Pengembangan bahan ajar dengan model learning cycle 5e pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMP kelas VII

Authors

  • Lailatul Nuronia
  • Parno Parno
  • Novida Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i5p356–362

Keywords:

bahan ajar, learning cycle 5E, suhu dan kalor

Abstract

Keterbatasan bahan ajar dan kurangnya informasi dalam buku teks pelajaran kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah dapat dijadikan sebagai peluang untuk mengembangkan bahan ajar. Salah satunya materi suhu dan kalor. Model Learning Cycle 5E dalam bahan ajar merupakan salah satu model yang mampu menampilkan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4-D tanpa tahap disseminate . Hasil analisis bahan ajar menunjukkan nilai 89,43 persen yang masuk dalam kategori valid.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,(Jakarta: PT, Rineka Cipta, 2010). Cet. Ke-13.

Balci, S., Cakiroglu, J., & Tekkaya, C. (2006). Engagement, exploration, explanation, extension, and evaluation (5E) learning cycle and conceptual change text as learning tools. Biochemistry and Molecular Biology Education, 34(3), 199-203.

Hanuscin, D. L., & Lee, M. H. (2008). Using the learning cycle as a model for teaching the learning cycle to preservice elementary teachers. Journal of Elementary Science Education, 20(2), 51.

Istantiana, D. W. (2016). Pengembangan Media Computer Assisted Intruction (CAI) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Pemuaian Kelas VII di SMP Negeri 34 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2).

Kebudayaan, K. P. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.

KURNAZ, M. A., & Çalık, M. (2008). Using different conceptual change methods embedded within 5E model: A sample teaching for heat and temperature.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Nuronia, L. ., Parno, P., & Pratiwi, N. . (2022). Pengembangan bahan ajar dengan model learning cycle 5e pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMP kelas VII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(5), 356–362. https://doi.org/10.17977/um067v1i5p356–362

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)