Humor dalam Novel Resign! Karya Almira Bastari
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p591-603Keywords:
penciptaan karya, seni lukis, kitab Ta’limul Muta’allim, etika pelajarAbstract
Kitab Ta’limul Muta’allim adalah kitab klasik yang membahas etika pelajar dalam menuntut ilmu, ditulis oleh Syekh Az-Zarnuji. Kitab ini berisi nasihat-nasihat dan syair-syair yang mengajarkan akhlak terpuji dalam proses belajar antara seorang pelajar dengan teman sebaya, pengajar, dan ilmu yang dipelajari. Hampir setiap pesantren dan lembaga pendidikan tradisional di Indonesia saat ini masih mengkaji dan menggunakan kitab Ta’limul Muta’allim. Di lembaga pendidikan formal, kitab ini mulai dikenal setelah diterbitkan versi terjemahannya, meskipun masih relatif sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penciptaan dan mewujudkan karya seni lukis yang terinspirasi dari kitab Ta’limul Muta’allim. Prosesnya dimulai dengan mendeskripsikan ide gagasan, dilanjutkan dengan proses penciptaan, dan diakhiri dengan hasil karya lukis. Penciptaan karya lukis ini menggunakan prosedur metode penciptaan Alma Hawkins, yang mencakup tiga tahapan: tahap eksplorasi, tahap improvisasi, dan tahap perwujudan. Melalui ketiga tahapan ini, dikembangkan enam karya lukis yang terinspirasi dari kitab Ta’limul Muta’allim. Karya-karya ini kemudian disajikan dalam bentuk pameran seni lukis. Proses eksplorasi melibatkan penelaahan mendalam terhadap isi kitab, memahami nilai-nilai etika dan akhlak yang diajarkan. Tahap improvisasi memungkinkan penulis untuk menginterpretasikan pesan-pesan tersebut dalam bentuk visual, sementara tahap perwujudan adalah proses konkretisasi ide-ide tersebut ke dalam karya seni yang nyata. Pameran ini tidak hanya menampilkan hasil karya lukis, tetapi juga menjadi medium untuk menyebarkan dan memperkenalkan nilai-nilai etika yang diajarkan dalam kitab Ta’limul Muta’allim kepada khalayak yang lebih luas, termasuk mereka yang mungkin belum mengenal kitab ini sebelumnya.
References
Ahmad, A. A. (2013). Dakwah, seni dan teknologi pembelajaran. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 75-89.
Andini, W. H., & Purwanto, P. (2021). Impian kecilku dalam lukisan. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 10(1), 12-23.
Anwar, N. (2021). Pendidikan di pondok pesantren untuk membentuk moral generasi muda demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4733
Asa, F. O., Ahdi, S., & Elapatsa, A. (2022). Fenomena korupsi: Tikus sebagai inspirasi lukis. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 508-514. doi: 10.24114/gr.v10i2.28059
Asrori, M. (2012). Etika belajar bagi penuntut ilmu. Surabaya: Al-Miftah.
Ayu, A. P. (2013). "Nirmana-komposisi tak berbentuk" sebagai dasar kesenirupaan fakultas seni rupa institut kesenian Jakarta. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(2), 113-120.
Huda, N., Zamroji, M., & HR, H. (2020). Kajian & Analisis Taklim Muta’allim 2. Kediri: Santri Salaf Press.
Ismawati, E. (2017). Nilai-nilai sikap guru dan murid menurut Az-Zarnuji dalam bukunya Ta’limul Muta’allim (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Junaedi, D., & Tanos, J. J. B. (2019). Komposisi warna split komplementer untuk penciptaan lukisan lanskap cat air. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(2), 95-106. doi: 10.24821/ars.v22i2.2943
Langga, F. X., & Prasetyo, A. R. (2021). Analisis visual desain cover novel-novel karya Boy Candra. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4), 560-572. doi: 10.17977/um064v1i42021p560-572
Maulana, D. B. (2019). Kontemplasi atas interaksi dalam hidup pribadi sebagai ide penciptaan karya seni lukis (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).
Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek warna dalam dunia desain dan periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096. doi: 10.21512/humaniora.v2i2.3158
Mubarat, H., & Ilhaq, M. (2021). Telaah nirmana sebagai proses kreatif dalam dinamika estetika visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(1), 125-139. doi: 10.26887/ekspresi.v23i1.397
Mukromin, M. (2019). Resensi kitab Ta’limul Muta’alim. Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 19(1), 48-57. doi: 10.32699/mq.v19i1.1601
Muslih, I. (2018). Membangun akhlaq santri melalui kajian kitab Ta’limul Muta’allim. In Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat (Vol. 1, pp. 187-195).
Riskiya, F. (2016). Pemikiran pendidikan menurut Syaikh Az Zarnuji (Studi analisis kitab Ta’limul Muta’allim).
Rohaeni, A. J., & Listiani, W. (2013). Pamali dalam kebudayaan masyarakat adat Sunda. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 1(2). doi: 10.26742/atrat.v1i2.407
Sukaya, Y. (2009). Bentuk dan metode dalam penciptaan karya seni rupa. Jurnal Seni dan Pengajarannya, 1(1), 1-16.
Susanto, M. (2002). Diksi rupa. Yogyakarta: KANISUS.
Syafi'i, A. G. (2018). Warna dalam Islam. An-Nida', 41(1), 62-70. doi: 10.24014/an-nida.v41i1.4637
Syahid, N. (2019). Urgensi kitab Ta’limul Muta’allim pada pembelajaran modern. QUDWATUNA, 2(2), 126-142.
Widodo, T. (2011). Pengantar seni lukis semi abstrak/representasional. Malang: Pustaka Kaiswaran.
Wiratno, T. A. (2018). Seni lukis konsep dan metode. preprint. INA-Rxiv. doi: 10.31227/osf.io/2z57p.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cinda Rabita, Wahyudi Siswanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.