Materi Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Tingkat SMP Kelas VIII

Authors

  • Qurrota Akyun PPG Universitas Negeri Malang
  • Yuni Pratiwi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p101-115

Keywords:

tata bahasa, buku teks, tingkat SMP

Abstract

Tata bahasa merupakan sistem aturan yang mengatur struktur dan penggunaan bahasa, memastikan bahasa dapat digunakan dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi tata bahasa yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk kelas VIII berdasarkan Kurikulum Merdeka. Buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII merupakan salah satu media pembelajaran utama yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi (4C) serta karakter positif peserta didik. Kurikulum Merdeka menekankan pendekatan yang holistik dalam pendidikan, dengan tujuan mengembangkan potensi penuh peserta didik, baik dari segi akademik maupun karakter. Meskipun penelitian sebelumnya telah menyoroti pentingnya materi tata bahasa dalam buku teks, penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai pemetaan materi tata bahasa yang ada dalam buku teks bahasa Indonesia untuk kelas VIII berdasarkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk mengkaji sejauh mana buku teks tersebut memenuhi standar kurikulum dan bagaimana materi tata bahasa disajikan untuk mendukung pengembangan keterampilan 4C dan karakter positif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan bahasa di tingkat sekolah menengah, serta mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih efektif dan bermakna. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi tata bahasa dalam buku teks, para pendidik dapat merancang strategi pengajaran yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi pengembangan buku teks di masa depan, memastikan bahwa materi tata bahasa disajikan secara komprehensif dan mendukung tujuan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan wawasan teoritis tetapi juga aplikasi praktis dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

References

Chaer, A., & Agustina, D. (2020). Tata Bahasa Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama.

Djoko, S. (2020). Peran Penting Tata Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 13(2), 189-202.

Gusfitri, Maya L. & Elly D. (2021). Bahasa Indonesia Kelas 8. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kridalaksana, H. (2013). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahmud, J. (2015). Pengantar Morfologi dan Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Permata, R., Rahayu, S., & Pratama, A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa dalam Menggunakan Tata Bahasa yang Benar dalam Menulis Surat Lamaran Kerja. Jurnal Bahasa dan Sastra, 14(2), 85-95.

Pramudiani, D. (2020). Persepsi Siswa terhadap Materi Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 70-80.

Priyadi, A., Setiawan, B., & Suryanto, D. (2020). Kendala Siswa dalam Memahami Tata Bahasa Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 40-50.

Riyanto, B., Susanto, A., & Kartika, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Bahasa Formal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 75-85.

Sari, A. (2017). Peran Materi Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 30-40.

Setiawan, A. (2018). Strategi Pengajaran Tata Bahasa melalui Buku Teks Bahasa Indonesia di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 55-65.

Subali, B., Tjakraatmadja, J. H., Suyatno, S., & Handoko, D. (2021). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Strategi Pengembangan Literasi Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(7), 1133-1143.

Sulistiyowati, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Teks Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Pemahaman Tata Bahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 40-50.

Sumadi. (2014). Morfologi Bahasa Indonesia. Malang : Universitas Negeri Malang.

Sumadi. (2016). Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: Penerbit A3.

Tarigan, H. G. (2014). Berbahasa dengan Baik dan Santun. Bandung: Pustaka Cinta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wulandari, R., Setiawan, B., & Santoso, A. (2019). Efektivitas Materi Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 50-60.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Akyun, Q. ., & Pratiwi, Y. . (2024). Materi Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Tingkat SMP Kelas VIII. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(2), 101–115. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p101-115

Issue

Section

Articles