Persuasi dalam Judul Berita Daring IDN Times Edisi Januari-Maret 2021
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p616-629Keywords:
persuasi, judul berita, media daringAbstract
Abstract: Persuasion is a communicative process to change the beliefs, attitudes, goals or behavior of others by using words or words that the author wants. Persuasion in online news titles is used to attract the attention of readers to read the entire content of the news. The choice of online media in fulfilling information in the digital era has made it easier for many people because it is more practical, fast, effective, and efficient. The purpose of this study was to describe the delivery technique, style of language, and the meaning of persuasion in the January-March 2021 edition of the IDN Times news title. This study used a qualitative approach. This type of research was conducted using descriptive research. Data analysis in this study consisted of (1) data collection, (2) data reduction, (3) data presentation, and (4) drawing conclusions. The results of this study are presented in three important focuses, namely persuasion delivery techniques, persuasion language styles, and the dominant meaning of persuasion used in online news titles. First, the persuasion delivery technique found in the January-March 2021 edition of IDN Times as many as 311 news titles. Second, the persuasive language style found in the January-March 2021 edition of IDN Times was 148 news titles. Third, the meaning of persuasion found in the January-March 2021 edition of IDN Times was 135 news titles.
Keywords: persuasion, news headlines, online media
Abstrak: Persuasi adalah proses yang memudahkan terhubung dengan orang orang lain untuk mengubah kepercayaan, sikap, tujuan atau tingkah laku dengan menggunakan ucapan atau kata-kata yang diinginkan penulis. Persuasi dalam judul-judul berita daring digunakan untuk menarik perhatian pembaca agar membaca keseluruhan isi berita. Pemilihan media daring dalam pemenuhan informasi di era digital semakin mempermudah banyak orang karena lebih praktis, cepat, efektif, dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan secara jelas dan terperinci teknik penyampaian, gaya bahasa, dan makna persuasi dalam judul berita daring IDN Times edisi Januari-Maret 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dipaparkan dalam tiga fokus penting, yakni teknik penyampaian persuasi, gaya bahasa persuasi, dan makna persuasi yang dominan digunakan dalam judul berita daring. Pertama, teknik penyampaian persuasi yang ditemukan pada media daring IDN Times edisi Januari-Maret 2021 sebanyak 311 judul berita. Kedua, gaya bahasa persuasi yang ditemukan pada media daring IDN Times edisi Januari-Maret 2021 sebanyak 148 judul berita. Ketiga, makna persuasi yang ditemukan pada media daring IDN Times edisi Januari-Maret 2021 sebanyak 135 judul berita.
Kata kunci: persuasi, judul berita, media daring
References
Bormann, E. G. (1991). Retorika. Jakarta: Erlangga.
Daily Social. (2015). Media online IDNtimes peroleh pendanaan dari East Ventures. Diakses dari https://dailysocial.id/post/media-online-idntimes-peroleh-pendanaan-dari-east-ventures.
Dewi, M. (2014). Gaya bahasa berita media online di Indonesia: Judul menarik tidak harus tidak baku. Humaniora, 5(2), 1015-1022.
Firdania, A.N. (2012). Analisis gaya bahasa dan pencitraan dalam wacana iklan produk kecantikan Majalah Femina Edisi Januari-Mei tahun 2012. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FBS UNY.
Handayani, D. A. (2018). Hiperbola dan hiperrealitas media: Analisis judul berita hiperbola di situs berita online. Dialektika, 5(2), 120-134.
IDN Times. (2021). IDN Times News. Diakses dari www.idntimes.com.
Internet Live Stats. (2021). Internet live stats. Diakses dari internetlivestats.com.
Kachkaeva, A. (2012). Digital media and the Internet market: Audiences, multimedia content and business models. Dalam Stone, Mike dan Ilia Dohel (Ed.), From traditional to online media: Best practices and perspectives. Austria: OSCE, pp. 45-50.
Keraf, G. (2000). Argumentasi dan narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, G. (1988). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Laksana, I K. D. (2010). Majas dalam bahasa pers: Analisis tajuk berita/artikel secara stilistik dan gramatikal. Bali: Udayana University Press.
Moeliono, A. M. (1984). Diksi atau pilihan kata: Suatu spesifikasi di dalam kosa kata. Jakarta: PPPGD.
Poerwadarminta, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Riadi, A. (2012). Karakteristik gaya bahasa judul-judul berita pada media online Detik.com. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Penerbit ALFABETA.
Sumadiria, H. (2011). Jurnalistik Indonesia: Menulis berita dan feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tarigan, H. G. (2013). Pengajaran gaya bahasa. Bandung: CV Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.