Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu

Authors

  • Debora Febbivoyna
  • Sumarjono Sumarjono
  • Bambang Tahan Sungkowo

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i7p564–569

Keywords:

discovery learning, prestasi belajar fisika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar fisika. Model pembelajaran Discovery Learning termasuk level pertama dari Levels of Inquiry merupakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif menemukan konsep fisika serta mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Melalui model pembelajaran Discovery Learning, siswa mampu menguasai konsep fisika dan  mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang  dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 3,06, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan cara konvensional adalah 2,77. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan secara konvensional. 2) Model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu.

References

Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research (EJER), (35).

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Kebudayaan, K. P. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.

Kebudayaan, K. P. (2014). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Wenning, C. J. (2005). Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. In J. Phys. Teach. Educ. Online.

Wenning, C. J. (2010), Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science, Journal of Physics Teacher Education Online, 5(4), 11-20.’

Wenning, C. J. (2011), Experimental Inquiry in Introductory Physics Courses, Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 2-8.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Febbivoyna, D. ., Sumarjono, S., & Tahan Sungkowo, B. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(7), 564–569. https://doi.org/10.17977/um067v1i7p564–569

Issue

Section

Articles