Pengembangan bahan ajar digital pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP kelas VIII

Authors

  • Arini Roichatul Jannah
  • Munzil Munzil
  • Novida Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i3p206-215

Keywords:

bahan ajar, bahan ajar digital, multimedia, sistem ekskresi manusia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar digital pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP kelas VIII yang valid dan layak. Model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan diadopsi dari model pengembangan 4D (Four-D model) dari S. Thiagarajan, dkk (1974) tanpa menggunakan tahap disseminate. Kelayakan produk hasil pengembangan diperoleh dari uji validasi produk oleh ahli dan uji keterbacaan pada siswa. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari angket yang berisi tanggapan dan saran, sedangkan data kuantitatif didapatkan berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari skor angket validasi dengan menggunakan skala likert (skala bertingkat). Hasil uji validasi oleh ahli, menunjukkan bahwa produk sangat layak dengan persentase 97,3 persen untuk kelayakan materi dan 92 persen untuk kelayakan media. Berdasarkan uji keterbacaan pada siswa diperoleh persentase kelayakan bahan ajar digital sebesar 91,8 persen dan dapat dinyatakan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan sangat valid dan sangat layak. Dengan demikian bahan ajar digital pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP Kelas VIII dinyatakan valid dan layak.

References

Ariwibowo, P., & Parmin, P. (2015). PENGEMBANGAN AUDIO VISUAL SISTEM SIRKULASI DARAH YANG BERPENDEKATAN SAINTIFIK. Unnes Science Education Journal, 4(2).

Deliyannis, I. (Ed.). (2012). Interactive multimedia. BoD–Books on Demand.

Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2012). Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis macromedia flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 Materi pokok sistem reproduksi manusia. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 9, No. 1).

Ibrahim, A. (2013). Penerapan Learning Log Class untuk Mendiagnostik Kesulitan Belajar Siswa SMA Pada Materi Sistem Ekskresi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata, 1.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Merdekawati, A. D. C., Saputro, S., & Sugiharto, S. (2014). Pengembangan one stop learning multimedia menggunakan software adobe flash pada materi bentuk molekul dan gaya antar molekul kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 95-103.

Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301.

Munir, P. D. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan.

Hari. N, Didiek. (2018). Panduan Praktis Membuat Dan Mempublikasi Video Bahan Ajar, Yogyakarta: Budi Utama

Pramana, W. D., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan e-book IPA terpadu tema suhu dan pengukuran untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Riduwan, M. B. A. (2006). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Salirawati, D., Subiantoro, A. W., & Pujianto, P. (2011). Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. INOTEKS, 15(1).

Sunardi, S. S. (2010). Multimedia pembelajaran tatasurya dengan pendekatan inkuiri bagi kelas X SMK. J. TeknologiInformasi, 6, 37-42.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Ulfa, S. A. dkk. 2013. Pengembangan Modul IPA Elektronik Terpadu Berbasis Komputer untuk Siswa SMP dengan Tema Cahaya dalam Kehidupan Manusia sebagai Bahan Ajar Mandiri di SMP Negeri 1 Tulung Klaten dan SMP Negeri 2 Tempel Sleman. E-Journal Science Education UNY.

Widayat, W., Kasmui, K., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran ipa terpadu pada tema sistem gerak pada manusia. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Wismadi, R. H. (2013). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

Roichatul Jannah, A., Munzil, M., & Pratiwi, N. . (2021). Pengembangan bahan ajar digital pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(3), 206–215. https://doi.org/10.17977/um067v1i3p206-215

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)