Pengembangan media pembelajaran video teranimasi pada materi elastisitas untuk siswa kelas X SMA

Authors

  • Efitra Nindy Frima Yonansa
  • sentot Kusairi
  • Purbo Suwasono

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i8p639-648

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Teranimasi, Elastisitas

Abstract

Masalah yang sering terjadi pada pembelajaran fisika adalah tidak semua siswa dapat menangkap apa yang disampaikan oleh guru. Program remedial yang direncanakan oleh guru ternyata sering terkendala oleh keterbatasan waktu sehingga siswa perlu belajar mandiri. Upaya membuat ketertarikan siswa untuk belajar mandiri adalah memanfaatkan media pembelajaran yang bersifat audio visual dalam bentuk video teranimasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video teranimasi pada materi elastisitas untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan mengambil tujuh tahap meliputi analisis kebutuhan, perencanaan pembuatan rancangan produk, pengembangan bentuk produk awal, evaluasi ahli, melakukan uji coba kelompok kecil, revisi produk, dan hasil jadi produk. Produk hasil pengembangan terdiri atas empat file video yang masing-masing memuat pembukaan, materi inti, contoh soal dan pembahasan, uji diri siswa, penutup, petunjuk penggunaan untuk guru, dan petunjuk penggunaan untuk siswa. Analisis data berdasarkan data uji validasi dan uji coba terbatas secara keseluruhan diperoleh skor rata-rata sebesar 86,1 persen, sehingga memenuhi kategori layak.

References

Abyadati, s. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika animated video (video teranimasi) materi fluida untuk SMA kelas XI. skripsi Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.

Pendidikan, M. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Makmun, Abin Syamsuddin. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2003). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.

Sakti, I. (2013). Pengaruh media animasi fisika dalam model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukmadinata Nana, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M. S. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Jakarta: NTP Press Mataram.

Wahyudin, -., Sutikno, -., & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 6(1). doi:https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1105

Downloads

Published

31-08-2021

How to Cite

Nindy Frima Yonansa, E. ., Kusairi, sentot, & Suwasono, P. . (2021). Pengembangan media pembelajaran video teranimasi pada materi elastisitas untuk siswa kelas X SMA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(8), 639–648. https://doi.org/10.17977/um067v1i8p639-648

Issue

Section

Articles