Pengembangan game edukasi ipa kuartet sebagai media pembelajaran ipa

Authors

  • Nadia Nurmalita
  • Munzil Munzil
  • Novida Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i4p290-296

Keywords:

game edukasi, IPA kuartet, pembelajaran IPA

Abstract

Kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA menuntut proses belajar secara interaktif dan menarik, memberikan ruang yang cukup untuk kemandirian siswa sesuai perkembangan fisik dan psikologis. Pada pelaksanaannya, beberapa siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPA karena sulit memahami materi yang bersifat mikroskopik atau tidak dapat ditangkap oleh indera, bersifat makroskopik atau abstrak, dan sulit termotivasi untuk belajar materi yang bersifat majemuk atau satu materi mencakup banyak sub materi lainnya. Materi yang bersifat majemuk dapat diajarkan dengan metode yang menyenangkan atau metode game edukasi dengan menggunakan media IPA Kuartet. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media game edukasi IPA Kuartet yang valid dan layak sehingga dapat digunakan untuk belajar secara mandiri dan bernuansa menyenangkan.

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Plomp yang terdiri dari tiga fase yakni, fase penelitian preliminer, fase pembuatan prototipe, dan fase asessmen. Produk di cetak dalam bentuk kumpulan kartu yang berisi 30 kartu dalam satu set permainan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media, ahli materi serta guru IPA. Jenis data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif yaitu berupa angket yang disertai saran dan komentar. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif

Berdasarkan validasi media oleh validator diperoleh skor rata-rata 4.66 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan validasi materi oleh validator diperoleh persentase 87 persen sesuai dengan konsep. Validasi kesesuaian pembelajaran dengan kurikulum 2013 oleh validator memperoleh skor rata-rata 4.44 dengan kriteria sangat sesuai

References

Arikunto, S. (2006). Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Konicek-Moran, R., & Keeley, P. (2015). Teaching for conceptual understanding in science. Arlington: NSTA Press, National Science Teachers Association.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebagai Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research, 11-50.

Vieira, R. M., Tenreiro-Vieira, C., & Martins, I. P. (2011). Critical thinking: Conceptual clarification and its importance in science education. Science education international, 22(1), 43-54.

Widiyatmoko, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Fisika dengan pendekatan physics-edutainment berbantuan CD pembelajaran interaktif. Journal of Primary

Downloads

Published

30-04-2021

How to Cite

Nurmalita, N. ., Munzil, M., & Pratiwi, N. . (2021). Pengembangan game edukasi ipa kuartet sebagai media pembelajaran ipa. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(4), 290–296. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p290-296

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)