Pola Soal Soal HOTS Kitab Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik Jilid 1-3

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1339-1354

Keywords:

bahasa Arab, Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik, Higher Order Thinking Skill

Abstract

Kitab Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik (ABY) digunakan pada banyak kampus termasuk di prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Sastra Arab, Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kategorisasi tingkatan soal HOTS ABY Jilid 1-3, relevansi muatan soal-soal HOTS terhadap kemahiran berbahasa, dan komposisi jumlah soal HOTS terhadap kemahiran berbahasa. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini meliputi tiga hal yaitu: (1) Kategorisasi tingkatan soal HOTS yang terdiri atas soal analisis, soal evaluasi, dan soal kreasi yang memiliki karakteristik pola tertentu, (2) Relevansi muatan soal-soal HOTS terhadap kemahiran berbahasa yang menunjukkan tersebarnya soal-soal HOTS secara merata pada semua aspek kemahiran berbahasa, dan (3) Komposisi jumlah soal HOTS terhadap kemahiran berbahasa yang menunjukan ABY 1 dominan soal HOTS keterampilan menyimak, ABY 2 dominan soal HOTS keterampilan menulis, dan ABY 3 dominan soal HOTS keterampilan membaca.  

Kata Kunci: bahasa Arab; ABY; HOTS

The Question Pattern of HOTS Questions in the Al-'Arabiyyah Bayna Yadaik Book Volumes 1-3

The Al-'Arabiyyah Bayna Yadaik (ABY) Book is used on many campuses, including the Arabic Language Education Bachelor's Degree Study Program, Department of Arabic Literature, State University of Malang. This study aims to describe the level categorization of ABY's HOTS questions Volumes 1-3, the relevance of the content of HOTS questions to language proficiency, and the composition of the number of HOTS questions on language proficiency. This research uses a qualitative descriptive approach. The results of this study consist three things: (1) Categorization of levels of HOTS questions consisting of analysis questions, evaluation questions, and creation questions that have characteristics of certain patterns, (2) the relevance of the content of HOTS questions to language proficiency which shows that HOTS questions are evenly distributed in all aspects of language proficiency, and (3) The composition of the number of HOTS questions to language proficiency shows that ABY chapter 1 is dominant in HOTS listening skill questions, ABY chapter 2 is dominant in HOTS writing skill questions, and ABY chapter 3 is dominant in HOTS reading skill questions.

Keywords: Arabic language; ABY; HOTS

References

Ainin, M. (2014). Metodologi penelitian peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Ara. Malang: Bintang Sejahtera.

Akbar, M. I., & Yusuf, M. (2018). Desain Penulisan Buku Ajar Bahasa Arab (Analisis Deskriptif Buku Al-‘Arābiyyah Baina Yadaik). Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 3(2), 50–72. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/edulab/article/view/3368

Amali, M. F., Azizaturrosyidah, U., Kardipah, S., & Nugroho, W. (2023). Assesmentdalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Covid-19 di Indonesia. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 277–286. Retrieved from https://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/406/308

Bogdan, R., & Biklen, S. (1992). Qualitative Research for Education. Boston: MA: Allyn and Bacon.

Dwirahayu, G., Sajari, D., & Rosyidatun, E. S. (Eds.). (2018). Pengembangan Budaya Akademik Dosen: Hasil Kajian Teoritis dan Hasil Penelitian. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/46377/1/BungaRampai.pdf

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fianti, Najwa, F. L., & Linuwih, S. (2017). Development of Open-Ended Problems for Measuring The Higher-Order-Thinking-Skills of High School Students on Global Warming Phenomenon. Journal of Physics: Conference Series, 824(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012008

Hasibuan, F. H., Nasution, K., & Rahimah. (2018). Afiks Derivasi dan Afiks Infleksi pada Nomina Bahasa Arab dalam Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik. KODE: Jurnal Bahasa, 9(1), 29–40. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/16938

Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.

Mahmudah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2219

Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45

Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Soercebook.

Mohamed, R. A. K., Ali, A. H., & Nasir, M. (2021). Aplikasi Ranah Kognitif Anderson & Krahthwohl dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pantun di Sekolah Dasar. Journal of Humanities and Social Sciences, 3(3), 110–118. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0303.286

Mumtaz, A., Bhatti, R. U., & Bart, W. (2020). Relationship between Thinking Styles and Higher Order Thinking Skills. Journal of Research in Social Sciences, 8(2), 33–45. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/relationship-between-thinking-styles-higher-order/docview/2474916358/se-2?accountid=35052

Pahlefi, M. R. (2020). Analisis Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I. Al-Ittijah:Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 157–176.

Priyambodo, P. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk untuk pengembangan peran sekolah di era 4.0. Humanika, 19(2), 139–156. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29269

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.

Septiyani, E. (2021). Analisis Buku Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Menggunakan Soal Objektif Tes Pilihan Ganda (Multiple Choicetest) pada Mata Pelajaran Matematika Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 (IAIN Kudus). IAIN Kudus. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/5349/

Setyawan, C. E. (2020). Arah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21. Al-Manar, 9(1), 55–82. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.133

Subiyanto, B., Digdowiseiso, K., & Mandasari, N. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional, dan Tipe Kepribadian terhadap Kemampuan Auditor dalam Pengungkapan Kecurangan (FRAUD). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2609–2620. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1152

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sultan. (2018). Membaca Kritis Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi. Yogyakarta: Baskara Media. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/13027/1/Membaca Kritis full cover.pdf

Syarifah, S. (2020). Analisis Seleksi dan Gradasi Materi Buku Teks Al-Arabiyyah baina Yadaik. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3(1), 35–54. https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i1.1387

Tasrif, T. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29490

Ulfa, A. M., & Handayaningrum, W. (2022). Pengembangan Kreativitas Seni Tari melalui Pembentukan Kelas Seni Di SMPN 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 68–80. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p68-80

Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa pada Materi Perbandingan. Variabel, 3(2), 66. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2269

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Wulandari, A. R., & Pramusinto, H. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 366–378. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39000

Wulandari, S. (2023). Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Retrieved from Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa website: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3963/keterampilan-berbahasa-anak-usia-dini

Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 231–248. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Tamam, F. F. ., & Ainin, M. . (2023). Pola Soal Soal HOTS Kitab Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik Jilid 1-3. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(9), 1339–1354. https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1339-1354

Issue

Section

Articles