Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa berbasis pbl terintegrasi stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi gerak lurus

Authors

  • Alifia Asterina Putri
  • Parno Parno
  • Yessi Affriyenni

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i5p363–366

Keywords:

bahan ajar, PBL-STEM, berpikir kritis, gerak lurus

Abstract

Bahan ajar ialah salah satu sarana belajar yang bisa digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. Tetapi model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata, menyisipkan aspek STEM, dan menggunakan strategi belajar mandiri belum banyak dikembangkan. Dilihat dari berbagai penelitian masih banyak siswa dengan kemampuan berpikir kritisnya masih rendah dan kesulitan untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan permasalahan nyata. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dari bahan ajar dengan PBL-STEM pada materi gerak lurus sehingga layak digunakan sebagai peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian yang dilakukan menerapkan model pengembangan 4-D dengan tujuan menjelaskan kenaikan kemampuan berpikir kritis melalui bahan ajar IPA berbasis PBL-STEM. Hasil validasi ahli materi menyimpulkan bahwa bahan ajar memiliki persentase kelayakan rata-rata 96 persen, dan validasi ahli media menunjukkan persentase rerata kelayakan 90 persen. Hasil uji keterbacaan oleh guru menyimpulkan jika bahan ajar memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 100 persen dan hasil keterbacaan oleh 15 siswa memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 100 persen. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar IPA dengan PBL-STEM diperoleh hasil sangat layak sehingga berpeluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

References

Cahyaningsih, F., & Roektiningroem, E. (2018). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 7(5), 239-244.

Darojatun. C.A. (2017). Analisis soft skills siswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom – collaborative learning pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois, 2(4).

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2018, March). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 198-206).

LaForce, M., Noble, E., & Blackwell, C. (2017). Problem-based learning (PBL) and student interest in STEM careers: The roles of motivation and ability beliefs. Education Sciences, 7(4), 92.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2).

Rachmawati, D., Suhery, T., & Anom, K. (2017, October). Pengembangan modul kimia dasar berbasis STEM problem based learning pada materi laju reaksi untuk mahasiswa program studi pendidikan kimia. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 239-248).

Satriani, A. (2017, October). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Mengintegrasikan Pendekatan Stem Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 207-213).

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).

Wibowo, A., & Purnama, S. (2013). Pendidikan karakter di perguruan tinggi: Membangun karakter ideal mahasiswa di perguruan tinggi. Pustaka Pelajar.

Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes, S. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. Prosiding Semnas Pend IPA Pascasarjana UM, 1, 976-984.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Asterina Putri, A. ., Parno, P., & Affriyenni, Y. . (2022). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa berbasis pbl terintegrasi stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi gerak lurus. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(5), 363–366. https://doi.org/10.17977/um067v1i5p363–366

Issue

Section

Articles