Persepsi Guru SDN Madyopuro 02 Kota Malang terhadap Pendekatan TaRL dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p701-710Keywords:
pemahaman yang baik, Kurikulum Merdeka, Teaching at the Right Level, persepsi guruAbstract
Kurikulum Merdeka dirancang untuk meningkatkan kurikulum sebelumnya sekaligus menanggapi tantangan pendidikan akibat pandemi COVID-19. Kurikulum ini bertujuan membebaskan siswa dari tekanan serta memungkinkan mereka mengeksplorasi dan mengembangkan potensi secara optimal. Setiap anak memiliki karakter alami dan pengaruh zaman yang membuat mereka unik, sehingga Kurikulum Merdeka hadir untuk mendukung pembelajaran yang lebih mandiri. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap pendekatan TaRL dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif dan pemahaman yang baik terhadap pendekatan ini. Namun, implementasi TaRL di kelas masih terbatas karena berbagai tantangan, termasuk kurangnya pelatihan dan keterbatasan sumber daya. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL dapat diterapkan dalam pembelajaran karena memberikan pengaruh positif dan memungkinkan fokus yang lebih baik terhadap kebutuhan siswa. Oleh karena itu, pelatihan serta dukungan yang lebih luas bagi guru perlu ditingkatkan agar pendekatan ini dapat diterapkan secara optimal di berbagai jenjang pendidikan.
References
Amoah, E. (2022). Technology Applications in Teaching at the Right Level Programs. 2022 IEEE Global Humanitarian Technology Conference. GHTC 2022, 285–291. https://doi.org/10.1109/GHTC55712.2022.9910613
Hadiawati, dkk. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan , 1 (4) 1-8.
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan pengembangan kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi). 6(1), 193-202
Kuryani, T & Lestari, H. (2023). Modul Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen II. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rahayu, R., dkk. (2022). Implementasi kurikum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Riana, F. (2021). Nadiem Makarim ajak masyarakat hidupkan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Amirullah, (Ed). Tempo.co. Diakses pada 6 Agustus 2021, dari https://nasional.tempo.co/read/1458509/nadiem-makarim-ajak-masyarakat-hidupkanpemikiran-ki-hajar-dewantara.
Suharyani., N. K. A. S., & Farida. H. A. (2023) Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan. 8 (2) 470- 479
Syarifudin, dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Inovasi.
Wirartha, M. I. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset