Pengembangan Kartu Permainan Talk or Dare untuk Pembelajaran Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p763-774Keywords:
kemahiran berbicara, pengembangan, media pembelajaran, kartu permainan Talk or DareAbstract
Abstract: Speaking skills are one of the language learning skills that must be mastered. The difficulty of pronouncing vocabulary and expressing a sentence are the most common problems that happen to elementary students. Therefore, to solve those problems, learning media that can help and support the students so they can get used to speaking Arabic is needed. The aims of this research are to develop the Talk or Dare Game Cards as a learning media for speaking skills and describe the feasibility of Talk or Dare game cards as the learning media for the fifth-grade students. The procedure used in this research is Research and Development, including these following seven methods: (1) potential problems, (2) data collection, (3) planning, (4) product design, (5) design validation, (6) product revision, (7) product trial. The process of developing a learning media in this present research resulted in the creation of 15 pieces of The Talk Cards containing target vocabularies, 15 pieces of The Dare Cards containing dialogues, and the manual booklet on how to play cards set.
Keywords: speaking Arabic skills, the development of learning media, Talk or Dare game cards
Abstrak: Kemahiran berbicara dalam pembelajaran Bahasa merupakan salah satu kemahiran yang wajib dikuasai. Kesulitan melafalkan kosakata, dan kesulitan mengungkapkan kalimat merupakan permasalahan umum yang banyak terjadi pada siswa sekolah dasar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu dan mendukung siswa agar terbiasa berbicara Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kartu permainan Talk or Dare sebagai media pembelajaran kemahiran berbicara dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran kartu permainan Talk or Dare untuk siswa kelas V. Penelitian in menggunakan metode Research and Development, meliputi tujuh tahapan sebagai berikut: (1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Penelitian pengembangan ini menghasilkan seperangkat kartu permainan Talk or Dare yang meliputi (1) 15 buah kartu Talk berisi Mufrodat, (2) 15 buah kartu Dare berisi Percakapan, dan (3) kartu petunjuk penggunaan
Kata kunci: kemahiran berbicara, pengembangan, media pembelajaran, kartu permainan Talk or Dare
References
Ainin, M. (2007). Metodologi penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka
Alfian, I. M. (2007). Fa’aaliyah istikhdaam al-al’ab al-lughawiyyah lita’liim maharoh al-kalaam fii ma’had Baitul Arqam Al-Islamiyyah Balung Jember. (Tesis tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/5814/
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2016). Media pembelajaran Bahasa Arab dari kartu sederhana sampai web penjelajah dunia. Malang: CV. Bintang Sejahtera
Brewer, E. C. (2013). Dictionary of phrase & fable. Chambers Harrap Publishers.
Fauzan, M. (2020). Teknik pembelajaran Bahasa Arab untuk kemahiran berbicara yang inovatif dan menarik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (pp. 169-180). Diunduh dari http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/731
Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82-89.
Jumiati. (2011). Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kemahiran bahasa Arab bagi siswa kelas XI Madrasah Aliyah. (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang).
Nisak, A. (2010). Pengaruh penggunaan media kartu kwartet terhadap minat dan keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang. (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang).
Kartu (Def.1) (n.d). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diunduh dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kartu,
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar 2020-21. (SK.022868.A). Diakses melalui https://covid19.go.id/p/regulasi/pp-no-21-tahun-2020-tentang-psbb-dalam-rangka-penanganan-covid-19
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (1996) Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada
Setiawaty, M. (2010). Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah. (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang).
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Unsi, B. T. (2015). Kemahiran berbicara Bahasa Arab melalui penciptaan lingkungan bahasa. Tafaqquh, 3(1), 123-141.
Wa Muna. (2014). Kartu permainan: Media pembelajaran Bahasa Arab kontekstual. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 84-100.
Wahyudi, A. (2017). Aku cinta bahasa Arab untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.