Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Bidang Paduan Suara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)

Authors

  • Putri Shinta Nuriyah Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p907-920

Keywords:

ekstrakurikuler paduan suara, strategi pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, triangulasi data, karakter artistik

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di MAN 2 Banyuwangi diselenggarakan dengan tujuan membantu siswa menemukan potensi dan bakat mereka, minat, serta membentuk karakter artistik. Keberhasilan paduan suara di MAN 2 Banyu­wangi tidak hanya mencakup tingkat regional, tetapi juga mencakup kesuksesan individu dalam menyanyi solo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menggambarkan strategi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara yang digunakan di MAN 2 Banyuwangi sebagai tujuan penelitian ini. Peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian, sementara data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Triangulasi data dari berbagai sumber dan penggunaan teknik triangulasi memastikan kebenaran data. Temuan pene­litian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di MAN 2 Banyuwangi terdiri dari pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dalam tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, serta pengelolaan pembelajaran yang tetap memperhatikan kebutuhan siswa dan lingkungan kelas. Komponen pengorganisasian pembelajar meliputi tujuan, materi, metode pembelajaran termasuk ceramah, latihan, dan kompresi, serta penggunaan bahan pembelajaran seperti rekaman audio, file MIDI, dan partitur musik. Dengan demikian, strategi pembelajaran yang diterapkan tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterampilan vokal siswa tetapi juga mampu membangun karakter dan minat mereka dalam seni musik, menciptakan generasi yang berprestasi dan berkarakter kuat dalam bidang seni.

References

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agung, I. (2012). Strategi Penerapan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (ESD) di Sekolah (cet. Ke-1). Jakarta: Bee Media Indonesia.

Anugrah Putri, B. (2021). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMA Adabiah 2 Padang. Jurnal Sendratasik, 10(1), 64–74.

Ashari, A. R. N. W. (2019). Strategi Pembelajaran Pada Vocal di Ekstrakurikuler Paduan Suara SMPN 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat (p. 4).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 83–84.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Sleman, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hidayat, I. (2020). Pengorganisasian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 5 Sigi. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 124.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismah, U. B. (2022). Pengaturan Ruang Kelas. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(10), 2. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i10.2590

Jays, I. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Juhji. (2017). Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Banten: LP2M IAIN Sultan Maulana Hasanuddin.

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Kustiawan, W., Marshanda, S. A., Nabila, V., Suciono, M. W., Alya, H. T. D., & Djuniardi, R. (2023). Analisis Jenis Pelatihan Pernapasan: Teknik Pernapasan dan Olah Vokal: Pelatihan Voice Over. YASIN, 3(6), 1209–1217. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i6.1623

Kusumawati, E., & R. A. I. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan, 1(1), 49.

Malona, S. J. (2022). Strategi Paduan Suara Gita Pramawisesa dalam Mengikuti The 10th Bali International Choir Festival. Repertoar Jurnal, 3(1), 63.

Mita, R. A., & Kristiandri, D. (2020). Metode dan Teknik Vokal pada Paduan Suara Gregorius di Paroki Aloysius Gonzaga Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 41–53. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p41-53

Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Agung.

Pratama, F. S. (2023). Dari Sufistik ke Pop Religi: Sejarah Transformasi Musik Dalam Peradaban Islam. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 20(1), 2. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v20i1.22969

PSJ, K. E. (2014). Menjadi Dirigen 1: Membina Paduan Suara. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Putra, C. (2015). Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio pada Paduan Suara Gracia Gitaswara di GKJ Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Jurnal Seni Musik, 4(2). https://doi.org/10.15294/jsm.v4i2.9288

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sigiro, J. (2020). Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 172 Jakarta. Jurnal Penelitian Musik, 1, 33.

Simanungkalit, N. (2013). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, S. M. (2018). Implementasi Teknik Vokal Nasal pada Paduan Suara Mahasiswa Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan. Grenek Music Journal, 7(2), 164. https://doi.org/10.24114/grenek.v7i2.10898

Sitohang, R. (2014). Mengembangkan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. Jurnal Kewarganegaraan, 23(2), 20–21.

Suardi, M. (2019). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Pusat Musik Liturgi. (2011). Menjadi Dirigen II. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Nuriyah, P. S., & Rahayuningtyas, W. (2024). Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Bidang Paduan Suara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN). JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 907–920. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p907-920

Issue

Section

Articles