Analisis kebutuhan pengembangan buku suplemen sistem pernapasan manusia berbasis teknologi augmented reality sebagai bahan ajar siswa SMP kelas VIII

Authors

  • Aan Setya Nugroho
  • Munzil Munzil
  • Erti Hamimi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i2p88-92

Keywords:

Pengembangan bahan ajar, ; Buku suplemen, augmented reality

Abstract

Pengembangan buku suplemen sistem pernapasan manusia berbasis teknologi augmented reality bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar IPA SMP kelas VIII yang dapat menarik minat belajar peserta didik dalam menambah pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yaitu memfasilitasi kegiatan proses pembelajaran siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Buku suplemen yang dikembangkan menyediakan sumber belajar berbasis teknologi representatif dengan memanfaatkan peran dari teknologi augmented reality. Peran teknologi tersebut dalam bahan ajar ini yaitu dapat mentransformasikan sebuah objek dalam buku suplemen menjadi lebih nyata dalam bentuk tiga dimensi secara real time. Dengan penggunaan teknologi tersebut memungkinkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam materi sistem pernapasan manusia menjadi konkrit dan proses pembelajaran berlangsung tidak terbatas ruang dan waktu. Dengan adanya produk ini diharapkan dapat mamfasilitasi peserta didik dalam mengkonstruk pengetahuannya dan menyatupadukannya menjadi sebuah konsep yang utuh dan terpadu. Penelitian dan pengembangan ini bersifat diskriprif dan menggunakan metode penelitian studi lapangan di sekolah terkait pembelajaran IPA mengenai sistem pernapasan manusia.

References

Anjarsari. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Yogyakarta: FMIPA.

Arifudin. (2011). Pengaruh Penggunaan Buku Penunjang

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Depdiknas. (2009). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.Hewitt, P. G. (2007). Conceptual Integrated Science. San Fransisco:Pearson Addison Weasley.

Hidayat, D. W. (2014). Pengembangan Suplemen Augmented Reality Video Pada Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Pembelajaran Kelas 8 SMPMuhammadiyah 4 Singosari Malang.

Kitchenham, A. (2011).Models for Interdisciplinary Mobile Learning: Delivering Information to Students., United States: IGI Global.

Kumalasari.(2011).Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama

Kurniasari, D, A. (2014).. Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu Dengan Tema Pendengaran Kelas VIII., Unnes Science Education Journal 3 (2), 463.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

Salinan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahnun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 2013

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharso, A. (2011). Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3d Berbasis Augmented Reality. Majalah Ilmiah SOLUSI.

Sukarni, Putu. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas IV Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. Bali: Jurnal Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

28-02-2021

How to Cite

Setya Nugroho, A., Munzil, M., & Hamimi, E. . (2021). Analisis kebutuhan pengembangan buku suplemen sistem pernapasan manusia berbasis teknologi augmented reality sebagai bahan ajar siswa SMP kelas VIII . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(2), 88–92. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p88-92

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)