Penerapan Podcast sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Alfi Rahma Maulina PPG Universitas Negeri Malang
  • Edi Supriana Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p225-230

Keywords:

podcast, seni musik, reformasi pendidikan, kreativitas siswa

Abstract

Penerapan media pembelajaran merupakan langkah progresif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Mulai dari media tatap muka hingga media online seperti podcast, semua memiliki peran penting dalam memfasilitasi pemahaman materi bagi peserta didik. Di berbagai lembaga pendidikan, media-media ini telah diterapkan sebagai metode baru pembelajaran. Salah satu contoh aplikasi yang menarik untuk diteliti adalah penggunaan media podcast dalam pembelajaran seni musik di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami sistem penerapan media podcast dalam konteks pembelajaran seni musik dan dampaknya terhadap proses pembelajaran siswa. Dalam menjalankan penelitian ini, pendekatan kualitatif diguna­kan untuk meng­eksplorasi pengalaman dan persepsi para praktisi pendidikan serta hasil penelitian terdahulu. Data diperoleh melalui analisis literatur dalam bentuk buku, jurnal ilmiah, dan literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian ini memberikan be­berapa temuan signifikan. Pertama, podcast terbukti cocok sebagai media pembel­ajaran pengganti yang mudah diakses, menyediakan aksesibilitas yang lebih fleksibel bagi peserta didik. Kedua, meskipun efektif, podcast ternyata hanya cocok untuk beberapa mata pelajaran dan jenjang pendidikan tertentu. Ketiga, media podcast juga membuka peluang bagi siswa untuk mengekspresikan diri melalui musik, meningkatkan kreativitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi dan batasan penggunaan media podcast dalam pembelajaran seni musik di Sekolah Dasar. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran, tetapi juga memperluas wawasan kita tentang penerapan teknologi dalam konteks pendidikan.

References

Daryanti, D., Desyandri, D., & Fitria, Y. (2019). Peran Media dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 215–221. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.46

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Ilana, V. R. ., Hidayat, E. ., & Mardasari, O. R. . (2021). Pengembangan Media Podcast untuk Keterampilan Menyimak Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p151-161

Maharani, I., Efendi, N., & Oktira, Y. S. (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13090-13098.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720

Media, P., Audio, P., Podcast, B., Hasil, T., Siswa, B., Audio, M. P., Author, C., Sendatasik, P. P., & Artikel, H. (n.d.). Media Pembelajaran Audio

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur). Jurnal pendidikan tambusai, 4(2), 1526-1539.

Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 133–135. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4821/2755

Patton, M. Q. (2009). Metode evaluasi kualitatif.

Putri, Y. A., & Handayaningrum, W. (2020). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Musik Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 13-28.

Rahmah, L. A., & Ahsanuddin, M. . (2022). Pengembangan Media Podcast pada Aplikasi Spotify sebagai Media Pembelajaran Maharah al- Istima’ . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1613–1625. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1613-1625

Rosyidah, A. ., Furaidah, F., & Suryati, N. . (2021). English Department Students’ Experience and Opinions on the Use of Podcast for Learning English Independently. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(1), 106–120. https://doi.org/10.17977/um064v1i12021p106-120

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807.

Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, S., Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 5 NAMLEA. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 81-91.

Yuni, Q. F. (2017). Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1980

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Maulina, A. R. ., & Supriana, E. (2024). Penerapan Podcast sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Tingkat Sekolah Dasar . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 225–230. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p225-230

Issue

Section

Articles