Penciptaan Humor pada Penampilan Stand up Comedy Indonesia (SUCI) Season 6
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1201-1216Keywords:
penciptaan humor, stand up comedy, Indra JegelAbstract
Abstract: This study focuses on a form of humor creation in the form of language, logic, action, and identity utilization with social distance parameters by a comic Indra Jegel in Stand-up Comedy Indonesia (SUCI) Season 6 that is aired on Kompas TV. His skill in presenting jokes into comedy is very interesting. Many language and logic aspects that are played by Indra Jegel that make him able to produce a comedy that is not only entertaining, but also filled with moral messages to the audience. This study used a qualitative approach. The data collection technique that was used was documentation participation by collecting the data sources, observing, and transcribing into written form to ease the data observation. The results of this study showed that the process of creating humor by Indra Jegel for his stand-up comedy performance used four kinds of humor anatomy utilization which were the utilization of language, logic, action, and identity with three parameters of social distance communication. They were parameters of age, gender, and familiarity level. It was found that there were 179 data of language utilization spread into three social distance parameters, whereas there were 115 data of logic utilization. Moreover, there were 43 data of action utilization and 145 data of identity utilization spread into three social distance parameters.
Keywords: humor creation; stand-up comedy; Indra Jegel
Abstrak: Penelitian ini berfokus pada bentuk penciptaan humor berupa pendayagunaan bahasa, logika, aksi, dan identitas dengan parameter jarak sosial komika Indra Jegel dalam Stand up Comedy Indonesia (SUCI) Season 6 yang ditayangkan di Kompas TV. Kepiawaiannya dalam menyajikan lawakan menjadi sajian komedi sangat menarik. Banyak aspek kebahasaan dan logika yang dimainkan oleh Indra Jegel sehingga mampu melahirkan komedi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga sarat dengan pesan-pesan moral kepada penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan cara mengumpulkan sumber data, menyimak, dan melakukan transkrip ke dalam bentuk tulisan untuk mempermudah pengamatan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penciptaan humor komika Indra Jegel dalam penampilan stand up comedy didapatkan empat macam pendayagunaan anatomi humor berupa pendayagunaan bahasa, logika, aksi, dan identitas dengan tiga parameter jarak sosial komunikasi, yaitu parameter usia, gender, dan tingkat keakraban. Pendayagunaan bahasa ditemukan sebanyak 179 data yang tersebar ke dalam tiga parameter jarak sosial, sedangkan pendayagunaan logika ditemukan sebanyak 115 data. Adapun pendayagunaan aksi ditemukan sebanyak 43 data yang tersebar ke dalam tiga parameter jarak sosial dan pendayagunaan identitas ditemukan sebanyak 145 data.
Kata kunci: penciptaan humor, stand up comedy, Indra Jegel
References
Al Habsy, M.I.F., Burhanuddin, & Sukmawaty. (2020). Kemampuan membaca memahami teks dialog bahasa Mandarin siswa kelas XII SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa. Phonologie: Journal of Language and Literature, 1(1), 28–34. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/phonologie/article/view/16523
Anshori, M.S.I. (2016). Metode drill auditori taktil terhadap kemampuan melafalkan huruf-huruf Al-Quran siswa tunanetra kelas VII SMPLB-A. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/15681
Ardiyani, D.K., & Kurniawan, D. (2020). Policy and curriculum of Study Program of German Language Education at the State University of Malang in welcoming the needs of German language teachers in Indonesia in the era of industrial revolution 4.0. KnE Social Sciences. doi: https://doi.org/10.18502/kss.v4i4.6465
Astuningtias, K.I., & Appulembang, O.D. (2017). Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IX materi Statistika di SMP Kristen Rantepao [The implementation of the drill method to improve cognitive learning outcomes of grade 9 students studying Statistics at a Christian Junior High School in Rantepao]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 53–59. doi: http://dx.doi.org/10.19166/johme.v1i1.718
Budianto, P., & Laurencia, N. (2014). Keterkaitan New HSK dan kurikulum Bahasa Mandarin di Perguruan Tinggi. Lingua Cultura, 8(1), 16–21. doi: https://doi.org/10.21512/lc.v8i1.437
Djamarah, S.B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fariziah, M., (2012). Penggunaan artikel pada majalah Juma dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/11850/
Hasibuan, J.J., & Mudjiono. (2000). Proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati, E. (2020). Meningkatkan kemampuan vocabulary bahasa Inggris melalui games kata berantai pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangkobar. KOLANO: Journal of Multi-Disciplinary Sciences, 1(1), 96–103. Retrieved from http://e-journal.univ-nuku.ac.id/index.php/kolano/article/view/21
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. doi: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
Kara, S. (2013). The relationship between text comprehension and second language vocabulary acquisition: Word-focused tasks. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(1), 39–53. Retrieved from http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/04.kara.pdf
Kurniawan, D., & Rosyidah, R. (2013). Lost in translation: Problems in translating Indonesian and English expressions into German. Leksika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 7(2), 10–15. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/LEKSIKA/article/view/115.
Kusumawati, E., & Irwanto, R.A. (2016). Penerapan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. doi: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289
Maharani, R. (2017). Penerapan metode drill dan permainan tebak kata dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di kelas 5 & 6 SD Tripusaka Surakarta (Undergraduate thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/64988/Penerapan-Metode-Drill-dan-Permainan-Tebak-Kata-dalam-Pembelajaran-Kosakata-Bahasa-Mandarin-di-Kelas-5-6-SD-Tripusaka-Surakarta
Mufida, R.Z., & Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Role Playing Game (RPG) “In Meinem Traum” sebagai media pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI SMA. Journal DaFina, 2(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/3407
Nababan, M., Nuraeni, A., & Sumardiono. (2012). Pengembangan model penilaian kualitas terjemahan. Kajian Linguistik dan Sastra, 24(1), 39–57. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/2220
Nur‘Azizah, I. (2018). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII MTsN Lampung Timur 2017/2018 (Undergraduate thesis, IAIN Metro, Lampung). Retrieved from http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2403
Putriningtias, A.D., & Kurniawan, D. (2021). The Development of android based game “Weiβt du das?” for learning German vocabulary with Wonhung Themes. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(1), 16–20. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/17120
Rosyidah, R., Kurniawan, D., & Aini, D. (2017). Akseptabilitas terjemahan dongeng Haensel und Gretel. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 45(1), 64–75. doi: dx.doi.org/10.17977/um015v45i12017p064
Sagala, S. (2007). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Silvana, S. (2016). Evaluasi penerapan metode drill pada pelajaran bahasa Tionghoa kelas 2 & 3 di Sekolah Nasional Tiga Bahasa SD Bina Widya Solo (Undergraduate thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55145Evaluasi-Penerapan-Metode-Drill-pada-Pelajaran-Bahasa-Tionghoa-Kelas-2-3-di-Sekolah-Nasional-Tiga-Bahasa-SD-Bina-Widya-Solo
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan “Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Tambak, S. (2016). Metode drill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. doi: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517
Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: PT Angkasa.
Universitas Negeri Malang. (2018). Katalog Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang edisi 2018. Malang: Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Widodo, E. (2019). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Daarul ‘Ulya Metro tahun pelajaran 2018/2019 (Undergraduate thesis, IAIN Metro, Lampung). Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1747/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fitriyanti Bunga, Dawud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.