Analisis penguasaan konsep pada sub-materi fluida statis, siswa kelas XI SMAN 1 Lawang Tahun 2017/2018

Authors

  • Bayu Aji Kurniawan
  • sentot Kusairi
  • Parno Parno
  • Agus Suyudi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i7p578–586

Keywords:

Analisis, Penguasaan, Konsep, Fluida, Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa kelas XI SMAN 1 Lawang pada sub-materi fluida statis. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan instrumen tes. Dalam penelitian ini akan dilakukan sampel berjumlah 72 siswa kelas XI SMAN 1 Lawang tahun 2017-2018. Siswa akan diberi soal tes fluida statis sebanyak 14 butir soal pilihan ganda beralasan dan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Skor rerata tes sebesar 43,3 pada skala 0-100, dengan persentase kebenaran sebesar 47 persen. Disaranakan siswa diberi lebih banyak praktikum serta pemahaman konsep fluida statis agar penguasaan pada materi ini menjadi lebih baik.

References

Budi, Kartika. (2007). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Fisika di Sekolah.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Dari : https://kbbi.web.id/

Fajrina, R.N.A.A., Handayanto, S.K. & Hidayat, A..(2016). Deskripsi Penguasaan Konsep Siswa terhadap Materi Fluida Statis di Tana Paser Kalimantan Timur Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA. Jurusan Fisika FMIPA.Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Rani-Nur-416-422.pdf

Firdausi.(2016). Penguasaan Konsep dan Ketrampilan Proses Sains Peserta Didik SMA NEGERI 2 SUMENEP dengan Thinking Maps pada The SE Learning Cycle pada Materi Fluida Statik. Program Studi Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Dr. Lia Yuliati, M. Pd., (ii) Dr. Parno, M.Si.

Herdiansyah, Haris. (2010). Metode penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu sosial.Jakarta: Salemba. Humanika

Prasasti, R.W., Yuliati, L. & Latifah, E.(2016). Identifikasi Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA. Jurusan Fisika FMIPA.Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Ravita-Wahyu-423-430.pdf

Santyasa, I W. (2006). Konsepsi, Miskonsepsi, dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick. Dari: http://repository.upi.edu/operator/upload/s_fis_054039_chapter2.pdf.

Sudijono, anas. (2009). Pengantar statistic pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sunardi, Zaenab dan Siti. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo

Widodo, Y. T. B. (2006). Brilliant Solution- Cara Cerdas Mengerjakan Soal Fisika Mekanika untuk SMA/MA. Yogyakarta: Andi Offset

Yadaeni, A., Kusairi, S. & Parno.(2016). Studi Kesulitan Siswa dalam Menguasai Konsep Fluida Statis. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA. Jurusan Fisika FMIPA.Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Dari : pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Ahmad-Yadaeni-59-65.pdf

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Aji Kurniawan, B. ., Kusairi, sentot, Parno, P., & Suyudi, A. . (2022). Analisis penguasaan konsep pada sub-materi fluida statis, siswa kelas XI SMAN 1 Lawang Tahun 2017/2018. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(7), 578–586. https://doi.org/10.17977/um067v1i7p578–586

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)