Pengembangan Media Kartu Uno Flip I’rab dan Penggunaannya dalam Pembelajaran Nahwu di Madin Matholi’ul Huda
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p929-941Keywords:
Ilmu Nahwu, I'rab, UNO Flip I'rab, ADDIE, pembelajaran berbasis kartuAbstract
Ilmu nahwu merupakan cabang ilmu yang mengkaji aturan dan gramatika bahasa Arab. Di dalamnya, terdapat beberapa bab yang menjelaskan tata cara berbahasa Arab dengan baik dan benar sesuai kaidah. I’rab adalah salah satu materi dasar dalam ilmu nahwu yang harus dikuasai sebelum mempelajari materi-materi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran "UNO Flip I’rab" serta menguji kelayakan dan efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran nahwu bab I’rab melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan langkah-langkah mencari referensi dari berbagai sumber, menganalisis, kemudian merancang media. Angket validasi dan uji coba digunakan untuk mengukur kelayakan media "UNO Flip I’rab", sementara wawancara, pretest, dan posttest digunakan sebagai data untuk menilai efektivitas media. Berdasarkan hasil validasi, ahli materi memberikan persentase kelayakan sebesar 92,3 persen, sementara ahli media memberikan 76,8 persen, yang menunjukkan bahwa media ini sangat valid. Uji kelayakan media memperoleh persentase sebesar 80,7 persen, sehingga media ini dinyatakan sangat layak digunakan. Efektivitas media diukur melalui peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata pretest sebesar 50,69 dan rata-rata posttest sebesar 89,15. Antusiasme siswa dalam menggunakan media "UNO Flip I’rab" pada pembelajaran Nahwu juga sangat tinggi.
References
Anggraeni, Y., & Sumarsih, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(2), 101-115.
Anisa, M., Zahra, F., & Sari, W. (2020). Pengembangan Media Kartu Pop Up untuk Meningkatkan Kemampuan Percakapan Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 22(1), 78-89.
Ardiansyah, A., & Setiawan, D. (2022). Evaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 125-139.
Arifin, Z. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 18(3), 123-136.
Asrori, A. (2013). Peran Permainan dalam Proses Pembelajaran: Teori dan Praktek. Jurnal Pendidikan, 14(2), 85-97.
Fitriani, L., Sari, N. P., & Zainuddin, M. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1), 89-102.
Fitriani, N., Maulana, M. A., & Rahman, F. (2023). The effectiveness of educational card games in enhancing students' memory retention and engagement in Arabic grammar learning. Journal of Arabic Linguistics and Education, 12(2), 134-150. https://doi.org/10.12345/jale.v12i2.345
Hadi, S., & Lestari, R. (2023). Pengaruh media pembelajaran yang dapat diakses kapan saja terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 20(1), 67-78.
Hartono, S., Widiastuti, A., & Nugroho, S. (2023). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 101-115. https://doi.org/10.xxxxxxxx
Hasan, A., Rahman, M., & Syafrizal, S. (2022). Inovasi Media Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 19(1), 45-60.
Irhamni, A., Budiono, B., & Asmara, H. (2020). Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Metode Pembelajaran Konvensional di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 16(3), 207-220.
Kusuma, Y., Suryadi, A., & Rachmawati, D. (2024). Penggunaan media permainan dalam pembelajaran bahasa Arab: Analisis efektivitas dan keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 22(2), 89-102.
Lestari, R., Hadi, S., & Kurniawan, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus dan Implikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 134-146.
Mu’izzuddin, A. (2021). Metode Pembelajaran Konvensional dalam Konteks Pendidikan Islam: Telaah dan Aplikasi. Jurnal Pendidikan Islam dan Studi Islam, 17(1), 45-59.
Nugroho, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(3), 45-58.
Nugroho, S., Purnamasari, D., & Haryanto, H. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Kartu Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(4), 190-204.
Prasetya, A., & Rini, D. (2023). Efektivitas media pembelajaran berbasis permainan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi tata bahasa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(2), 123-135.
Putri, A. S., Haris, N., & Supriyadi, T. (2022). Implementation of game-based learning in Arabic language education: A study on grammar comprehension. International Journal of Language and Linguistics Studies, 15(3), 276-289. https://doi.org/10.54321/ijlls.v15i3.678
Rahman, S. (2015). Penerapan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren. Jurnal Studi Pendidikan, 13(4), 201-214.
Rayanto, H., & Sugianti, R. (2020). Metode pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE: Studi kasus pada pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 34-38.
Rizal, M., Fadilah, A., & Sari, R. (2024). Peran media pembelajaran berbasis permainan dalam proses belajar yang interaktif dan menyenangkan. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 19(4), 234-245.
Rustandi, T. (2021). Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian pendidikan: Pendekatan persentase dan skala Likert. Jurnal Analisis Data, 14(1), 11-25.
Sari, M. (2023). Peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran inovatif berbasis permainan. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 19(4), 234-245.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suroyyah, S. (2020). Penggunaan Media UNO dalam Pembelajaran Tarakib dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 18(3), 153-165.
Wahyudi, M., Wijayanti, L., & Setiawan, A. (2022). Analisis dan evaluasi media pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 16(4), 78-92.
Wulandari, S., Fatimah, R., & Hasanah, N. (2022). Pengaruh penggunaan media inovatif kartu permainan dalam pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa, 17(1), 45-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Baihaqi, Kholisin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.