Pengembangan Aplikasi Hayya Naqro’ sebagai Media Alternatif Pembelajaran Maharah Qiraah Bahasa Arab pada Jenjang SMP/MTs

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1189-1208

Keywords:

Maharah qiraah, Media pembelajaran, Aplikasi berbasis android

Abstract

Abstract: Reading skill (Maharah Qiraah) is one of the four skills in learning Arabic that has a remarkable pivotal role in making students fluent and skilled while understanding the meaning of reading. This goal can be achieved when the learning components are relevant and run optimally. One of the learning components that assist teachers to convey material to students to make the material more easily understood is learning media. This research aims to develop and knowledge the feasibility of Arabic learning media in the form of an application named Hayya Naqro' which specifically offers reading skills' materials for 7th grade students of Junior High School level. In the meantime, in a specific way, this media aims to facilitate student learning by reciting, understanding and analyzing reading texts properly, correctly and fluently. In addition, while this development research uses an R&D design with the ADDIE model which encompasses the following stages, such as analysis, development, design, implementation and evaluation. Based on the data that has been obtained, Hayya Naqro’ application feasibility value is 80,71 percent so that it is concluded that it is very feasible as an alternative media in learning Arabic.

Keywords: android-based application; learning media; maharah qiraah

Abstrak: Maharah qiraah merupakan salah satu dari empat keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Arab yang berperan penting agar siswa fasih dan terampil dalam memahami makna bacaan. Tujuan tersebut bisa tercapai apabila komponen pembelajaran di dalamnya relevan dan berjalan secara optimal. Salah satu komponen pembelajaran yang membantu guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik sehingga materi dapat lebih mudah dipahami ialah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Bahasa Arab berupa aplikasi Hayya Naqro’ yang menyajikan materi keterampilan membaca untuk kelas VII jenjang SMP/MTs. Secara khusus media ini bertujuan untuk mempermudah belajar siswa dalam melafalkan, memahami dan menganalisis teks bacaan dengan baik, benar dan lancar. Pene­litian pengembangan ini menggunakan rancangan R&D model ADDIE yang meliputi tahap: analisis, pengembangan, desain, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan data penelitian dan analisis yang telah didapatkan, diperoleh nilai kelayakan aplikasi Hayya Naqro’ sebesar 80,71 persen sehingga disimpulkan sangat layak sebagai media alternatif dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Kata kunci: aplikasi berbasis android; maharah qiraah; media pembelajaran

References

Ainin, M. (2014). Metodologi penelitian peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab (teori dan praktik). Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Asrori, I. & Ahsanuddin, M. (2016). Media pembelajaran bahasa Arab dari kartu sederhana sampai web penjelajah dunia. Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Amrulloh, A. Y. (2021). Aplikasi “Kitabahku” berbasis Android untuk pembelajaran kitabah khat naskhi. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa, V, 566–569. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/811/

Finaka, A. W. (2018). 66,3% Masyarakat Indonesia memiliki smartphone #8. IndonesiaBaik. Retrieved from https://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8

Junaedi, D. (2019). Desain pembelajaran model ADDIE. Retrieved from https://www.academia.edu/35509908/DESAIN_PEMBELAJARAN_MODEL_ADDIE.

Munafa’ah, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Untuk kemahiran membaca siswa kelas VIII MTs Kabupaten Semarang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/31763.

Ni'mah, K. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan qiro'ah bahasa Arab dengan teknik make a match di kelas V MI Pucangro Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 7–10. doi: 10.52166/mida.v4i1.489

Nuha, U. (2016). Ragam metodologi & media pembelajaran bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 20–24. doi: 10.21831/jep.v8i1.706

Rahman, A. A. (2017). Keterampilan membaca dan teknik pengembangannya dalam pembelajaran bahasa Arab. Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1). doi: https://doi.org/10.24252/diwan.v3i2.4602

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori dan praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Rohman, S. N. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah (Unpublished undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11070

Salami, M., & Rosmalita. (2017). تطوير اللعب “Menyusun Teks” بالكمبيوتر في مهارة القراءة والكتابة ب MTs Darul Hikmah Aceh Besar. Jurnal Lisanuna, 7(2), 250–254. doi: 10.22373/l.v7i2.3468

Sulhadi, A. (2020). Media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Arruz untuk penguasaan Nahwu di Jurusan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Jurusan PBA El-Tsaqafah, 19(1), 39–44. doi: 10.20414/tsaqafah.v19i1.2343

Yuniar, & Marwa, A. (2018). العلاقة بين الكفاءة المهنية لمعلم ورغبة التلاميذ في تعلم اللغة العربية بمهارة قراءة النص العربية بالمدرسة العالية المهاجرين موس رواس سومطرى الجنوبية.. Jurnal Al Bayan, 10(1), 140–144. doi: 10.24042/albayan.v10i01.2600

Downloads

Published

2022-09-14

How to Cite

Laili, S. Z. ., & Ainin, M. (2022). Pengembangan Aplikasi Hayya Naqro’ sebagai Media Alternatif Pembelajaran Maharah Qiraah Bahasa Arab pada Jenjang SMP/MTs. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1189–1208. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1189-1208

Issue

Section

Articles