Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Teks Deskripsi di Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p942-949Keywords:
model pembelajaran, Problem Based Learning, motivasi belajar, SMP Negeri 9 MalangAbstract
Dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang berkualitas, guru perlu memanfaatkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan karakteristik materi yang diajarkan. Pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi faktor krusial dalam mencapai efektivitas pengajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Malang, diketahui bahwa di kelas VII A, guru menghadapi kesulitan dalam menemukan strategi pembelajaran yang efektif untuk materi teks deskripsi. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa di kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari teks deskripsi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 9 Malang dengan melibatkan 33 siswa sebagai sampel penelitian. Proses penelitian mencakup empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan evaluasi data. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan perbaikan nilai mereka pada materi struktur dan kebahasaan teks deskripsi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan strategi pembelajaran yang efektif di sekolah.
References
Anila, R. B., Masruri, R., Irawati, F., Kurniawan, H. C., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar, keterampilan inkuiri, dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMPN Kediri pada materi perubahan dan pencemaran lingkungan. Dalam Prosiding Seminar & Workshop Nasional Biologi FKIP UNS XII (SP-007-8). FKIP UNS.
Ain, N. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN Satap Matawai Iwi. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 6-12.
Anwar, M. S., Korompot, C. A., & Nawir, N. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan mengungkap makna teks deskriptif pada siswa kelas VII MTS Al Maarif 2 Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 144-153.
Ayuningtias, A. I., Wahyudin, D., & Sukirman, D. (2022). Pemanfaatan model pembelajaran computer support collaborative learning di perguruan tinggi. Inovasi Kurikulum, 19(1), 4.
Hasmiati, H., Jumadi, O., & Rachmawaty, R. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Hasriadi. (2022). Strategi pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.
Jannah, F., & Irtifa’Fathuddi, T. (2023). Penerapan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 131-143.
Manshuruddin, M. (2020). Pembelajaran berkualitas melalui interaksi edukatif dalam pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 1-15.
Ratnasari, Y. M., Patta, R., & Juliadi, J. (2021). Peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas II SD. Pinisi Journal PGSD, 1(2), 418-425.
Rohmatulloh, S., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2021). Analisis meta: Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1559.
Rosyidah, N. D., Nagara, D. T., & Supriana, E. (2019). Model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 46-49.
Shofyan, K. A., Harahap, E. P., & Rasdawita, R. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning materi teks persuasi di kelas VIII SMP. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2), 39-48.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. ALFABETA.
Sulastry, T., Rais, N. A., & Herawati, N. (2023). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada materi asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 142-151.
Sumiati, S. (2018). Peningkatan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 85-92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.