terhadap sesama, dan kurang menghargai guru. Kondisi ini menandakan karakter pelajar Pancasila yang tertanam pada siswa belum maksimal. Kondisi siswa ini menjadi tolak ukur pembelajaran oleh guru yang masih perlu perbaikan. Penelitian ini ditujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yaitu dengan Project Based Learning (PjBL) menggunakan pendekatan yang lebih akrab dengan siswa. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran PjBL pada materi profesi dan kewirausahaan serta peluang usaha di bidang industri perangkat lunak dan gim. Pembelajaran dilaksanakan dalam 4 pertemuan selama 10 jam pelajaran di setiap pertemuan. Subjek yang diteliti terdiri dari 36 siswa kelas X RPL B pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian diukur berdasarkan skor angket refleksi diri peserta didik dan penilaian teman sejawat. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan yaitu berhasil meningkatkan literasi digital 14,75 persen dan karakter pelajar Pancasila meningkat 10,07 persen dari siklus I ke siklus II.
References
ESCAP. (2022). G20 toolkit for measuring digital skills and digital literacy: A compilation of reports priority issue 2-digital skills and digital literacy. United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific. Retrieved from https://www.unescap.org/kp/2022/g20-toolkit-measuring-digital-skills-and-digital-literacy-compilation-reports
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma baru dalam kurikulum prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Fitra, & Maifa, S. (2022). Adaptasi semangat merdeka belajar dengan penerapan model pembelajaran project-based learning sebagai bentuk inovasi dalam pembelajaran. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1, 38-46.
Hadipranata, A. F., & Sudardjo. (1999). Pengaruh pembentukan kelompok (team building) terhadap etos kerja dan kontribusinya bagi produktivitas kerja insani. Jurnal Psikologi, 18-28.
Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2021). Buku ajar rekayasa perangkat lunak. Umsida Press.
Hasanah, U. (2024). Pengembangan Media Film Edukasi Model PjBL Berbasis Mohuyula untuk Membentuk Literasi Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 221-242.
Kasingku, J. D., & Mantow, A. (2022). Hubungan antara status sosial ekonomi dengan pembentukan karakter siswa kelas XI sekolah menengah atas Unklab. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1989-2002.
Laila, R. N., Assunniyah, N., Nugroho, N. S., Sari, R. G., Suwandi, S., & Setiyoningsih, T. (2022). Implementation of Pancasila student profile in the Merdeka curriculum for high school in Sragen Regency. Al Hikmah: Journal of Education, 10(2), 135-148.
Marpaung, M. (2014). Pengaruh kepemimpinan dan team work terhadap kinerja karyawan di koperasi Sekjen Kemdikbud Senayan Jakarta. Jurnal Ilmiah Widya, 2(1), 33-40.
Meriatami, A. Z. M. (2023). Implementasi model Project Based Learning pada dasar program keahlian elemen profesi dan kewirausahaan serta peluang usaha di bidang perangkat lunak dan gim untuk meningkatkan literasi digital dan karakter pelajar pancasila (Skripsi, Universitas Negeri Malang). https://repository.um.ac.id/301754/
Miranda, V. J. Y., & Utama, C. (2025). Implementasi Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p11-18
Patmanthara, S. (2016). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. TEKNO, 26(2), 56-64.
Prasetya, B., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya meningkatkan manajemen waktu melalui bimbingan klasikal model project-based learning (PjBL) pada siswa sekolah menengah atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4, 250-257.
Pratiwi, F., Nuswantari, N., & Mukawanah, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Madiun Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 3, No. 1, pp. 408-419).
Sari, I. W. (2023, April). Implementasi Litersi Digital Pada Era Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional LPPM Ummat (Vol. 2, pp. 155-159).
Setyaningsih, R., Prihantoro, E., Darussalam Gontor, U., Gunadarma, U., & Raya Siman, J. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3, 1200–1214. Retrieved from https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom
Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The effectiveness of project-based learning on 4Cs skills of vocational students in higher education. Journal of Technical Education and Training, 14(1), 29-37.
Wachidah, L., Putikadyanto, A. P. A., Kusumawati, H., & Adebia, I. C. (2023). Karakter pelajar Pancasila sebagai penanggulangan dekadensi moral dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era Merdeka Belajar. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 386–405. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8196
Wahyuni, S., & Indrasari, D. Y. (2017). Implementasi pendidikan life skill di SMK Negeri 1 Bondowoso. JUKASI Jurnal Edukasi, 4, 24-29.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO, 1)(1), 128-139.
Yulianti, E. E., Hasan, H., & Irawan, V. (2025). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Dongeng Digital Berbasis Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. EDUGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 16-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfeina Zakkya Meriatami, Syaad Patmanthara, Dila Umnia Soraya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.