Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i7p564–569Keywords:
discovery learning, prestasi belajar fisikaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar fisika. Model pembelajaran Discovery Learning termasuk level pertama dari Levels of Inquiry merupakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif menemukan konsep fisika serta mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Melalui model pembelajaran Discovery Learning, siswa mampu menguasai konsep fisika dan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 3,06, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan cara konvensional adalah 2,77. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan secara konvensional. 2) Model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu.
References
Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research (EJER), (35).
Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Kebudayaan, K. P. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.
Kebudayaan, K. P. (2014). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Wenning, C. J. (2005). Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. In J. Phys. Teach. Educ. Online.
Wenning, C. J. (2010), Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science, Journal of Physics Teacher Education Online, 5(4), 11-20.’
Wenning, C. J. (2011), Experimental Inquiry in Introductory Physics Courses, Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 2-8.