Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Di MTsN

Authors

  • Ninik Yustina Sari PPG Universitas Negeri Malang
  • I Nyoman Ruja Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p235-244

Keywords:

adiwiyata, budaya sekolah, berwawasan lingkungan, MTs Negeri 8 Blitar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis program adiwiyata dalam mewujudkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di MTs Negeri 8 Blitar. Penelitian difokuskan pada pelaksanaan program adiwiyata serta manfaat program adiwiyata dalam mewujudkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di MTs Negeri 8 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa implementasi program adiwiyata dalam mewujudkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di MTs Negeri 8 Blitar sudah sesuai dengan yang diharapkan dan manfaat secara umum yang diperoleh adalah mewujudkan kepedulian siswa terhadap lingkungan.

Kata kunci: adiwiyata, budaya sekolah, berwawasan lingkungan

Adiwiyata Program in Creating an Environmentally Friendly School Culture at MTsN

The aim of this research is to analyze the Adiwiyata program, and this research also focused on the implementation of the Adiwiyata program and the benefits of the Adiwiyata program in realizing an environmentally friendly school culture at MT's Negeri 8 Blitar. The approach used in this research is qualitative, with a descriptive type. Data collection, documentation, and interview techniques. From the results of the data analysis, it was concluded that the implementation of the Adiwiyata program created an environmentally friendly school culture, and the general benefit obtained was realizing students' concern for the environment.

Keyword: adiwiyata, school culture, abstract environmental insight

References

Adawiyah, R., Zaini, M., & Ajizah, A. (2022). Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan LKPD-elektronik konsep virus: Learning outcomes and critical thinking skills of students using the viruses concept electronic LKPD. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 78-87.

Bahrudin, M. D. . (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 119. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405

Helmi, H., Nengsih, Y. K., & Suganda, V. A. (2018). Peningkatan kepedulian lingkungan melalui pembinaan penerapan sistem 3R (reduce, reuse, recycle). JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.16861

Iskandar, D., & Jacky, M. (2015). Studi fenomenologi motif anggota Satuan Resimen Mahasiswa 804 Universi-tas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, 3(1), 1–12.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41

Kurniaty, Y., Nararaya, W. H. B., Turawan, R. N., & Nurmuhammad, F. (2016). Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu di Kota Magelang. Jurnal Unimma, 12(1), 140.

Marliani, N. (2015). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementa-si dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.146

Maryani, I. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau Dari Aspek Kegiatan Partisipatif Di Sdn Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 170. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2723

Maulidiyah, I. (2014). Manajemen ekstrakurikuler dalam mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan di SMA 3 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Novitasari, R., Fadilah, Y., & Rahaju, S. (2020). Sekolah Adiwiyata sebagai Pengembangan Masyarakat Desa Kedewan dalam Meningkatkan Potensi Wilayah. 2(4), 613–617.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Me-nanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334

Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Man-diri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011

Putri, K. (2017). Perilaku Belajar Pada Mahasiswa yang Mengalami Insomnia. E-Journal Bimbingan dan Kon-seling, 201–212.

Rahmandani, D. Q. (2019). Efektivitas program adiwiyata dalam meningkatkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di sma negeri 1 mejayan tahun ajaran 2018/2019. 1–90.

Riki, M., & Sumarnie. (2021). Equity in Education Journal (EEJ). Efektif, Swasta Kota, D I Raya, Palangka, 46–53. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221

Sembel, D. T. (2015). Toksikologi lingkungan. Penerbit Andi.

Subekti, S. (2010). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat. Subekti, Sri, 24–30. http://www.unwahas.ac.id/publikasiilmiah/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/download/326/411

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suminto, S. (2017). Ecobrick: solusi cerdas dan kreatif untuk mengatasi sampah plastik. PRODUCTUM Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 3(1), 26. https://doi.org/10.24821/productum.v3i1.1735

Yahya, M. S. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdit Imam Syafiâ€TMI Petanahan Kebumen. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232–246. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065

Downloads

Published

06/26/2024

How to Cite

Sari, N. Y. ., & Ruja, I. N. . (2024). Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Di MTsN. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 235–244. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p235-244

Issue

Section

Articles