Pengembangan bahan ajar ipa terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII

Authors

  • Kirara Lena Siswanti
  • Safwatun Nida
  • Sugiyanto Sugiyanto

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i5p347–355

Keywords:

pengembangan bahan ajar IPA terpadu, Problem Based Learning (PBL), materi zat aditif dan zat adiktif

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII yang valid dan layak. Pengembangan bahan ajar berupa buku siswa dan buku guru. Bahan ajar yang dikembangkan melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Uji keterbacaan dilakukan oleh guru dan siswa. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan skor hasil validasi dan uji keterbacaan, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif.

References

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana.

Arends, R. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyatin Sotjipto.(2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, Leora. (2003). Problem Based Learning, p.l.,

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 17.

Nasional, D. P. (2010). Panduan pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Divrania, R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik dengan model problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Handayani, P. T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Multimedia pada Materi Sistem Ekskresi (KD 3.9 & 4.10) untuk Siswa Kelas XI MIA SMA. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM.

Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Kebudayaan, K. P. D. (2013). Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemesdikbud.

Pendidikan, K. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata, 1.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Minawati, Z., Haryani, S., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Sistem Kahidupan Dalam Tumbuhan Untuk Smp Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Nur, M. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Pannen, Paulina, Dina Mustafa, and Mestika Sekarwinahyu. "Konstruktivisme dalam pembelajaran." Jakarta: Depdiknas (2001).

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.

Riduwan, M. B. A. "Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula." Bandung: Alfabeta (2006).

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2 (2):68-73,

Suharia, M., & Widiyaningrum, P. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran zat adiktif dan psikotropika dengan problem based learning di SMP. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children.

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, C. S. Jasmadi (2008) Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo xxxv.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Lena Siswanti, K., Nida, S. ., & Sugiyanto, S. (2022). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(5), 347–355. https://doi.org/10.17977/um067v1i5p347–355

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>