Citra Perempuan dalam Kumpulan Cerkak Kembang Pasren Karya Impian Nopitasari sebagai Nilai Pendidikan Gender

Authors

  • Himmatus Sholikhah Universitas Negeri Malang
  • Anang Santoso Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1125-1137

Keywords:

citra, Kembang Pasren, gender

Abstract

Citra perempuan yang terdapat dalam karya sastra merupakan gambaran, ataupun kesan mental dan visual terhadap tokoh perempuan yang ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, maupun kalimat sebagai unsur dasar yang khas dalam karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan citra tokoh perempuan Jawa dan nilai-nilai pendidikan gender yang ada dalam kumpulan cerkak Kembang Pasren karya Impian Nopitasari dari segi realitas sosial masyarakat. Pentingnya kajian tentang citra perempuan dalam kumpulan cerkak adalah untuk menunjukkan perkembangan gambaran karakter perempuan pada cerkak sebagai karya sastra yang menyoroti gambaran perempuan Jawa era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan orientasi teori sosiologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beragam citra pe­rempuan, meliputi citra fisik, psikis, dan citra sosial. Dari keberagaman citra tersebut, ada citra tokoh yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan standar masyarakat Jawa. Nilai-nilai pendidikan gen­der yang tertuang dalam kumpulan cerkak Kembang Pasren diwujudkan dalam keberagaman citra fisik perempuan yang menunjukkan identitasnya dengan bebas. Selain itu, penulis menyampai­kan pesan kesetaraan gender dari perwujudan sikap saling mendukung antara tokoh perempuan dan tokoh laki-laki serta kebebasan perempuan untuk menjalankan perannya di ranah domestik dan ranah publik.

Kata kunci: citra; Kembang Pasren; gender

The Image of Women in the Short Story Collection of Kembang Pasren by Impian Nopitasari as the Value of Gender Education

The image of women contained in literary works is a description, or mental and visual impression of female characters that came out from a word, phrase, or sentence as a  basic element in literature. This study aims to describe the image of Javanese female figures and the values of gender education in the Kembang Pasren, an anthology of short stories by Impian Nopitasari. The importance of the study about the woman’s image is to show the character development of the female character in the short story as a literary work that highlights the image of modern Javanese women. This study uses a qualitative approach with descriptive research type and uses sociology of literature as the theory orientation. The results show that there are various images of women, including physical, psychologi­cal, and social images. From the diversity of images, there are figures that are appropriate and some are not in accordance with the standards of Javanese society.The values of gender education in Kem­bang Pasren are manifested the diversity of women's physical images that show their identity freely. In addition, the author conveys the message of gender equality from the embodiment of mutual support between female and male figures and the woman’s freedom to do their roles in the domestic and public environtments.

Keywords: image; Kembang Pasren; gender

References

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra:Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.

Astuti, Y. D. (2016). Media dan Gender (Studi Deskriptif Representasi Stereotipe Perempuan dalam Iklan di Televisi Swasta). Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(2), 25–32. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1205.

Budiati, A. C. (2010). Aktualisasi Diri Perempuan dalam Sistem Budaya Jawa (Persepsi Perempuan Terhadap Nilai-nilai Budaya Jawa dalam Mengaktualisasikan Diri). Jurnal Pamator , 3(1), 51–59. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/pamator/article/view/2401

Hartama, S. C., & Nazaruddin, K. (2017). Citra Perempuan Jawa dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5 (1), 1-11. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/17750.

Meria, A. (2012). Pendidikan Kemandirian Berbasis Gender (Nilai Pendidikan Pesantren di Indonesia). Jurnal Kafaah: Journal of Gender Studies, 2(2), 13–27. Retrieved from https://www.kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/59.

Nugroho, I. (2014). Potret Perempuan dalam Lima Cerkak Jawa. Jurnal Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 3(1), 57-63. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sutasoma.

Nurullita, H., & Afiyanto, H. (2021). Perempuan dan Gaya Hidup Barat di Kota Yogyakarta Pada Awal Kemerdekaan Indonesia. Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya, 5(1), 97-109. Retrieved from http://handep.kemdikbud.go.id/index.php/handep/article/view/147.

Purwahida, R. (2018). Citra Fisik, Psikis, dan Sosial Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Hujan dan Teduh Karya Wulan Dewatra. Jurnal Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 2(2), 33-43. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/1527.

Qoyyimah, N. (2022). Representasi Karakteristik Perempuan Jawa dalam Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 17(6). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15402.

Rahmawati, M. I., & Sumarlam, S. (2020). Kajian Wacana: Pemanfaatan Prinsip Analogi Dalam Kumpulan Cerkak Kembang Pasren Karya Impian Nopitasari (Discourse Analysis: The Application Of The Analogy Concept In Short Stories Series Kembang Pasren By Impian Nopitasari). Jurnal Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 18(1), 75. Retrieved from http://metalingua.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/metalingua/article/view/367.

Rusyidi, B., & Nurwati, N. (2018). Penanganan Pekerja Seks Komersial di Indonesia. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 303-313. Retrieved from http://garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=926888.

Sabariman, H. (2019). Perempuan Pekerja (Status dan Peran Pekerja Perempuan Penjaga Warung Makan Kurnia). Jurnal Analisa Sosiologi, 8(2), 162-175. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/34084/27707.

Setiari, A. D. (2017). Identitas Ke-Indonesiaan melalui Panyandra Bentuk Tubuh Indah Masyarakat Jawa. Jurnal Madah, 10 (2), 171-188. Retrieved from http://madah.kemdikbud.go.id/index.php/madah/index.

Siswanto, W. (2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing.

Sofyan, M. A., Bakhri, S., & Agbo, C. C. (2021). Janda dan Duda: Genealogi Pengetahuan dan Kultur Masyarakat Tentang Janda sebagai Pelanggengan Kuasa Patriarki. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(2), 199–214. Retrieved from http://kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/359.

Sugihastuti, S., & Suharto, S. (2002). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/240.

Suryana, A. (2007). Tahap-tahap Penelitian Kualitatif Mata Kuliah Analisis Data Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanti, R. D. (2016). Pendidikan Sastra Sensitif Gender: Alternatif Metode Pembelajaran Sastra Berperspektif Gender Untuk Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Palastren: Jurnal Studi Gender, 8(2), 381–398. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Palastren/article/view/971/0.

Susiana, S. (2019). Pelindungan Hak Pekerja Perempuan dalam Perspektif Feminisme. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(2), 207–221. Retrieved from https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1266.

Umniyyah, Z. (2020). Marginalisasi Perempuan: Cara Pandang Masyarakat Penganut Sistem Patriarki dalam Novel Kenanga Karya Oka Rusmini. UNEJ e-Proceeding, 120–129. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19977.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Sholikhah, H. ., & Santoso, A. . (2023). Citra Perempuan dalam Kumpulan Cerkak Kembang Pasren Karya Impian Nopitasari sebagai Nilai Pendidikan Gender . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(8), 1125–1137. https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1125-1137

Issue

Section

Articles