Analisis kebutuhan pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang siswa SMP kelas VIII

Authors

  • Jesisca Pratiwi
  • Sentot Kusairi
  • Erti Hamimi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i5p341–346

Keywords:

Formative Feedback, Soal Isomorfik, Getaran dan Gelombang

Abstract

Penilaian merupakan suatu proses mengumpulkan dan mengolah suatu data atau informasi untuk mengukur suatu pencapaian dari proses dan hasil belajar. Penilaian dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, tanpa adanya penilaian guru tidak dapat mengetahui pencapaian belajar siswa dan tidak dapat mengetahui kesulitan belajar siswa pada suatu materi. Salah satu jenis penilaian pembelajaran yaitu penilaian formative. Penilaian formative memiliki peranan penting dalam mengevaluasi, membentuk kompetensi dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran melalui balikan yang diberikan. Pelaksanaan penilaian formative sering dianggap kurang efektif karena membutuhkan waktu dan perhatian tiap individu yang relatif lama serta feedback atau balikan tidak dapat diterima secara langsung oleh peserta didik. Penggunaan formatif feedback lebih efektif apabila dilakukan dengan bantuan komputer, selain itu penggunaan media dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dapat mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII yang layak dan valid digunakan sebagai media belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode dengan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat membantu guru dalam proses penilaian hasil belajar siswa dan membantu siswa dalam memahami materi serta memudahkan dalam mengaplikasikan pada soal.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II, Jakarta: Bumi Aksara,(2006). Prosedur Penelitian.

Candel, C., Vidal‐Abarca, E., Cerdán, R., Lippmann, M., & Narciss, S. (2020). Effects of timing of formative feedback in computer‐assisted learning environments. Journal of Computer Assisted Learning, 36(5), 718-728.

Cruz, É., Dias, H., & Kortemeyer, G. (2011). The effect of formative assessment in Brazilian university physics courses. Revista Brasileira de Ensino de Física, 33(4), 4315-4315.

Ismail, M. I. (2015). Pengaruh bentuk penilaian formatif terhadap hasil belajar ipa setelah mengontrol pengetahuan awal siswa. Jurnal Biotek, 3(2), 106-124.

Kamar, N., Kusairi, S., & Zubaidah, S. (2016). Pengembangan asesmen formatif dan remediasi berbasis komputer pada pokok bahasan suhu dan kalor SMP Kelas VII. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 66-76.

Lin, S. Y., & Singh, C. (2011). Using isomorphic problems to learn introductory physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 7(2), 020104.

Meliarti, D., & Djudin, T. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fisika melalui Pembelajaran Kontekstuan Berbantuan Animasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).

Nahadi, N., Firman, H., & Farina, J. (2015). Effect of feedback in formative assessment in the student learning activities on chemical course to the formation of habits of mind. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 36-42.

Nurjannah, N. (2017). Efektivitas bentuk penilaian formatif disesuaikan dengan media pembelajaran. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 75-90.

Rahmawati, F., & Indrawati, I. (2021). Penerapan model teaching with analogies (twa) dalam pembelajaran fisika di MA. Jurnal pembelajaran fisika, 1(2), 192-199.

Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2019). Pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berbasis saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 52-62.

Voinea, L. (2018). Formative assessment as assessment for learning development. Revista de Pedagogie, 66(1), 7-23.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Pratiwi, J. ., Kusairi, S. ., & Hamimi, E. . (2022). Analisis kebutuhan pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(5), 341–346. https://doi.org/10.17977/um067v1i5p341–346

Issue

Section

Articles