Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi cahaya dan alat optik

Authors

  • F. N. Rahmawati
  • Munzil Munzil
  • A. M. Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i3p226-230

Keywords:

Android, Pemahaman Konsep, Cahaya dan Alat Optik

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan media dapat menunjang siswa dalam penguasaan konsep, menambah stimulus belajar khususnya rasa ingin tahu. Dari hasil observasi diperoleh bahwa Siswa kurang mengerti konsep pada materi cahaya serta alat optik dikarenakan siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Penelitian ini ditujukan agar dapat menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi cahaya serta alat optik yang diperuntukkan siswa SMP kelas VIII yang valid juga layak digunakan. Model penelitian yang dipakai dalam penelitian serta pengembangan ini adalah dari Alessi & Trollip. Hasil validasi media mendapatkan 89,1 persen , validasi materi mendapatkan 100 persen, Hasil uji keterbacaan siswa mendapatkan 88,8 persen, oleh karena itu media dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran

References

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Allyn & Bacon.

Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.

Febryana, M., Sudarmi, M., & Rondonuwu, F. S. (2015). Desain Pembelajaran IPA Terpadu pada Siswa SMP dengan Topik Pemanasan Global. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 30-37.

Ghozi, S. (2014). Pengembangan Materi Mobile Learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Perguruan Cikini Kertas Nusantara Berau. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 22-30.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106.

Insani, M. D. (2017). Studi pendahuluan identifikasi kesulitan dalam pembelajaran pada guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81-93.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).

Ramadhani, D. G., Mulyani, B., & Utomo, S. B. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android Dan LKS Dalam Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(4), 16-25.

Saefi, M. (2015). Pengembangan media mobile learning berbasis android pada pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Samatowa, U. (2006). Bagaimana membelajarkan IPA di sekolah dasar. PT Pustaka Indonesia Press.

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, D. R. (2015). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI BUNYI DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW DI KELAS VIII A SMP NEGERI 2. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.

Yogiyatno, W., & Sofyan, H. (2014). Pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar mengoperasikan software basis data untuk SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

Rahmawati, F. N. ., Munzil, M., & Setiawan , A. M. . (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi cahaya dan alat optik. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(3), 226–230. https://doi.org/10.17977/um067v1i3p226-230

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)