Kajian literasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi materi sistem tata surya kelas VII SMP

Authors

  • Rohmatul Ifani
  • Munzil Munzil
  • A. M. Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i4p278-281

Keywords:

multimedia pembelajaran, metode Alessi dan Trollip, game edukasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi metari sistem tata surya kelas VII SMP. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menggunakan metode Alessi dan Trollip yang dikembangkan oleh M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Metode pengembangan Alessi dan Trollip memiliki tiga tahapan yaitu: 1) Perencanaan (planning); 2) Desain (design); dan 3) Pengembangan (development) (Alessi&Trollip, 2001). Metode pengembangan ini dikembangkan dengan mencakup aspek penting dari perencanaan proyek instruksional (Alessi & Trollip, 2001). Metode pengembangan Alessi dan Trollip didesain untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang didalamnya menjelaskan tentang komponen-komponen multimedia seperti teks, gambar, animasi, dan video (multimedia).

References

Boeker, M., Andel, P., Vach, W., & Frankenschmidt, A. (2013). Game-based e-learning is more effective than a conventional instructional method: a randomized controlled trial with third-year medical students. PloS one, 8(12), e82328.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Lestari, P. P., & Linuwih, S. (2014). Analisis Konsepsi dan Perubahan Konseptual Suhu dan Kalor pada Siswa SMA Kelas Unggulan. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-23.

Yien, J. M., Hung, C. M., Hwang, G. J., & Lin, Y. C. (2011). A game-based learning approach to improving students' learning achievements in a Nutrition course. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 10(2), 1-10.

Downloads

Published

30-04-2021

How to Cite

Ifani, R. ., Munzil, M., & Setiawan, A. M. . (2021). Kajian literasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi materi sistem tata surya kelas VII SMP. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(4), 278–281. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p278-281

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)